Isra Mikraj
5 Tradisi  Indonesia Rayakan Isra Mikraj Kegiatan masyarakat indonesia menyambut kejadian Isra Mi'raj )(foto pexels : Haydan As-soendawy )

1BAGI umat Islam, peristiwa Isra Mikraj menjadi salah satu kejadian penting yang dialami Nabi Muhamad SAW. Perjalanan satu malam dari Mekkah ke masjid Al-Aqsa di Yerusalem, kemudian naik ke surga, dimurnikan hingga diberi perintah bagi seluruh umat Islam untuk salat wajib lima waktu.

Sebagai perayaan untuk peristiwa penting itu, setiap Isra Mikraj, umat Islam di berbagai daerah Indonesia menggelar berbagai cara. Tiap daerah punya tradisi tersendiri yang unik.

BACA JUGA:

Wisata Religi Seputar Masjidil Haram, Napak Tilas Nabi Muhammad SAW

1. Pawai obor

pawai obor
Pawai Obor menjadi acara yang sering dilakuakan di beberapa daerah Indonesia ( foto instagram @iggoy)

Pawai obor menjadi hal yang banyak dilakuakan diberbagai daerah di indonesia, salah satunya di daerah Bandung, dalam memperingati Isra Miíraj setiap tahunnya, warga bandung banyak melakukan pawai obor pada hari besar islam seperti menyambut Isra Miíraj dan bulan Ramadan. Peserta pawai obor juga tidak terbatas umur, dari yang anak-anak hingga dewasa meramaikan kegiatan ini.

2. Tradisi Rejeban Peksi Buraq

ISRA mikraj
Kegiatan rejeban peksi buraq merupakan acara tahuna ketika hari isra mi'raj tiba di Yogyakarta (foto instagram @_m.w.r_)

Tradisi rejeban peksi buraq terdapat di Yogyakarta untuk memeringati Isra Miíraj, sudah dilakukan selama ratusan tahun oleh Keraton Yogyakarta. Sombol hewan buraq yang menjadi tunggangan Rasulullah ketika kejadian Isra Miíraj, terbuat dari kulit jeruk yang dibentuk menyerupai burung.

3. Marhabanan

isra mikraj
Marhabanan menjadi acara pengajian dan melantunakan puji-pujian kepada Rasullulah SAW(foto instagram @pondokpesantrn_alihsan)

Marhabanan merupakan kegiatan membaca dan melantunkan ayat ayat yang bersifat pujian kepada Nabi Muhammad SAW. Kegiatan ini biasanya diselengarakan pada acara-acara tertentu, salah satunya peringatan Isra Miíraj. Salah satu daerah yang masih menjelankan tradisi ini di daerah bogor jawa barat.

4. Tradisi katam kitab Arja

isra mikraj
Kegiatan katam kibab arja biasa dilakukan di daerah Temanggung sebagai peringatan hari Isra Mi'raj. ( foto pexels Pok Rie )

Kegiatan mengaji memang bermakna dan selalu ada pada hari besar islam, seperti Isra Miíraj dan bulan Ramadan. Salah satu daerah yang menjaga tradisi ini di Temanggung, jawa tengah. Mengaji kitab arja hingga tamat menjadi ciri khas pada tradisi ini, kitab yang menceritakan sebagaian besar kejadian Rasulullah SAW ketika Isra Miíraj. Biasanya yang membacakan dua kiai dan jamaat mendengarkan secara hikmat.

5. Ambengan

ambengan
Ambengan menjadi acara tahunan warga Magelang dalam menyambut hari Isra Mi'raj (foto instagram @indadilla )

Kegiatan ambengan yang artinya makan dari Magelang, Jawa Tengah. Seperti namanya, kegiatan ini makan-makan bersama satu kampung untuk memeringati hari hari besar seperti isra miíraj sebagai rasa syukur dari sang pencipta. Uniknya, makanan dikumpulkan di satu tempat daun pisang yang memanjang, lalu dimakan bersama-sama dengan warga lain.(rzk)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Setelah Satu Dekade, Babymetal Umumkan akan Vakum dari Musik
ShowBiz
Setelah Satu Dekade, Babymetal Umumkan akan Vakum dari Musik

Babymetal akan 'hilang dari pandangan' hingga waktu yang belum ditentukan.

Kebersihan Area Kewanitaan Jadi Faktor Penentu Kesehatan
Fun
Hani EXID Tampil Sebagai Cameo di Drama Kakaknya
ShowBiz
Hani EXID Tampil Sebagai Cameo di Drama Kakaknya

Hani EXID tampil sebagai cameo

Profesional Banget, Alasan Jay-Z Doyan Kolaborasi sama Beyonce
ShowBiz
COVID-19 Resmi Jadi Pandemi Paling Parah dalam Sejarah AS
Hiburan & Gaya Hidup
COVID-19 Resmi Jadi Pandemi Paling Parah dalam Sejarah AS

Jumlah kematian harian di AS tidak pernah di bawah angka 144.

Menilik Fakta Makanan Lezat yang Dijadikan Properti Film
Fun
Menilik Fakta Makanan Lezat yang Dijadikan Properti Film

Menguak fakta makanan yang sering jadi properti film.

Tim Esports Asia Tenggara yang Mewakili Negaranya di FFWS 2021
ShowBiz
Tim Esports Asia Tenggara yang Mewakili Negaranya di FFWS 2021

Sebanyak 18 tim dari 11 negara di seluruh dunia akan berkumpul di Singapura.

Aku Tak Mau Lagi Bergaul dengan Teman Bertopeng
Fun
Aku Tak Mau Lagi Bergaul dengan Teman Bertopeng

Pemudi negeri aing berhasil lolos dari jeratan teman bertopeng.