Arti Warna Lightsaber yang Digunakan di Film Star Wars Warna lightsaber mewakili karakter pemiliknya. (Foto: Newsweek)

STAR Wars Episode IX - The Rise of Skywalker sudah dirilis, salah satu yang diingat oleh orang adalah lightsaber atau pedang sinar. Lightsaber adalah salah satu pedang yang paling ikonik, dan setiap lightsaber melambangkan maknanya tersendiri, tergantung dari peran yang dilakoni oleh padawan tersebut.

Lightsaber adalah salah satu pedang plasma yang ditenagai oleh kristal kyber, kristal tersebut memiliki warna putih polos. Jika digunakan oleh Jedi ataupun Sith, kristal kyber dapat berubah warna secara natural. Inilah lima warna lightsaber yang digunakan oleh Jedi dan Sith pada film Star Wars, melansir laman Screen Rant.


Baca Juga:

Lokasi-Lokasi Keren yang Pernah Muncul di Seri Film Star Wars


1. Biru

pedang
Lightsaber biru, melambangkan keberanian (Foto Nerdist)

Warna biru melambangkan kebenaran dan keberanian, seperti layaknya padawan pada umumnya. Lightsaber biru dipakai oleh beberapa padawan yang ingin mempelajari ilmu Jedi seperti Obi Wan Kenobi, Luke Skywalker, Tera Sinube, dan Anakin Skywalker.


2. Hijau

pedang
Lightsaber hijau melambangkan perilaku baik (Foto Spotern)


Warna hijau melambangkan keharmonisan, kerja sama, spiritual, dan perilaku baik. Biasanya dipakai oleh Jedi senior yang sudah bertahun-tahun mendalami ilmu Jedi, seperti Yoda, Qui-Gon Jinn, dan Luke Skywalker.


3. Ungu

pedang
Lightsaber ungu melambangkan ambiguitas moral (Foto Mental Floss)

Warna ungu termasuk warna paling langka yang digunakan oleh para Jedi. Warna yang melambangkan ambiguitas moral dan rekonstruksi diri. Warna ungu merupakan gabungan dari merah dan biru. Hanya Mace Windu yang menggunakan pedang berwarna ungu tersebut.

Faktanya, lightsaber berwarna ungu tersebut adalah salah satu request yang dilakukan oleh Samuel L. Jackson di film Star Wars, pria yang berperan sebagai Mace Windu.

Baca Juga:

Bingung Nonton Serial Star Wars? Begini Sebaiknya Nontonnya

4. Merah

pedang
Lightsaber merah melambangkan amarah dan kebencian (Foto SyFy)


Warna merah pada lightsaber tersebut terjadi karena proses bleeding pada padawan yang mengeluarkan semua kebencian, amarah, serta emosi negatif kepada kristal itu . Maka dari itu warna dari pedang berubah menjadi warna merah.

Darth Vader, Count Dooku, Darth Maul, Darth Sidious, dan Kylo Ren adalah pengguna lightsaber berwarna merah, dan mungkin di film Star Wars: Episode IX - The Rise of Skywalker, Rey menggunakan lightsaber berwarna merah.


5. Hitam

pedang
Lightsaber hitam melambangkan kepemimpinan Mandalorian (Foto Akamai)


Lightsaber berwarna hitam adalah lightsaber yang paling langka di dunia Star Wars. Pedang itu dibuat oleh salah satu Mandalorian bernama Tarre Vizsla. Pedang ini sangat unik, dengan ukuran yang lebih pendek, memiliki bentuk yang sama seperti katana. Pedang ini memiliki suara yang unik dan berbeda dengan yang lain.

Warna hitam melambangkan kepemimpinan dari Mandalorian. Untuk mendapatkannya hanya orang yang mampu menantang dan memenangkan duel dengan pengguna lightsaber hitam. (dnz)

Baca Juga:

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Nonton Star Wars: The Rise of Skywalker


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH