5 Tanda Kamu Sudah Menjadi Pemain Game yang 'Toxic' Ini tanda kamu sudah menjadi pemain game yang toxic (Foto: Esports.id)

COBA bayangkan saat kamu baru saja pulang sekolah, kuliah, atau bekerja dan kalian melepaskan sepatu kalian dengan tergesa-gesa, dan langsung masuk ke kamar untuk menyalakan permainan yang biasa dimainkan. Namun, kamu malah bertemu dengan pemain yang selalu ingin mengincar karakter game kamu, juga mendapat tim yang bermain secara buruk, bahkan mendapat lawan yang melakukan kecurangan.

Bukannya menghilangkan penat tetapi kamu akan merasakan frustasi karena medapat tim atau musuh seperti itu, dan perasaan kamu berubah seketika, terus baca artikel ini karena kita akan membahas lebih jauh tentang pemain yang memiliki sifat negatif ke pemain lain atau yang dikenal dengan istilah toxic player atau toxic gamers.

1. Kamu Merendahkan Teman Satu Tim

5 Tanda Kamu Sudah Menjadi Pemain Game yang 'Toxic'
Berteriak untuk merendahkan teman satu tim (Foto: Washingtonexaminer)

Disaat kamu bermain pastinya gaya permainan atau karakter yang kalian pilih akan dinilai oleh rekan satu tim kalian, entah mereka membicarakan hal-hal positif maupun negatif tentang pilihanmu.

Misalkan kamu bermain dengan kurang baik, pastinya mereka akan memberikan ucapan yang kurang baik kepadamu. Mungkin bila mereka menggunakan mikrofon bisa saja mereka akan berteriak kepadamu.

2. Tidak Mau Disalahkan

5 Tanda Kamu Sudah Menjadi Pemain Game yang 'Toxic'
Tidak pernah merasa salah saat kalah (Foto: svg)

Pelanggaran ini bisa disebut sebagai cyberbullying yang dimana ketika salah satu pemain memiliki kinerja yang buruk, sehingga timnya mendapat kekalahan pasti orang tersebut akan selalu disalahkan.

Biasanya pemain yang menyalahkan juga tidak memiliki kinerja yang sangat bagus, hal ini disebabkan karena gamer yang toxic tidak akan mungkin menyalahkan diri mereka sendiri.

3. Kalian Keluar dari game saat Merasa akan Kalah

5 Tanda Kamu Sudah Menjadi Pemain Game yang 'Toxic'
Kalian langsung keluar ketika merasa akan kalah (Foto: Reddit)

Di kebanyakan video game, keluar di tengah permainan bukanlah suatu masalah yang besar, misalnya kalian memainkan permainan satu lawan satu dan ditengah permainan musuh kalian keluar dari gim sehingga memberi kalian kemenanagan secara cuma-cuma.

Namun berbeda ketika kalian memainkan game dengan banyak pemain, baik itu dalam tim kamu maupun tim musuh. Jika ada yang meninggalkan game ditengah permainan akan membuat tim kamu terbebani dan tersiksa melawan tim musuh.

4. Mengirimkan Pesan Kebencian

5 Tanda Kamu Sudah Menjadi Pemain Game yang 'Toxic'
Kalian akan mengutarakan kata-kata kurang baik ke tim kalian (Foto: Dotped)

Saat kalian kalah dalam sebuah permainan multiplayer pastinya kalian akan melihat siapa saja yang menjadi penyebab utama kekalahan tim kamu.

Setelah kalian mengetahui penyebab utama kekalahan, kalian langsung emosi dan segera mencari nama akun pemain tersebut. Lebih buruknya, kalian akan mulai menulis berbagai kata-kata kebencian dan mengumpat sang pemain tersebut.

5. Bermain Curang

5 Tanda Kamu Sudah Menjadi Pemain Game yang 'Toxic'
Kalian akan tahu dimanapun musuh bersembunyi (Foto: Vaz Gaming)

Saat bermain game online pastinya kalian ingin selalu meerasakan menang, karena akan memberikan rasa senang dan juga bangga.

Namun, jika kamu jarang merasakan kemenangan, kamu akan melakukan segala cara untuk menang salah satunya adalah curang.

Untuk bisa menang, kamu mulai menggunakan aplikasi yang seharusnya tidak boleh digunakan namun kalian tetap melakukan itu karena kalian merasa senang sudah bisa menang.

Memang dengan menggunakan cheat bisa membuat kalian senang karena menang, tetapi kalian akan merusak kesenangan orang yang lebih banyak karena mereka bermain dengan normal. (ape)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH