5 Tempat Terindah untuk Melihat Bunga Edelweis

BUNGA edelweis memang menjadi daya tarik tersendiri yang bagi para pendaki gunung. Terlebih bunga yang dijuluki bunga keabadian ini hanya dapat ditemui di tempat-tempat tinggi sekitar 2000 mdpl ke atas.

Bunga edelweis di Indonesia sangat berbeda dengan edelweis yang ada di Eropa. Bunga ini memiliki nama latin Anaphalis Javanica. Jika bunga ini tumbuh dan cukup kokoh, maka edelweis akan menjadi tempat bersarang bagi burung ciung batu atau Myophonus glaucinus.

Di Indonesia sendiri ada beberapa tempat yang pantas Anda datangi jika ingin melihat bunga edelweis. Dimana saja itu? berikut lima lokasi terbaik untuk bertemu edelweis di Indonesia.

Lembah Mandalawangi (Gunung Pangrango)

(Instagram/aulia_summiters)

Lembah Mandalawangi berada di gunung Pangrango, Jawa Barat. Disana Anda akan menyaksikan hamparan bunga edelweis. Jika Anda pernah menonton film "Gie", tentunya Anda akan ingat dengan lembah ini. Selain menjadi lokasi syuting, Lembah Mandalawangi juga ada dalam bait puisi yang dibacakan Soe Hok Gie (Nicholas Saputra).

Plawangan Sembalun (Gunung Rinjani)

(Instagram/zharanxedelweis)

Gunung Rinjani memang menjadi salah satu gunung yang sering dikunjungi oleh pendaki gunung. Dengan ketinggian 3.726 mdpl, Rinjani memiliki jalur sembalun dengan padang edelweis yang sayang jika Anda lewatkan.

Alun-alun Surya Kencana (Gunung Gede)

(Instagram/daniskurnia)

Jika Anda ingin mendaki gunung hanya untuk melihat bunga ini, lebih baik datang ke Alun-alun Surya Kencana di Gunung Gede, Jawa barat. Pasalnya di sini Anda akan melihat padang edelweis seluas 50 hektar. Agar bisa mencapainya, Anda bisa melewati jalur Cibodas atau jalur puteri.

Tegal Alun (Gunung Papandayan)

(Instagram/geiniagni)

Gunung Papandayan memang menjadi pilihan pendaki gunung untuk melihat keindahan kawah belerang. Tapi gunung yang berada di Jawa Barat itu juga memiliki panorama lain yakni Telag Alun. Tapi ingat, di sini Anda tidak boleh membawa tenda.

Gunung Lawu

(Instagram/jimzzz.wordpress.com)

Gunung ini memang dikenal karena cerita mistisnya. Meski demikian, bukan berarti tak ada keindahan di gunung yang berada di Jawa Tengah itu. Terlebih di gunung ini Anda bisa melihat bunga edelweis yang berbeda dari tempat lainnya. Disana bunga edelweis memiliki warna ungu.

Sahabat MerahPutih, itulah lima tempat yang bisa Anda kunjungi untuk melihat bunga edelweis. Tapi ingat, bunga ini hanya dapat tumbuh de tempat-tempat tertentu. Jadi jangan coba untuk memetiknya. Dengan membiarkannya hidup berarti Anda telah menjaga kelestarian alam.

Selain artikel ini Anda juga bisa baca Para Shinobi Konoha yang Bunuh Diri di Komik Naruto


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH