5 Tips dan Trik 'Thrifting' untuk Pemula Thrifting kegiatan wajib untuk tampil fashionable dengan low budget (Foto: Pixabay/angelsover)

ISTILAH Thrifting mungkin asing di telinga. Tapi mungkin kamu pernah melakukannya. Adalah sebuah kegiatan berburu pakaian di toko barang bekas, pasar atau garage sale. Thrifting kini biasa dilakukan oleh anak muda. Tampil fashionable dengan low budget.

Dalam melakukan kegiatan thrifting ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Mencari preloved item juga ada tips dan triknya, demi mendapat hasil belanjaan sesuai keinginan.

Baca juga:

Barang Preloved Branded Sangat Menjanjikan untuk Investasi

1. Riset tempat

5 Tips dan Trik 'Thrifting' untuk Pemula
Tempat belanja yang sesuai (Foto: Pixabay/MichaelGaida)

Kegiatan thrifting tak serta merta dapat dilakukan dimanapun, kamu harus melakukan riset sebelumnya. Setiap tempat menyediakan barang berbeda dengan kebutuhan yang berbeda pula.

Ada baiknya melakukan riset sebelum datang ke tempat tujuan, karena jika salah, kemungkinan akan muncul rasa kecewa dengan barang tersedia. Beberapa tempat yang dapat menjadi rekomendasi thrifting di Jakarta adalah Pasar Baru dan Pasar Senen.

2. Riset harga

5 Tips dan Trik 'Thrifting' untuk Pemula
Cek uang yang dibawa (Foto: Pixabay/stevepb)

Selain tempat, yang perlu diperhatikan dalam kegiatan thrifting adalah mengetahui kisaran harga barang. Jangan sampai saat berbelanja uang yang kamu bawa kurang. Sebagian besar penjaja preloved item hanya menerima uang cash. Perhatikan juga harga yang ditawarkan, apakah sepadan dengan kualitas dan kondisi barang.

3. Lihat kualitas barang

5 Tips dan Trik 'Thrifting' untuk Pemula
Lakukan eksperimen fashion (Foto: Pixabay/rawpixel)

Saat melakukan thrifting yang harus diperhatikan adalah barang yang dibeli. Apakah masih layak pakai atau tidak, mengingat barang yang dibeli adalah barang bekas.

Sebagian barang yang dijajakan memang tidak layak pakai. Jadi perlu untuk lebih memperhatikan kondisi barang secara rinci.

Kualitas barang yang harus dipertimbangkan termasuk, apakah jahitan yang ada masih kuat? Kualitas bahan masih bagus atau tidak? Terakhir, apakah ada kerusakan pada barang?

Baca juga:

Zodiak yang Paling Doyan Belanja, Apakah Kamu Termasuk?

4. Lakukan eksperimen

5 Tips dan Trik 'Thrifting' untuk Pemula
Caption

Saat thrifting jangan lupa untuk bereksperimen dengan perpaduan barang, dari atasan hingga bawahan. Mengingat banyaknya dan keunikan barang, melakukan eksperimen dengan selera sendiri jadi sebuah tantangan.

Karena harganya terbilang murah, membeli banyak barang dan melakukan eksperimen fashion juga dapat dilakukan. Mungkin saja kamu menemukan kombinasi fashion yang matching, baik dengan pakaian yang sudah kamu punya maupun yang terdapat di tempat thrifting.

5. Membersihkan

5 Tips dan Trik 'Thrifting' untuk Pemula
Bersihkan dengan baik (Foto: Pixabay/Myriams-Fotos)

Setelah selesai berbelanja yang perlu diperhatikan adalah membersihkan barang yang telah dibeli, mengingat barang yang dibeli adalah barang bekas. Langkah paling baik adalah membersihkan dengan cairan antiseptik.

Caranya, merendam barang semalaman dengan cairan tersebut, kemudian dilanjutkan membersihkan dengan deterjen. Langkah ini dilakukan agar barang yang dibeli bersih menyeluruh. (jhn)

Baca juga:

Jangan Gunakan Ponsel Bila Berbelanja



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH