Wisata Kuliner di Borobudur? Ini 5 Rekomendasinya Borobudur, Candi Buddha terbesar di dunia (foto: pixabay/saesherra)

CANDI Borobudur merupakan destinasi wisata Indonesia yang enggak pernah mengecewakan pelancong. Kekokohan bangunan hingga sejarah di dalamnya selalu menjadi daya tarik tersendiri.

Sedikit jauh dari pusat kota, kamu tak akan sulit menemukan akomodasi. Begitu pun untuk menemukan tempat di sekitar kuil Buddha terbesar dunia ini.

Candi Borobudur yang berlokasi di kabupaten Magelang, Jawa Tengah, memang telah lama menjadi destinasi wisata. Tak hanya karena bangunan candinya, tapi juga sajian khasnya.

Nah, bagi kamu yang sedang belibur ke Borobudur di Magelang, jangan lewatkan kuliner khas sekitar Candi Borobudur. Berikut lima rekomendasi wisata kuliner di sekitar Candi Borobudur. Wajib kamu coba saat melancong ke sana.

1. Ndas Beong Selera Pedas Borobudur

5 Tempat Kuliner yang Wajib Kamu Kunjungi saat Melancong ke Borobudur
Kuliner khas Borobudur (foto: travelingyuk.com)


Makanan Khas kulon progo ini harus kamu coba ketika kamu sedang ke Borobudur, Karena rasanya yang cukup nikmat dan untuk bisa mendapatkan menu ini memang agak sulit karena memang sulit untuk mendapatkan ikan beong di pasaran.

Di Sekitar Borobudur kamu bisa datang ke Rumah Makan Sehati Borobudur Spesial Ndas Beong atau biasa dikenal dengan nama Ndas Beong Selera Pedas Borobudur.

2. Sop Senerek Iga Sapi Banar

5 Tempat Kuliner yang Wajib Kamu Kunjungi saat Melancong ke Borobudur
Sop Senerek (foto: detiktravel.com)


Tempat makan kedua yang letaknya tak jauh dari Candi Borobudur adalah Sop Senerek Iga Sapi dan Nasi Rames Banar.

Lokasinya berada di Jalan Soekarno Hatta No. 288, Mungkin yang bisa ditempuh selama 13 menit dengan menggunakan kendaraan.

Seperti namanya, warung makan ini menyediakan sop senerek yang menjadi kuliner khas Borobudur.

3. Dapoer Gending

5 Tempat Kuliner yang Wajib Kamu Kunjungi saat Melancong ke Borobudur
Dapoer Gending Borobudur (foto: travelingyuk.com)


Di Rumah Makan Dapoer Gending kamu bisa menyantap makanan tradisional khas Nusantara yang disajikan dengan tambahan sayuran segar yang nikmat.

Rumah makan ini terletak di jalan Pramudya Wardhani No.19, sangat dekat dengan obyek wisata Candi Borobudur.

Kamu hanya perlu berjalan kaki selama 5 menit untuk sampai ke warung ini dari Borobudur. Jadi sangat pas jika sudah merasa cukup lapar namun malas untuk harus jauh jauh mencari makan.

4. Nasi Lesah

5 Tempat Kuliner yang Wajib Kamu Kunjungi saat Melancong ke Borobudur
Nasi lesah khas Magelang Jawa Tengah (foto: tribunjateng)


Jika kupat tahu begitu dikenal dan mudah dijumpai, kuliner yang satu ini nyaris terlupakan. Bahkan, tidak semua masyarakat Magelang mengetahuinya.

Nasi lesah merupakan nasi dengan campuran sayur tauge, bihun, irisan tahu bacem, daun bawang, dan seledri. Kemudian diguyur kuah soto bersantan yang masih panas.

Makanan ini dapat ditemui di Pasar Rejowinangun. Salah satu pelopor sekaligus penjual nasi lesah yang cukup populer di Borobudur ialah Nasi Lesah Pak Badut.

5. Sego Godog

Kuliner Wajib Borobudur Magelang
Sego godog (foto: resepkoki.id)


Sego godog atau nasi godog ini adalah makanan yang sarat akan gizi. Tentu saja karena kandungan di dalamnya adalah karbohidrat, mineral, protein, dan vitamin. Namun, apa itu godog? Godog artinya rebus.

Rasa uniknya berasal dari kuah kaldu yang diracik bersama bumbu-bumbu dan telur ayam. Selain itu sayuran seperti kubis, tomat, dan daun bawang dimasak bersama daging ayam dan tambahan kecap manis. Setelah itu, barulah nasi dimasukkan. (gsh)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH