5 Tanaman Hias ini Cocok Dirawat Pemula, Yuk Coba! Buat kamu para pemula, 5 tanaman hias ini mudah dirawat. (foto: pixabay/rawpixel)

MESKI terkesan mudah, menanam dan merawat tanaman ternyata cukup sulit untuk dilakukan. Selain harus diberi perhatian secara rutin, pertumbuhan tanaman dipengaruhi banyak faktor. Alhasil, kadang bukannya jadi bagus, tanaman yang kamu tanam malah jadi layu begitu saja.

Namun, itu bukan berarti tidak ada tanaman yang mudah untuk dirawat. Berikut tim Merahputih.com rangkum lima tanaman yang mudah dirawat, jadi cocok buat kamu yang ingin mencoba bercocok tanam.

BACA JUGA: Thomas Stanford Raffles Bukan Penemu Bunga Bangkai Rafflesia Arnoldii!

1. Kaktus

tanaman kaktus
Tak perlu sering-sering disiram. (foto: pixabay/suju)

Tanaman kaktus bisa hidup bahkan di padang pasir sekalipun. Hal itu disebabkan kaktus yang dapat bertahan hidup di suhu yang panas dan hanya dengan sedikit air saja. Hal ini merawat kaktus sangat mudah, bahkan saat kamu sibuk sekali pun.

Kamu cukup memberinya air sesekali saat sedang tidak sibuk. Meski bentuk tanaman kaktus terlihat simpel, bukan artinya mereka tidak indah. Beberapa tanaman kaktus bahkan bisa menumbuhkan bunga yang indah ketika sudah cukup besar.

2. Bougenville

tanaman bunga bougenville
Kerap disebut sebagai bunga kertas. (foto: pixabay/hans)

Bunga asal Amerika Selatan ini juga cocok buat kamu yang punya pekarangan di depan rumah. Bunga bougenville hanya perlu disiram secara rutin dan dipangkas jika kamu punya waktu lebih. Pemangkasan tersebut bertujuan untuk merangsang pertumbuhan bunganya supaya lebih lebat.

Lucunya, bunga Bougenville sering disebut sebagai bunga kertas karena kelopaknya yang mirip dengan kertas. Warnanya pun beragam, jadi pekarangan rumahmu pun akan terlihat indah dengan kehadiran tanaman Bougenville ini.

3. Lidah Mertua

tanaman lidah mertua
Bisa bertahan di segala cuaca. (foto: Instagram @faukahhouse97)

Meski namanya terkesan aneh, tanaman yang satu ini tak hanya mudah dirawat tapi juga memiliki banyak manfaat loh. Tanaman lidah mertua bisa bertahan di hampir setiap situasi, baik itu terkena sinar matahari terik atau tidak sama sekali.

Hebatnya, tanaman lidah mertua mengeluarkan oksigen pada malam hari. Biasanya tanaman lain melakukan respirasi di malam hari, yakni menyerap oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Menurut penelitian Universitas Naresuan Thailand, tanaman lidah mertua mampu menyerap gas karbon dioksida secara efektif. Untuk membersihkan udara satu ruang kantor besar hanya dibutuhkan empat sampai lima tanaman lidah mertua saja.

4. Lavender

tanaman bunga lavender
Hanya perlu disiram tanpa perawatan khusus. (foto: pixabay/manfredrichter)

Bunga yang satu ini tak hanya indah saja, tapi juga memiliki aroma yang wangi. Aroma yang menurut kita wangi tersebut ternyata tak disukai oleh nyamuk. Jadi cocok buat kamu yang merasa rumahnya banyak dihinggapi nyamuk.

Untuk merawatnya pun hanya perlu disiram secara rutin saja, tak perlu ada perawatan khusus jika kamu tak punya waktu. Satu-satunya yang membuat tanaman ini mudah berkembang ialah cuaca yang lembab dan musim dingin atau salju. Inilah yang membuat Lavender cocok di tanam di Indonesia yang memiliki iklim tropis.

5. Bunga Pukul Sembilan

bunga pukul sembilan
Cukup sinar matahari dan disiram. (foto: gardenia.net)

Seperti namanya, bunga yang satu ini mekar pada pukul 09.00 dan layu pada sore hari. Bunga yang satu ini akan tumbuh subur jika mendapat pencahayaan dari sinar matahari yang cukup. Dan tentunya disiram secara rutin. Di luar itu, tanaman yang satu ini tak membutuhkan perawatan khusus.(sep)

BACA JUGA: Bunga Mawar Identik dengan Cinta? Ini Alasannya


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH