7 Tips Jitu Agar Smartphone Kamu Aman Saat Traveling Ilustrasi Smartphone (Foto: pixabay/biljast)

SAAT traveling mungkin kamu tak tepikirkan akan keamanan smartphone. Padahal, ketika kita melakukan perjalanan banyak sekali resiko tindak kriminal yang mengintai kamu.

Mungkin jika ponsel kamu hilang masih dapat membeli yang baru. Tapi data yang tersimpan di dalamnya bagaimana nasibnya?

Ini yang harus kamu waspadai. Kehilangan data-data penting sangat berisiko. Apalagi bila itu datanya bersifat rahasia dan penting.

Namun kamu tak perlu khawatir. Ada beberapa tips agar data-data di smartphone kamu aman disaat melakukan traveling. Berikut merahputih.com memberikan tips untuk menjaga keamanan data di ponsel kamu dalam beberapa tingkat.

1. Mengunci ponsel dengan kata sandi atau pola

(foto: pixabay/juralmin)

Keamanan tingkat pertama yang dapat kamu lakukan adalah lock screen. Kuncilah ponsel kamu dengan fitur penggunaan kata sandi. Untuk tambahannya, kamu juga bisa menggunakan kode pola sebagai alternatif.

2. Penggunaan Sidik Jari

(foto: pixabay/neifo)

Jika kamu rasa belum cukup dengan pola dan kata sandi saja. Pada beberapa smartphone high end sudah terdapat fitur finger print. Adanya fitur tersebut bisa kamu gunakan untuk keamanan data di smartphone. Karena hanya sidik jari yang terdaftarlah yang dapat membuka smartphone tersebut .

3. Instal Aplikasi Keamanan Tambahan

(Foto: pixabay/geralt)

Ada berbagai macam aplikasi keamanan tambahan selain bawaan pabrikan yang ditawarkan oleh App Store ataupun Play Store. Namun dalam memilih aplikasi jangan langsung tergiur dengan posisi teratas aplikasi tersebut. Sebaiknya kamu cari tahu terlebih dahulu tentang aplikasi tersebut di internet. Cara lainnya kamu bisa lihat berapa rating yang telah dicapai aplikasi itu. Juga seberapa banyak perbandingan ulasan negatif dan positifnya. Setelah itu barulah pilih aplikasi yang terbaik untuk memperkuat tingkat keamanan ponsel kamu.

4. Matikan Fitur Lokasi

(Foto: pixabay/mohamed_Hassan)

Mengapa fitur lokasi harus dimatikan? Meskipun berguna dalam situasi tertentu, kamu tak perlu menyalakan layanan itu disepanjang perjalanan. Karena jika informasi itu dibagikan, pada dasarnya kamu menyiarkan ke seluruh ‘teman’ di media sosial. Bahkan mungkin seluruh jagat maya keberadaan posisi kamu. Tentunya itu akan menjadi celah bagi para penjahat untuk mengintai kamu. Mereka mengetahui keberadaan kamu. Untuk mengatasi hal itu, kamu dapat menonaktifkan fitur lokasi pada smartphone anda.

5. Membuat Back Up Data

(Foto: pixabay/jeshoots)

Sebelum berangkat traveling dan juga selama perjalanan, pastikan kamu membackup seluruh data penting di smartphone. Kalaupun smartphone kamu hilang, data masih aman dan dapat dipulihkan pada smartphone anyar. Seperti contohnya fitur iCloud pada iPhone dan juga Mi Cloud pada Xiaomi.

6. Jangan Masuk ke Wifi Asing

(Foto: pixabay/geralt)

Terkadang saking penginnya mendapatkan internet gratis, pada saat melihat Wifi atau Hotspot tanpa password kamu mungkin langsung mengkoneksikan ke smartphonemu. Padahal langkah itu sungguh berbahaya karena bisa jadi wifi tersebut merupakan jebakan berisi malware ataupun virus. Jadi lebih baik jika ingin mencari hotspot gratis harus tahu hotspot tersebut milik siapa.

7. Instal Antivirus

(Foto: Pixabay/rifkeidr)

Banyak cara yang dapat dilakukan oleh para pelaku kriminal, misalkan memasukan virus ke dalam smartphone kamu. Apalagi jika kamu tak terlalu paham soal teknologi dan berbagai jenis virus berbahaya. Untuk mencegah hal itu, anda dapat menggunakan beberapa aplikasi antivirus terpercaya yang disediakan di Play Store ataupun App Store. Dimana nantinya aplikasi tersebut akan menscan malware ataupun virus secara otomatis. Kemudian memperingkatkan kamu jika ada virus maupun malware yang berbahaya bagi smartpone. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya 6 Jajanan Hit Anak Zaman Now yang Bikin Ketagihan


.

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH