5 Tips Jitu Biar Mudah Bangun Pagi Bangun pagi memang sulit tapi harus dilakukan. (Foto: Pixabay/Engin_Akyurt)

BANGUN pagi untuk sebagian orang menjadi hal yang sangat sulit. Meskipun harus dilakukan setiap hari, namun tidak jarang orang masih saja sulit bangun pagi. Alhasil kamu telat sampai kantor atau sekolah. Untuk mempermudah kamu segar di pagi hari ketika bangun, yuk ikuti tips-tips dibawah ini!


1. Jangan tekan tombol snooze

jam
Jangan matikan alarm biarkan berdering. (Foto: Pixabay/congerdesign)


Untuk menghindari tidur lagi, coba untuk jangan tekan tombol snooze. Jika kamu suka snooze alarm kamu, akan ada banyak waktu terbuang. Tetapkan bahwa kamu ingin bangun dan hindarilah untuk mencoba tidur lagi. Ini disebabkan karena jika kamu tidur lagi dan merasa "baru tidur sebentar". Tanpa sadar kamu bisa tidur sampai satu jam atau lebih sehingga aktivitasmu akan terganggu dan semuanya terburu-buru.


2. Nonton televisi

sinar
Sinar biru dari TV dapat membuat kamu terjaga. (Foto: Pixabay/Pexels)


Tahukah kamu bahwa cahaya dari televisi bisa membantu kamu bangun? Mendapatkan cahaya selama kurang lebih 20 menit bisa membantu membuat rasa kantukmu hilang. Kamu bisa juga menggantinya dengan mengecek ponsel. Kamu juga bisa menyetel lagu yang semangat agar kamu bisa lebih energetik dalam melakukan aktivitas selanjutnya.


3. Libatkan orang lain

orang lain
Libatkan orang lain yang sama-sama harus bangun pagi. (Foto: Pexels/rawpixel.com)


Miliki teman yang juga harus bangun pagi seperti kamu. Pastikan satu sama lain bahwa kalian telah bangun. Penelitian menunjukkan bahwa sebagian orang merasa lebih mudah bangun jika ada teman yang suka saling membangunkan.


4. Olahraga setelah bangun

olahraga
Berolahraga sehabis bangun di pagi hari. (Foto: Pixabay/skeeze)


Menurut Dr. Walsleben, olahraga ketika bangun pagi bisa menstimulasi tubuh. Tubuh akan langsung siaga untuk beraktivitas. Olahraga bisa membuat mood kamu bagus seharian. Olahraga di pagi hari dipercaya bisa memotivasi dan menghilangkan kantuk di pagi hari. Jangan lupa untuk sarapan sehabis berolahraga agar kamu bisa lebih semangat pada hari itu.


5. Letakkkan alarm kamu di luar jangkauan

jam
Letakkan alarm jauh dari ranjangmu. (Foto: Pixabay/oldiefan)


Cobalah untuk trik diri kamu sendiri. Letakkan alat apapun yang biasanya kamu jadikan untuk alarm di tempat yang jauh dari ranjangmu. Dengan suara yang menganggu tidur, kamu mau tidak mau diharuskan untuk bangun dan mematikan alarm tersebut. Bangun, terkena sinar matahari atau lampu, dan berjalan dari ranjang bisa membuat kantukmu berkurang dan kamu cenderung tidak bisa lanjut tidur lagi. (shn)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH