Image
Author by : ilustrasi/pinterest

Jalan hidup tidak selama berjalan mulus. Anda akan menemui masa-masa sulit. Nah, di saat sedih atau kesulitan Anda pasti membutuhkan seseorang untuk berbagi.

Salah satu orang yang akan Anda cari adalah teman. Sosok seorang teman di saat sulit juga berperan penting. Bantuan teman dapat memberikan efek yang positif seperti melalui nasihat atau pendapatnya.

Jika Anda berteman dengan orang yang salah bukannya membantu, mereka malah menjatuhkan Anda. Teman yang memberikan efek negatif adalah teman yang buruk.

Image
Author by : ilustrasi/pinterest

Teman yang cerewet cenderung akan sering mengeluh atau komplain. Hal ini akan berpengaruh kepada hidup Anda. Kecerewetan teman seringkali membuat rasa kesal.

Seperti yang kita ketahui, rasa kesal itu tidak baik disimpan atau dipendam terlalu lama karena akan mengakibatkan stres.

Sebuah studi mengatakan bahwa terlalu sering berselisih dengan lingkungan sosial akan meningkatkan risiko kematian pada paruh baya.

Image
Author by : ilustrasi/pinterest

Mempunyai teman dekat yang mengetahui banyak rahasia tentang kita pada kenyataannya tidak selalu aman. Memang tidak semua teman akan berbuat jahat dengan menusuk kita dari belakang.

Namun, berhati-hatilah bisa saja mereka baik di depan tapi di belakang Anda menjadi topik nomor satu untuk diperbincangkan dengan orang lain.

Teman yang menusuk dari belakang tidak segan-segan membocorkan rahasia kita yang ia ketahui. Teman seperti ini sebaiknya dihindari.

Image
Author by : ilustrasi/pinterest

Teman yang suka menunda-nunda akan bisa menjadi teman yan suka ingkar janji. Jika alasannya masuk akal, maka berilah toleransi. Namun, jika tidak teman seperti ini tidak bisa ditoleransi.

Hindarilah daripada membuat kita kesal dan stres. Teman yang baik tidak akan membuat kita membuang waktunya dengan sia-sia.

Image
Author by : Ilustrasi rokok (Foto: Nursingtimes)

Teman yang suka memberkan contoh yang tidak baik sudah seharusnya kita hindari. Apalagi jika mereka mengajak untuk kita mengikuti tindakan atau perilakunya yang tidak baik.

Jangan biasakan bergaul dengan teman yang memberikan contoh yang tidak baik. Karena mereka hanya akan merusak dan mergikan hidup kita saja.

Berteman boleh saja, namun kita harus mengerti batasannya. Yang baik dari mereka ambillah tapi jangan ambil contoh yang buruk.

Tags Artikel Ini

Widi Hatmoko

LAINNYA DARI MERAH PUTIH