Teknologi

5 Teknologi Canggih dari Game yang Direalisasikan ke Dunia Nyata

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Senin, 01 Februari 2021
5 Teknologi Canggih dari Game yang Direalisasikan ke Dunia Nyata
Deretan teknologi canggih yang terinspirasi dari game. (Foto: Pexels/Marcus)

PERKEMBANGAN industri 4.0 menuntut berbagai macam kegiatan dengan teknologi yang canggih. Berbagai macam inovasi dikembangkan oleh ilmuwan demi bisa bersaing. Terdapat berbagai inspirasi dalam mengembangkan teknologi. Seperti berasal dari film, cerita fiksi, bakan video game.

Memang terdengar sedikit meragukan. Tapi kenyataanya, game menjadi salah satu acuan dalam menghadirkan teknologi canggih. Inovasi di bidang teknolgi sudah merealisasikan itu. Berikut lima teknologi yang direalisasikan dari game ke dunia nyata.

Baca juga:

Kacamata Pintar untuk Sembuhkan Rabun Jauh

1. Medpac

5 Teknologi Game yang Direalisasikan ke Dunia Nyata
VERTI-GEL representasi teknologi Medpac. (Foto: Constantamerica)

Kalo kamu suka main game dengan genre action, pasti kamu akan mengalami serangan yang mengharuskan kamu berobat dengan menggunakan medpac. Dengan menggunakan alat tersebut, kamu bisa mendapatkan regenerasi darahmu kembali semula.

Dari hal tersebut seorang ilmuwan dari Amerika Serikat, Joe Ladolina, mencoba untuk meluncurkan produk tersebut. Bernama VERTI-GEL, ini merupakan salah satu gel yang dapat memberhentikan lajunya pendarahan. Cara penggunaannya sederhana, cukup oleskan pada bagian yang terluka.

Dilansir dari laman Constant America, VERTI-GEL merupakan pembersih dengan busa basa yang diklorinasi membentuk gel ketika diencerkan dengan air.

VERTI-GEL dirancang untuk membersihkan area permukaan vertikal atau horizontal. Inovasi ini juga meningkatkan durasi penyembuhan saat kontak langsung dengan permukaan.

2. Auto Aim

5 Teknologi Game yang Direalisasikan ke Dunia Nyata
Auto-Aim atau Tracking Point sistem dari XS1. (Foto: Dailymail)

Bernama XS1, ini merupakan salah satu nama dari teknologi canggih Auto Aim. Diangkat berdasarkan game berbasis first person shooting (FPS), dengan kemampuan mempermudah untuk menyerang target.

Produk tersebut dirancang dengan adanya tombol pelacak. Ketika ditekan, senjata yang digunakan akan merespon langsung. Respon yang ditimbulkan akan mengunci target lawan dan mengikuti pergerakkan lawan.

Dikutip dari laman Arstechnica, tracking point membuat precision guided firearms (PGFs) yang merupakan serangkaian senapan untuk berburu, dengan kemampuan auto aim XS1. Teknologi ini dilengkapi dengan komputerisasi canggih yang terlihat seperti di film Terminator.

3. Heads-Up Display

5 Teknologi Game yang Direalisasikan ke Dunia Nyata
Tampilan teknologi Heads-Up Display pada interior mobil. (Foto: Autoguide)

Diadaptasi dari game dengan genre Sci-Fi seperti Watch Dog dan Cyberpunk, teknologi ini menjadi salah satu inovasi untuk direalisasikan ke dunia nyata.

Dipetik dari laman Hudway, Heads-up display memungkinkan mata tetap fokus pada perjalanan. Seperti kecepatan, petunjuk arah, panggilan dan pemberitahuan pesan, semua diklasifikasikan terdapat di pandangan pengemudi.

Himbauan juga akan diberikan kepada pengemudi, guna mencegah mata pengemudi tetap selalu awas terhadap kecepatan juga pelanggaran kecepatan saat berkemudi di jalan.

Baca juga:

3 Fitur Canggih Kamera Smartphone yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

4. Power-Ups

5 Teknologi Game yang Direalisasikan ke Dunia Nyata
Modafinil tablet dengan efek mirip power-ups dalam game. (Foto: Modafinilnow)

Teknologi ini tidak akan asing jika kamu mendengar kata power boosting di game Fortnite. Tidak hanya itu, ini juga terdapat di game populer seperti Super Mario Bros. Identik dengan jamurnya yang dapat mengubah kamu menjadi raksasa dengan kekuatan yang turut meningkat.

Modafinil, salah satu inovasi teknologi serupa yang akan dikembangkan oleh para ilmuwan dan direalisasikan ke dunia nyata.

Dilansir dari laman NCBI, efek Modafinil pada glutamat tampa bervariasi dengan merangsang bagian wilayah otak. Modafinil dikabarkan juga meningkatkan glutamat ekstraseluler dalam preoptik medial dan hipotalamus posterior.

Efek ini akan disebabkan oleh pengurangan dari GABAergic. Nantinya, semacam suplemen ini akan di kerahkan untuk pilot pesawat tempur dengan meningkatkan tingkat kewaspadaan dengan hitungan jam.

5. Controlling a Character

5 Teknologi Game yang Direalisasikan ke Dunia Nyata
Teknologi ini telah memasuki tahap pengembangan oleh North Carolina University. (Foto: Pexels/Cottonbro)

Pada game apapun pasti kita harus mengontrol karakter yang kita mainkan. Karena dengan melakukannya, kita bisa merangkai strategi atau cara yang akan digunakan saat mencoba menyelesaikan game.

Dikutip dari laman Realitypod, nantinya para ilmuwan akan menciptakan sebuah pengendalian terkait hewan layaknya mengontrol karakter video game.

Laboratorium Bionics Universitas Negeri di Carolina Utara, kabarnya akan meluncurkan kabel otak di sejumlah kecoa. Saat teknologi diimplementasikan, kemungkinan itu akanmenjadi salah satu cyborg paling menjijikan di dunia. (Jod)

Baca juga:

I-Boy, Alat Pendeteksi Korban Bencana Buatan ITS

#Game #Teknologi #Video Game #Teknologi Modern
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan