5 Tips Ampuh Untuk Kamu yang Gugup dan Takut Saat Naik Pesawat Jangan Gugup, Naik Pesawat Itu Aman Kok (Foto: Pexels/C. Cagnin)

PESAWAT adalah salah satu transportasi yang sangat aman. Walaupun media sering menggemborkan kecelakaan pesawat, orang yang gugup akan hal tersebut benar-benar merasa takut, menyerupai fobia. Tapi tenang saja, dengan pilot yang profesional, kamu tidak perlu takut terjadi sesuatu dalam perjalananmu di udara.

Melansir laman The Travel, inilah tips ampuh untuk kamu yang gugup saat menaiki pesawat. Siapa tahu kamu bisa lebih nyaman dengan tips ini.

Baca juga:

Tips Ampuh Atasi Rasa Takut Naik Pesawat

1. Bawa Barang yang Membuat Dirimu Sibuk

5 Tips Ampuh Untuk Kamu yang Gugup dan Takut Saat Naik Pesawat
Sibukkan Diri Kamu dengan Membaca Buku Atau Menonton (Foto: Pexels/Gratisography)

Disaat jam terbang kamu, dari turbulensi hingga lepas landas. Kamu pasti akan kepikiran hal-hal negatif dari apa yang akan terjadi.

Kenapa tidak coba saja untuk mendengar lagu atau menonton film di pesawat saat penerbanganmu? Selain film atau musik akan mengalihkan ketakutanmu, pengalaman kamu dalam menaiki pesawat akan menjadi lebih santai.

Namun jika ada beberapa pesawat tidak memperbolehkan kamu memakai gawai atau barang elektronik lain, kamu bisa mencoba untuk membawa novel ataupun komik kesukaan kamu.

2. Pikirkan Apa yang Akan Kamu Lakukan Sesampai Tujuan

5 Tips Ampuh Untuk Kamu yang Gugup dan Takut Saat Naik Pesawat
Akan Ada Kegiatan Seperti Liburan Sesampai Tujuan (Foto: Pexels/Te LensFix)

Terkadang ada kala dimana kamu merasa takut karena menaiki pesawat, namun pemikiran negatif akan hilang ketika kamu akan berpikir apa yang akan kamu lakukan sesampai tujuan.

Kamu bisa bertemu dengan keluarga kamu, liburan ke tempat yang menyenangkan, atau sekedar mencari udara segar dari padatnya kota tempat kamu tinggal.

Pikirkan hal positif yang bisa membuatmu berpikir bahwa tak akan ada hal negatif yang terjadi, percaya sajalah pada orang yang ada di kokpit.

3. Hindari Menonton Berita Kecelakaan Pesawat

5 Tips Ampuh Untuk Kamu yang Gugup dan Takut Saat Naik Pesawat
Jangan Takut Akan Berita Kecelakaan Pesawat (Foto: Pexels/Francisco Echevarria)

Terkadang beberapa media cetak, media online, maupun media di layar kaca akan memberitahu kamu berita yang tidak menyenangkan bagi kamu.

Apalagi jika berita menyenangkan itu tentang kecelakaan pesawat, dan keinginan kamu untuk berpergian menggunakan pesawat tiba-tiba menurun.

Cobalah untuk hindari menonton berita kecelakaan yang melibatkan pesawat jika kamu sudah memesan tiket pesawat untuk berpergian.

Baca juga:

Makanan dan Minuman yang Perlu Kamu Konsumsi Sebelum Melakukan Penerbangan

4. Percaya Kepada Pilot

5 Tips Ampuh Untuk Kamu yang Gugup dan Takut Saat Naik Pesawat
Percayakan Kepada Pilot yang Profesional (Foto: Pexels/Snapwire)

Memberi kepercayaan jiwa kamu kepada orang asing akan menjadi lebih sulit. Tetapi cobalah untuk mempercayakan diri kamu kepada pilot yang akan menerbangkanmu ke tempat tujuan kamu. Pikirkan hal positif seperti, "pilot pesawat ini sudah profesional kok untuk menerbangkan penumpangnya ke tujuan."

Pilot yang sudah berpengalaman dalam dunia penerbangan memiliki sertifikasi penerbangan tersendiri, dan mereka sudah memiliki jam terbang yang cukup lama dari masa pembelajaran hingga ia bekerja di maskapai tempat kamu booking tiket pesawat. Cobalah untuk mempercayakan profesionalitas pilot yang akan menerbangkanmu.

5. Pilih Tempat Duduk Disekitar Sayap Pesawat

5 Tips Ampuh Untuk Kamu yang Gugup dan Takut Saat Naik Pesawat
Cobalah Untuk Duduk Disekitar Sayap Pesawat (Foto: Pexels/Sheila)

Terkadang mitos mengatakan bahwa duduk disekitar sayap adalah tempat paling aman dan stabil pada pesawat. Ketika duduk disamping pesawat, kamu akan menghindari perasaan kamu bahwa kamu sedang ditarik dari belakang ketika take off dan turbulensi ketika landing.

Walaupun faktanya pesawat berjalan secara seimbang, namun ketika kamu gugup. Terkadang ketika pesawat bergetar pun kamu akan merasa takut.

Mudah-mudahan tips diatas bisa membuat kamu menjadi lebih aman dan nyaman disaat kamu ingin menaiki pesawat. dan jangan lupa untuk mengatur nafas dan berdoa sebelum, sesaat, dan setelah perjalanan. (dnz)

Baca juga:

7 Hal yang harus Diperhatikan Sebelum Membawa Bayi Naik Pesawat



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH