5 Tips Ampuh untuk Mudah Mempelajari Bahasa Asing Belajar bahasa asing akan memberikan banyak manfaat. (Foto: Vladtime)

MEMILIKI kemampuan berbahasa asing merupakan sebuah nilai tambah yang bisa kita aplikasikan, khususnya dalam karier. Apalagi jika kita sudah lancar dan mengerti bahasa tersebut, tidak menutup kemungkinan bisa dijadikan sebagai sesuatu yang menghasilkan. Namun, mempelajari bahasa asing bukanlah hal yang mudah, tapi itu merupakan tujuan yang akan bermanfaat.

Dengan belajar bahasa asing kamu bisa berkomunikasi dengan orang-orang dari budaya yang berbeda. Ketika bepergian ke luar negeri, tidak perlu khawatir untuk tidak bisa berkomunikasi. Dilansir dari laman The Travel, berikut lima tips mudah untuk mengerti bahasa asing.

Baca juga:

Bisa Bahasa Jepang Bikin Kamu Gampang Cari Kerja

1. Menonton film berbahasa asing

5 Tips Ampuh untuk Mudah Mempelajari Bahasa Asing
Menonton film jadi cara terbaik untuk belajar bahasa asing (Foto: Wccftech)

Ini merupakan salah satu cara cepat untuk mempelajari bahasa asing. Saat kamu mempelajari bahasa baru, ada empat komponen yang harus difokuskan, yakni membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara.

Menonton film atau acara di televisi yang di dubbing dalam bahasa itu akan meningkatkan kemampuanmu untuk mendengarkan dan memahami. Jika perlu, kamu bisa menambahkan subtitle di awal hingga akhir film agar bisa melihat apa yang sedang dibicarakan.

Sebaiknya, carilah film dalam bahasa yang sedang kamu pelajari. Ketika kita menyukai metode untuk mempelajari suatu hal itu pasti mengasyikkan dan lebih ampuh.

2. Unduh aplikasi bahasa

5 Tips Ampuh untuk Mudah Mempelajari Bahasa Asing
Unduh aplikasi bahasa untuk membantumu memperbanyak kosakata. (Foto: lisdeoliveira)

Aplikasi bahasa adalah teman belajarmu. Kamu akan sangat membutuhkannya ketika memulai belajar bahasa asing dan bepergian ke tujuan dimana bahasa itu akan digunakan.

Ada beberapa aplikasi yang mengklaim dan membuat kamu fasih dalam beberapa menit sehari. Tentunya harus dilatih dalam percakapan. Namun perlu dicatat, jangan selalu bergantung dengan aplikasi tersebut. Gunakan aplikasi bahasa jika kamu tidak mengetahui kata tertentu.

Baca juga:

Bermain Sambil Belajar Bahasa Inggris Lewat 5 Game Ini

3. Membaca buku

5 Tips Ampuh untuk Mudah Mempelajari Bahasa Asing
Baca buku untuk memperlancar vokal bahasa yang sedang kamu pelajari. (Foto: Pixabay/StockSnap)

Tanpa disadari, membaca adalah bagian penting dari belajar bahasa asing yang diabaikan banyak orang. Mungkin beberapa orang beranggapan percuma saja membaca buku kalau tidak mengerti artinya.

Membaca buku justru akan membantumu memahami cara kerja bahasa tersebut dan memperluas kosakata. Coba baca buku dalam bahasa yang sedang kamu pelajari. Baca sambil mengucapkan kata-kata yang tertera untuk membiasakanmu dengan bahasa tersebut.

4. Gunakan sehari-hari

5 Tips Ampuh untuk Mudah Mempelajari Bahasa Asing
Aplikasikan apa yang sudah kamu pelajari ke dunia nyata. (Foto: Pixabay/FreePhotos)

Ketika kamu sudah mempelajarinya, jangan takut untuk mencoba menggunakannya sehari-hari. Jika kamu ingin cepat bisa, maka kamu harus berlatih setiap hari. Contohnya, berbicara dengan bahasa yang kamu pelajari dengan orang lain.

Bersikap percaya diri dan coba terima kritik dari orang lain yang justru membuatmu semakin berkembang. Kalau perlu catat setiap kata yang mungkin kamu salah ucapkan.

Atau jika kamu merasa malu, kamu bisa berbicara dengan diri sendiri di depan cermin. Mungkin terlihat konyol, tetapi itu bagus untuk dirimu dan membuat bahasa asing semakin lancar.

5. Jangan takut salah

5 Tips Ampuh untuk Mudah Mempelajari Bahasa Asing
Jangan takut salah ketika belajar bahasa asing. (Foto: Pixabay/nastya_gepp)

Ketika mempelajari sesuatu hal yang baru, kamu harus menerima bahwa kamu akan membuat kesalahan. Terkadang rasanya terlihat seperti membodohi diri sendiri.

Jika kamu takut untuk melakukan kesalahan, kamu tidak akan pernah sampai pada tahap keberhasilan. Setiap kesalahan yang kamu lakukan adalah kesempatanmu untuk mempelajari dan memperbaikinya. (And)

Baca juga:

Belajar Bahasa Asing Dapat Menunda Terjadinya Demensia


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH