5 Tips Mencuci Mobil di Rumah

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Selasa, 31 Januari 2023
5 Tips Mencuci Mobil di Rumah
Mencuci mobil di rumah lebih irit. (Foto: Unsplash/Hugo B.)

MENCUCI mobil memilki banyak manfaat, salah satunya adalah membuat tampilan eksterior mobil terlihat bersih. Selain memanfaatkan jasa cuci mobil berbayar, banyak pemilik kendaraan yang juga melakukan cuci mobil secara mandiri.

Agar mencuci mobil secara mandiri bisa dilakukan dengan aman dan tepat, ada beberapa anjuran yang disarankan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) kepada pemilik mobil agar hasilnya tetap memuaskan.

Baca juga:

Mencuci Mobil dengan Sabun Cair, Amankah?

5 Tips Mencuci Mobil di Rumah
Cuci velg terlebih dahulu. (Foto: Unsplash/Adrian Dascal)

Cuci bagian terkotor terlebih dahulu seperti ban dan velg

Area bawah mobil yang berjarak terdekat dari lintasan seperti ban dan velg biasanya menjadi bagian terkotor dari mobil yang terpakai. Pada bagian ini, pemilik mobil dapatmenggunakan tire cleaner atau cairan khusus yang memang diperuntukan membersihkan ban dan velg.

Kemudian untuk memudahkan dan memastikan kotoran dapat terangkat, pemilik mobil dapat menggunakan sikat khusus. Apabila pemilik mobil menggunakan shampoo mobil, pastikan air dan busa yang telah dipakai untuk ban dan velg sebaiknya diganti atau tidak dipakai kembali untuk area kaca dan body mobil.

Baca juga:

Sopir Mercedes Mencuci Mobil di Lampu Merah

5 Tips Mencuci Mobil di Rumah
Basahi seluruh mobil dengan air bersih. (Foto: Unsplash/Erik Mclean)

Basahi seluruh mobil dengan air bersih yang mengalir

Setelah bagian ban dan velg sudah bersih, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah menyemprot air bersih ke body mobil untuk menghilangkan kotoran-kotoran terlebih dahulu sebelum diberi shampoo.

Cara menyemprotkan air yang baik yaitu dengan posisi menyamping dan menghindari semprotan langsung ke area yang memiliki lubang terbuka seperti grill atau lubang di bumper, terutama bagi pemilik kendaraan yang menggunakan air bertekanan tinggi. Teknik tersebut bertujuan agar proses mencuci lebih aman untuk permukaan body atau komponen di balik lubang mobil tersebut.

Mulai mencuci dari atap mobil

Ketika memulai mencuci mobil, pastikan menggunakan air, shampoo dan spons atau kain microfiber yang berbeda dari bekas mencuci ban dan velg. Setelah itu, mulailah dari bagian yang paling atas atau yang paling bersih. Pastikan mencuci mobil dengan melakukan gerakan dari atas ke bawah, bukan dengan gerakan memutar. Pencucian dari atap mobil ini akan membuat air sabun turun ke bagian bawah yaitu kaca mobil depan, samping, dan belakang.

Bagian spion, jendela, dan kaca mobil

Setelah membersihkan atap mobil, bagian selanjutnya yang perlu dicuci adalah kaca seperti spion dan jendela. Pemilik kendaraan dapat membersihkan dengan menambahkan air dan shampoo dengan menggunakan kain microfiber.

Bagian body mobil

Setelah menyelesaikan bagian kaca jendela, bersihkan bagian body mobil dari depan hingga belakang secara perlahan dengan gerakan atas ke bawah. Pastikan juga untuk mencuci lampu mobil yang berada di bagian depan maupun belakang mobil.

Hindari penggunaan peralatan mencuci berbahan kasar agar tidak menimbulkan goresan pada body mobil. Pemilik dapat memanfaatkan kuas untuk membersihkan bagian yang permukaannya sempit atau memiliki banyak lekukan. (and)

Baca juga:

Jangan Malas Cuci Mobil Setelah Hujan, Berisiko untuk Bodi Kendaraan

#Tips Otomotif #Otomotif #Mobil
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan