5 Trik Jitu Milenial Saat Kantong 'Jebol' di Tengah Bulan Saat kantong 'Jebol', ada trik khusus untuk mengatasinya (Foto: pixabay/schuldnerhilfe)

KAMU pasti pernah merasakan yang namanya kantong jebol di tengah bulan. Ya maklum aja sih, anak muda pasti banyak banget yang namanya kebutuhan.

Seperti misalnya kamu melihat teman beli iPhone Pro Max yang hampir seharga motor Nmax, pasti ngiler banget dong. Karena secara kameranya paten punya dan anti ngelag-ngelag club.

Baca Juga:

7 Hal Penting yang Dibutuhkan Generasi Milenial untuk Bisa Hidup, Apa Benar?

Tapi bagaimana ya, misalnya kayak kita-kita yang gajinya UMR atau kisaran 3-5 juta tuh buat beli handphone seharga Rp20 juta++ lumayan juga sih.

Bisa sih nabung beberapa bulan gitu beli cash, tapi kan BM (maunya) nya kan secepatnya. Paling jalan satu-satunya kredit dengan bunga selangit. Abis bagaimana yah, kan mau tampil keren biar dibilang hype.

Pasti kamu mikirnya yang penting style dulu aja, gak peduli ke depannya mau makan cuma sama tempe, gara-gara gaji harus dipotong gede (bayar cicilan).

Itu sih salah satu contoh penyebabnya yang bikin kantong jebol ditengah bulan. Apalagi buat kamu yang gak pernah ngecek pendapatan bulanan untuk kebutuhan tiap bulannya, pasti riskan banget untuk 'kebobolan' di pertengahan bulan.

Tapi, buat kamu yang sudah terlanjur sering kebobolan di pertengahan bulan jangan sedih. Karena ada tips ampuh nan jitu untuk mengatasi masalah kebobolan kantong ditengah bulan, misalnya:

1. Pinjam uang ke teman

Pinjam uang ke teman merupakan salah satu solusi (Foto: pixabay/cheryholt)

Jurus yang satu ini terbilang paling simple dan cukup ampuh untuk menambal 'kebobolan' kantong di pertengahan bulan. Tapi kamu juga harus punya taktik sebelum pinjam duit ke sohib.

Langkah pertama sih searching teman yang sekiranya potensial atau punya banyak uang, gak mungkin juga kan kamu pinjam ke teman yang sama kerenya, ya kali bosque. Kalau sudah dapat beberapa nama nih, baru deh kamu beraksi.

Ingat yah jangan langsung ujuk-ujuk todepoint pinjam duit. Basa-basi dulu lah, baik-baikin terus puji-puji. Selanjutnya cari alasan yang sekiranya gak bisa ditolak, misalnya butuh buat beli obat karena lagi sakit atau apa gitu. Yang penting jangan alasan buat modal Kakek mau kawin lagi yah, pasti auto ditolak.

Terus nih penting juga buat menentukan tanggal bayarnya, misal kamu janji sama dia duitnya dibalikin pas abis gajian tanggal 25. Tapi pas sudah tiba waktunya nanti harus tepat, biar kalau mau minjem lagi dikasihnya gampang.

Tapi misalnya kalau kurang meyakinkan juga nih, terpaksa harus kasih jaminan. Misal kamu punya motor ya kasih bpkbnya, atau bisa kasih jaminan barang-barang seperti ponsel, laptop dan lain-lain. Kalau ini sih kemungkinan berhasilnya diatas 90%.

2. Berlagak melas ke orang tua

Pura-pura melas demi minta uang ke orangtua adalah solusi (Foto: thefinancial)

Trik yang kedua untuk mengatasi kebobolan kantong ditengah bulan ialah berlagak melas ke orang tua. Yah gimana yah, namanya juga anak, kalau ada apa-apa larinya ke mana lagi kalau bukan ke orang tua.

Tapi sebelum minta uang ke orang tua kan gak enak kalau langsung todepoint. Apalagi nih ya, kamu sudah punya penghasilan sendiri, masa masih minta ke orang tua, apa kata dunia?

Emang sih kurang enak aja didengarnya kalau masih minta ke orang tua. Tapi ya mau bagaimana lagi namanya kebutuhan hidup ditengah kantong jebol, terpaksa mau gak mau harus mau.

Triknya agar berhasil pertama-tama sih harus tau kesukaan orang tua kamu apa. Misalnya dia suka martabak telor nih, ya kamu beli dulu, modal dikit gak ada salahnya kan buat dapat duit gede?

Abis itu nih baru deh kamu beraksi, ingat, pasang muka melas dan pura-pura lemas. Tapi ingat, kamu jangan pura-pura ayan, nanti dikira kesurupan. Abis itu kamu ceritain deh ke mama atau papa kalau pendapatan kamu tidak sebanding sama pengeluaran, karena lagi banyak acara lah atau kebutuhan penting mendadak, dan banyak kreditan. Pasti sih orang tua bantu kalau ada. Tapi kalau orang tua kamu lagi enggak punya duit juga sih, yah terima nasib aja.

Baca Juga:

Fakta Milenial Membunuh Banyak Usaha Besar


3. Jadi Makelar Segala Barang

Cuan for lyfe (Foto: pixabay/tumisu)

Ketimbang pinjam duit atau minta duit ke orang tua, cara yang satu ini terbilang lebih elegan. Kamu bakal punya pride karena hasil usaha sendiri, yaitu menjadi makelar segala barang, atau istilahnya Palugada (apa lu butuh gue ada).

Untuk jadi makelar sih gak perlu malu-malu, gengsi, tengsin, atau apalah itu. Pede aja selama kamu bukan maling, nipu dan melakukan tindak kejahatan lainnya. Sah-sah saja, yang penting niat dan semangat.

Seperti contohnya nih, ada teman kamu yang lagu BU mau jual mobil. Kamu jangan cuma diam aja dan oh oh doang, tapi tanya ke doi mau jual berapa, surat-surat lengkap gak (bpkb & stnk), pajaknya gimana, kondisi gimana. Terus jangan lupa juga minta foto-foto detail mobilnya.

Nah, kalau datanya sudah lengkap nih kamu bantu promoin deh di whatsapp, instagram, facebook, olx dan lain-lain. Di antara segitu banyak medsos yakali gak ada yang potensi barangmu terjual. Yang penting mah coba aja dulu.

Nah, kalau emang udah dapet calon pembeli nih, jangan lupa nanya harga nett ke temanmu yang mau jual mobil. Dari situ kamu juga harus ngobrolin dari awal mau minta komisi berapa. Itu penting, karena kalau kamu gak bilang dari awal, teman kamu bisa-bisa kasih kamu komisi sekadarnya aja.

Ini gak cuma soal jual mobil, tapi buat barang-barang lainnya juga ya. Kayak jam tangan, laptop, kamera, handphone dan lain-lain.

4. Numpang Wi-fi dan minta teatering teman

Salah satu trik ngirit kuota di saat kantong jebol (Foto: pixabay/terimakasih0)

Trik yang satu ini sih emang gak menghasilkan uang, tapi setidaknya bisa membantu banget kamu tetap eksis di saat kebobolan kantong di pertengahan bulan. Caranya ya numpang WI-FI di berbagai tempat dan minta teatering ke teman kamu.

Anak-anak muda jaman sekarang gak dipungkiri terbilang enggak gaul kalau gak eksis di sosmed, khususnya instagram yang lagi hype banget.

Semisal upload foto lagi jalan-jalan ke luar negeri dan tempat mevvah, atau lagi minum-minum di bar sambil nyanyi lagu 'berharap tak berpisah' ala-ala anak gaul jaksel gitu.

Belum lagi buat WhatsApp, yang biasanya sih dipakai buat komunikasi soal kerjaan, gebetan, mantan, hingga selingkuhan, asal jangan sama setan aja, halu berarti kamu.

Karena itu, jaringan internet sangat-sangat penting jaman sekarang. Beli paketan kuota aja kan sekarang lumayan , apalagi kalau kamu sering banget pakai buat instagram, youtube, netflix, spotify dan sebagainya, pasti butuh banget banyak kuota.

Cara ngiritnya si simple gengs, kamu harus pinter-pinter aja nyari spot wifi gratis yang ada di sekitar tempat tinggalmu, atau main ke rumah teman yang berlangganan internet bulanan dan ada WI-Finya gengs. Spik-spik nongkrong kek apa kek di situ, lumayan kan gratisan tapi tetap bisa eksis.

Langkah yang kedua, saat nongkrong sama teman-teman coba pura-pura aja paketan abis, mau ngisi pulsa jauh atau nanggung entar aja abis pulang nongkrong. Abis itu baru deh modus minta teatering ke temen tongkrongan. Tapi jangan dibuat buka YouTube juga gengs, ngelunjak namanya itu, udah gratis terus buka-buka situs yang ngabisin kuota.


5. Sering main ke rumah teman buat numpang makan

Numpang makan dirumah teman adalah solusi (foto: pixabay/maggiepoo)

Saat kebobolan kantong ditengah bulan, yang paling potensial menguras dompet sih biasanya masalah perut. Maka dari itu, kamu harus pintar-pintar putar otak biar biaya yang dikeluarkan buat makan itu seminim mungkin.

Cara yang satu ini sih, agak sedikit gambling. Ya kemungkinan berhasilnya sih 50:50 tergantung hoki. Tapi harusnya berhasil, kecuali emang nasib kamu aja lagi gak beruntung.

Namun, sebelum beraksi kamu pilih-pilih dulu rumah teman yang lokasinya dekat dan di rumahnya selalu banyak makanan.

Terus pilih juga yang sekiranya nyokap bokapnya baik. Pasti kemungkinan besar kamu dikasih makanan kalau main ke rumahnya. Syukur-syukur sih enggak cuma dikasih camilan, tapi dikasih juga makanan berat. Lumayan kan bisa ngirit.

Terus nih yah, kalo kamu beraksi dengan trik ini, jangan pernah malu-malu dan gengsi. Kalo kamu gengsi atau malu-malu yah siap-siap nahan lapar, syukur-syukur gak masuk angin. (ryn)

Baca Juga:

Pekerja Milenial versus Senior, Babak Baru Drama di Perkantoran

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH