5 Spot Wisata Keren Sekitar Malioboro Jalan Malioboro yang menjadi magnet bagiwisatawan ke Yogyakarta. (Foto: instagram@bekitravellerph)

MELANCONG ke Daerah Istimewa Yogyakarta kurang afdol jika tidak mampir ke Malioboro. Malioboro dikenal sebagai kawasan yang selalu ramai dan dipadati para pelancong domestik maupun manca negara.

Sebenarnya ada cara lain untuk menikmati Malioboro. Kamu disarankan untuk mampir ke beberapa lokasi serta spot wisata berada di sekitar Malioboro. Berikut adalah beberapa diantaranya.

Baca Juga:

5 Desa Wisata Primadona di Yogyakarta

Museum Sandi

jogja
Satu-satunya di Indonesia. (Foto: gudeg.net)

Museum ini merupakan satu-satunya museum kriptografi di Indonesia. Terdapat banyak sekali benda bersejarah di dalam dunia persandian di negeri ini. Di sini juga terdapat ruangan yang menceritakan kisah kehidupan Bapak Persandian Negara Republik Indonesia, Mayjen TNI dr. Roebiono Kertopati.

Museum Sonobudoyo

jogja
Koleksi benda pusaka. (Foto: sonobudoyo)

Museum ini terbagi menjadi dua unit. Unit pertama berseberagan dengan alun-alun utara Keraton Yogyakarta dan di sebelah timur Keraton untuk unit keduanya. Di Museum Sonobudoyo terdapat banyak sekali koleksi benda-benda bersejarah khusunya sejarah dan budaya Jawa.

Baca Juga:

5 Kebiasaan di Jogja yang Harus Dipahami Traveler

Kampung Ketandan

jogja
Kawasan Pecinan di Kampung Ketandan. (Foto: instagram@jogjabikinlaper)

Kampung Ketandan terkenal dengan ornamen-ornamen khas Tionghoa. Saat berada di area bagian Pecinan, kamu akan dibuat serasa berada di Shangai. Selain bisa menysuri warisan budaya kalian juga bisa mencari wisata kuliner di sekitar sini.


Museum Benteng Vredeburg

jogja
Bnteng Vredeburg yang berada di ujung Jalan Malioboro. (Foto: vredeburg)

Terletaknya di dekat 0 kilometer Yogyakarta, Museum Benteng Vredeburg terdapat banyak miniatur tiga dimensi perjuangan masyarakat Yogyakarta saat berjuang berperang mempertahankan tanah air dari para penjajah.

Pasar Beringharjo

jogja
Pasar Beringharjo yang memberikan pilihan berbelanja murah. (Foto: kartanesia)

Selain berbelanja, pelancong juga dapat menikmati beberapa spot foto mural di Pasar Beringharjo. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta membangun Taman Buruh Gendong. Bertujuan untuk menghormati dan menghargai para buruh gendong yang masih eksis hingga sekarang. (lgi)

Baca Juga:

Menelisik Sejarah Pojok Benteng Yogyakarta

Kredit : leonard


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH