Otomotif

5 Tanda Kamu Harus Ganti Oli Gardan Mobil

Andrew FrancoisAndrew Francois - Kamis, 21 Juli 2022
5 Tanda Kamu Harus Ganti Oli Gardan Mobil
Kondisi oli gardan penting untuk memastikan kesehatan komponen mobil. (Foto: Unsplash/Markus Spiske)

KENDARAAN bertransmisi otomatis saat ini sudah menjadi hal yang lumrah. Kepraktisan dan kenyamanan berkendara dengan transmisi otomatis memang menjadi keunggulan yang ditawarkannya.

Terlebih teknologi saat ini sudah semakin canggih nan modern, dengan sistem transmisi otomatis yang lebih efisien. Namun, sistem transmisi otomatis bukan tanpa risiko, seperti kala pemilik kendaraan harus memperhatikan perawatan sistem transmisinya, demikian dilaporkan laman Motor1.

Setidaknya, pemilik mobil harus mampu mendeteksi bila indikasi berkurangnya kemampuan respons transmisi otomatis mulai berkurang. Salah satu unsur yang berperan penting adalah oli gardan. Oli pada transmisi otomatis ini harus diganti secara berkala sesuai dengan petunjuk pabrikan.

Baca juga:

Komponen Mobil yang Wajib Dicek sebelum Mudik

Oli gardan merupakan pelumas yang digunakan untuk bagian transmisi otomatis di dalam mobil. Ketika komponen-komponen yang ada di dalam mobil saling bergesekan, oli gardan bertugas melumasinya agar tidak terjadi gesekan kasar yang dapat membuat kerusakan.

Maka supaya transmisi otomatis mobil kamu lebih awet, berikut lima tanda oli gardan mobil harus diganti yang perlu kamu ketahui.

1. Getaran kencang pada mobil

Mobil bergetar saat oli gardan sudah harus diganti. (Foto: Unsplash/hidde schalm)

Kamu akan merasakan getaran yang cukup kencang pada mobil ketika oli gardan tidak diganti dalam waktu yang cukup lama. Getaran itu akan sangat terasa, baik ketika mobil dibawa untuk melewati jalan yang lurus maupun tidak.

Getaran biasanya akan terasa semakin kencang ketika berbelok atau saat kecepatan mobil meningkat. Ini bisa menjadi tanda bahwa oli gardan sudah waktunya diganti.

2. Aroma terbakar pada gardan mobil

Tanda berikutnya adalah munculnya aroma terbakar pada gardan mobil. Biasanya, bau terbakar yang tidak sedap ini bisa dideteksi dari arah girboks. Aroma terbakar itu bisa muncul karena suhu gardan terlalu panas.

Hal itu memang bisa saja terjadi, terutama ketika oli gardan kotor atau habis. Selain itu, bisa juga oli yang digunakan sudah kadaluarsa, sehingga memicu bau tidak sedap yang menyerupai aroma terbakar.

Baca juga:

Cara Mencegah Komponen Mobil yang Mudah Rusak Saat Tidak Dipakai

3. Suara berisik pada mobil

Keausan oli gardan menyebabkan suara berisik nan mengganggu. (Foto: Unsplash/christian buehner)

Selain getaran, bila oli gardan kamu sudah waktunya diganti, akan muncul juga suara berisik yang cukup mengganggu ketika mobil dibawa berkendara. Suaranya menyerupai suara mendengung yang kencang.

Kemunculan suara berisik itu disebabkan oleh gesekan komponen-komponen pada gardan tanpa adanya pelumasan dari oli yang memadai. Bila tidak segera diganti, suaranya akan semakin kencang, mengganggu, dan berpotensi merusak komponen pada gardan.

4. Roda mobil sulit dikendalikan

Saat roda mobil semakin sulit untuk dikendalikan, mungkin ini menjadi ciri-ciri oli gardan mobil harus diganti. Jika oli masih cukup baik, gardan seharusnya bisa mengendalikan kecepatan perputaran roda.

Namun, bila kualitas oli gardan sudah kotor atau habis, maka gardan akan kesulitan mengatur kecepatan perputaran roda dan mobil akan sulit dikendalikan. Bila kamu tak segera mengganti oli gardan, maka berpotensi menimbulkan kecelakaan.

5. Warna oli berubah

Oli gardan yang sudah harus diganti akan berwarna abu-abu gelap. (Foto: Unsplash/Enis Yavuz)

Kamu juga bisa mengecek sendiri oli gardan secara langsung, dan lihat bila warnanya sudah berubah. Bila demikian, kemungkinan besar sudah waktunya bagi mobil kamu untuk segera diganti oli gardannya.

Oli yang sudah lama dipakai akan berwarna abu-abu metalik dan agak gelap. Perhatikan juga apakah tekstur oli tersebut masih kental atau sudah encer. Jika oli tampak encer, bisa saja menjadi tanda bahwa oli gardan sudah harus diganti. (waf)

Baca juga:

Periksa Komponen Penting Ini Setelah Mobil Dipakai Mudik Lebaran

#Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan