5 Tempat Kuliner Legendaris di Malang, Wajib Mampir! Toko ice cream Oen, salah satu tempat kuliner legendaris di Malang (Foto: Instagram/@toko_oen_malang)

KAWASAN Malang dan sekitarnya belakangan ramai dikunjungi pelancong. Tak heran, berbagai daya tarik wisata digalakkan di Kota Apel yang terletak di Jawa Timur ini. Mengedepankan daya tarik alam yang indah plus kreativitas yang terdapat di berbagai sudut kota. Malang yang kini terlihat lebih warna-warni dan kekinian ternyata juga memiliki beberapa tempat kuliner legendaris, bahkan ada tempat yang sudah menawarkan sajian khas mereka sejak negeri ini belum merdeka.

Baca juga:

Jajanan Kaki Lima Kekinian Khas Yogyakarta, Murah dan Lezat!

Banyak diminati penduduk lokal maupun mereka yang dari luar kota, tempat-tempat ini bisa jadi rekomendasi untuk kamu yang berencana melancong ke Malang. Apa saja? Yuk cari tahu seputar lima tempat kuliner legendaris Malang!

Depot Hok Lay

Dikenal sebagai makanan khas Semarang. Namun di kota Malang terdapat kedai lumpia legendaris, yaitu Depot Hok Lay yang sudah ada sejak tahun 1946. Depot ini berlokasi di Jalan KH Ahmad Dahlan No. 10, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang.

Terdiri dari campuran potongan wortel dan rebung. Lalu dibungkus dengan kulit lumpia bertekstur krispi dengan saus tauco. Selain lumpianya, di sini juga menyajikan minuman Fosco, yaitu minuman susu full cream dan coklat yang gosipnya sudah ada dari zaman Belanda.

Warung Tahu Lontong Lonceng

View this post on Instagram

Depot Tahu Lontong Lonceng???? #Batu #Holiday #Malang #Kuliner #DepotTahuTelorLonceng

A post shared by Rio Sofa ?? (@riosofa) on

Warung tahu lontong Lonceng juga didirikan pada tahun 1935. Dulunya berjualan di area dekat tugu Lonceng, membuat warung tahu lontong ini dinamakan Warung Tahu Lomtog Lonceng. Tahu telur nasi, tahu telur lontong, atau tahu lontong biasa merupakan tiga pilihan menu yang ditawarkan di warung legendaris ini.

Masih mempertahankan resep asli oleh pemiliknya, tahu lontong ini menyajikan cita rasa yang lezat dan tidak berubah. Untuk satu porsi tahu lontong hanya dijual dengan harga Rp 9 ribu saja. Kamu dapat menemukannya di Jalan Martadinata, Kotalama, Kedungkandang, Kota Malang.

Putu Lanang Celaket

View this post on Instagram

. Kue Putu merupakan jajanan tradisional khas Indonesia yang melegenda. Di Malang, Jawa Timur adalah salah satu kota yang memiliki tempat terkenal yang menjual jajanan khas tersebut. Toko penjual Kue putu Malang ini sudah buka sejak tahun 1935. Nama dari tempat itu adalah Putu Lanang yang berada di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Kota Malang. Warung ini sudah dibuka sejak tahun 1935 oleh bu Soepijah. Hingga saat ini, warung Putu ini merupakan salah satu favorit banyak orang. Putu lanang sendiri merupakan makanan yang terbuat dari tepung beras, gula merah, dan kelapa. Istilah lanang digunakan untuk membedakan makanan ini dari putu ayu yang memiliki bentuk sangat berbeda. Pelanggan dari jajanan ini juga selalu ramai membeli tiap harinya. Putu Lanang tidak hanya menyediakan kue putu saja, tetapi juga ada makanan lain yang merupakan makanan tradisional lain yang juga terasa manis seperti cenil, lupis, dan klepon . . #bedpackershostel #putulanang #putulanangmalang #putulanangcelaket #putulanangcelaketmalang #putumalang #putucelaket #jajananmalang #camilanmalang #jajanankhasmalang #oleh2malang #hostelmalang #hosteldimalang #penginapanmalang #penginapanmalangmurah #reddoorz #reddoorzmalang #reddoorzmalangmurah #kapsulhostel #kapsulhostelmalang #capsulehostel #capsulehostelmalang #malangcitycenter #kulinermalang #makanankhasmalang

A post shared by Bedpackers Hostel (@bedpackers_hostel) on

Merupakan jenis kue legendaris yang banyak dijual hampir di setiap wilayah nusantara. Di Malang sendiri terdapat toko kue kecil yang menjual kue putu, yaitu Putu Lanang Celaket. Berlokasi di Jalan Jaksa Agung Suprapto No. 73, Gang Buntu RT.03, Klojen, Samaan, Klojen, Kota Malang.

Baca juga:

5 Kuliner Unik Khas Natuna yang Harus Kamu Cicipi

Pertama kali dibuka di tahun 1935 dan merupakan kedai favorit tentara Jepang dan Belanda yang berada di kota Malang. Sekarang, Kedai putu Lanang Celaket ini bisa menjual sampai seribu kue putu, menjadi bukti kalau kedai ini masih jadi kedai favorit warga Malang dan para pelancong.

Toko Es Krim Oen

Berlokasi di Jalan Jenderal Basuki Rahmat No. 5, Kauman, Klojen, Kota Malang, toko es krim ini sudah berdiri dari tahun 1930. Awalnya, merupakan salah satu tempat nongkrong langganan orang-orang Belanda.

Menawarkan suasana masa lalu yang sangat kental, toko ini masih populer bagi orang Malang dan pelancong internasional. Terdiri dari perabotan-perabotan kuno, seperti kursi dan meja. Selain es krim yang nikmat, juga menyajikan beragam menu makanan utama sampai aneka dessert.

Ronde Titoni

Keberadaan jenis kuliner Ronde semakin sulit ditemukan. Namun Kedai Ronde Titoni adalah salah satu tempat tertua di kota Malang. Ronde merupakan makanan yang pas banget dinikmati saat cuaca dingin atau sedang hujan. Kedai Ronde Titoni dapat ditemukan di Jalan Zainul Arifin No.17, Sukoharjo, Klojen, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang.

Awalnya, ronde Titoni berjualan keliling dan mangkal di toko jam Titoni pada tahun 1948. Akhirnya, tahun 1985, ronde Titoni membuka kedai di daerah Kudusan. Kedai Ronde Titoni menawarkan dua jenis ronde, yaitu ronde angsle dan ronde kering. (lgi)

Baca juga:

Tak Selalu Pedas, Minangkabau Juga Punya Kuliner Khas yang Manis

Kredit : leonard


Ananda Dimas Prasetya