5 Tes Bedakan Madu Murni dan Palsu

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Sabtu, 13 Mei 2017
5 Tes Bedakan Madu Murni dan Palsu
Madu palsu lebih mudah larut dalam air (Foto: freeimages)

Berbagai manfaat dapat kita temukan dalam madu, dari menyembuhkan berbagai penyakit hingga mempercantik kulit. Madu pun biasa digunakan sebagai pengganti gula. Namun, madu di pasaran tidak semuanya memiliki khasiat seperti itu, karena ada yang palsu. Madu murni dan berkualitas dihasilkan oleh lebah dari hasil mencerna sakarida pada nektar. Sementara, madu palsu terbuat dari glukosa sintetis dan pengental makanan.

Lalu, bagaimana cara membedakan madu murni dengan campuran (palsu)? Cobalah cara-cara berikut ini, seperti dikutip dari NDTV.

1. Tes jari

Lumurkan sedikit madu pada jari Anda. Lihat apakah madu tersebut tetap berada pada jari Anda atau bergerak. Jika bergerak berarti madu Anda tidak lengket, dengan kata lain palsu. Madu yang murni pasti lengket.

2. Tes air

Ambil sesendok teh madu dan letakkan madu tersebut dalam segelas air. Madu palsu akan terurai dan larut pada segelas air itu. Madu murni tidak akan mudah larut pada air.

3. Tes korek api

Ambil sebatang korek api dan celupkan pada madu. Setelah itu, coba nyalakan korek api. Jika korek api bisa menyala, madu itu murni. Jika tidak, maka madu itu palsu.

4. Tes cuka

Campur satu sendok makan madu dengan air dan masukkan dua hingga tiga tetes cuka pada campuran tersebut. Jika berbusa, dapat dipastikan bahwa madu itu tidak murni.

5. Tes panas

Anda bisa "merebus" madu dengan lilin menyala. Posisikan sendok berisi madu di atas api tersebut. Madu asli akan berbuih dan meluber, sementara madu palsu hanya bergejolak namun tidak sampai meluber. Setelah agak dingin, colek dan tarik madu dengan sebatang lidi. Madu palsu membentuk benang gula seperti karet bening, sementara madu asli teksturnya halus dan tidak dapat membentuk benang gula.

Itulah lima cara untuk memastikan madu yang Anda punya murni atau tidak. Namun tentu Anda tidak bisa membuka kemasan untuk mengetes madu sebelum membelinya. Cara yang dapat Anda gunakan tanpa membuka kemasan salah satunya adalah melihat warnanya.

Madu asli terkadang berwarna pekat dan mengandung sedikit "kotoran" seperti serbuk sari dan sisa bekas rumah lebah yang hancur dalam proses penyaringan. Kotoran alami ini tak bisa hilang karena lekat sekali dengan madu. Sementara, madu palsu berwarna jauh lebih jernih dan cair, sehingga terlihat sangat bersih dan menarik dalam kemasan botol kaca. Belilah madu di produsen tepercaya serta pastikan sebelum Anda dan keluarga meminumnya.

Baca juga artikel mengenai Manfaat Rutin Minum Madu di Pagi Hari untuk Kesehatan.

#Madu #Barang Palsu #Tips #Tips & Trik
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan