5 Tempat Wisata Horor Dunia dan Kisah Tragis di Baliknya, Berani Mampir? Tempat-tempat wisata horor di Dunia (Foto: Pexels/Julia Sakelli)

DARK TOURISM adalah istilah spot wisata dimana pernah terjadi peristiwa-peristiwa mencengangkan seperti perang, bencana alam, ataupun tragedi pembunuhan massal. Banyak cerita-cerita persitiwa kelam yang bisa didapatkan lewat tempat-tempat dark tourism.

Tak hanya di Indonesia, berbagai hal berbau mistis juga menarik banyak perhatian warga dunia. Seperti beberapa tempat wisata horor yang tersebar di seluruh dunia di bawah ini. Melansir berbagai laman wisata, tempat-tempat berikut 'menjual' konsep dark tourism plus kisah tragis di baliknya untuk menarik perhatian pelancong.

Baca juga:

Kamu Seorang Pemberani? Ini 3 Tempat Wisata Horor yang Mesti Kamu Kunjungi

Auswitchz, Jerman

Auschwitz sudah sangat dikenal diseluruh dunia. Merupakan salah satu kamp penampungan terbesar yang didirikan Jerman disaat Perang Dunia II. Banyak orang yang berasal dari berbagai penjuru Eropa ditempatkan di sini untuk dijadikan pekerja paksa.

Dari total orang yang dipaksa bekerja di sini didominasi Yahudi sebesar 90%. Lebih dari satu juta orang tak bersalah tewas dibunuh secara sadis di kamp penampungan ini.

Belchite, Spanyol

Dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Belchite yang merupakan desa tempat tinggal para hantu. Belchite sendiri adalah sebuah desa yang hancur akibat perang antara pasukan Prancis dan Spanyol pada tahun 1809.

Perang itu mengakibatkan hancurnya desa dan sudah tidak laik didiami oleh masyarakat. Pada akhirnya pemerintah setempat kembali mendirikan desa Belchite di sebelah reruntuhan yang lama.

Baca juga:

Bisa Menginap, Lokasi 4 Kastil Ini Punya Acara Seram yang Pantang Dilewatkan

Pompeii, Italia

Dikenal sebagai salah satu situs arkeologi yang sangat terkenal di dunia. Pompeii berada sekitar 25 kilometer ke arah tenggara kota Naples.

Dulunya, merupakan sebuah kota yang berada di dekat Gunung Vesuvius. Namun pada 79 Masehi peradabannya hancur dan semua penduduk kota tewas dalam bencana akibat letusan Gunung Vesuvius.

Fontana, seorang arsitek menemukan kembali kota ini pada 1599 Masehi. Sebuah usaha dan kampanye dilakukan dengan serius untuk membebaskan kota yang tertimbun tanah.

Choeung Ek, Kamboja

View this post on Instagram

Words cannot really express the heartache I have felt this morning. Despite having been here 15 years ago, the comprehension of what happened here in Cambodia moved me so much more this time; age, I suppose, allows for more insight and perspective. ? ? The Khmer Rouge wiped out 25% of its population in less than four years and then was continued to be supported by western nations after being liberated by the North Vietnamese. ? ? I think it’s super important to visit sites like this when travelling. What happened shaped this country; people not much older than I will have lived through these awful atrocities which is almost unfathomable to comprehend. ___________________________________________//___ #mansinhumanitytoman #war #genocide #atrocity #cambodia #khmerrouge #killingfields #choeungek #phnompenh #darktourism

A post shared by @ botlette on

Berada 25 kilometer ke arah selatan dari ibukota Kamboja, Phnom Penh. Terdapat spot destinasi wisata yang di kenal dengan nama Choeung Ek.

Merupakan situs bekas perkebunan buah dan kuburan massal para korban yang terbunuh rezim Khmer Rouge pada tahun 1975 hingga 1979. Terdapat nyaris 9000 mayat yang terkubur di sini akibat kekejaman politik rezim tersebut.

Bikini Atoll, Republik Kepulauan Marshall

Awalnya dikenal sebagai sebuah pulau yang kaya dengan keindahan. Penduduk pulau ini melakukan aktivitas layaknya penduduk pada umumnya.

Apesnya, antara tahun 1946 sampai 1958 dilakukan percobaan 23 senjata nuklir oleh Amerika Serikat. Sekilas pulau ini masih terlihat indah, namun ternyata masih menebar ancaman berupa zat-zat berbahaya yang dapat mengancam mahluk hidup. (lgi)

Baca juga:

Rekomendasi Film Horor Terseram Adaptasi Novel Stephen King yang Wajib Kamu Tonton



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH