5 Solusi Saat Bayi Pilek

Muchammad YaniMuchammad Yani - Sabtu, 22 Juni 2019
5 Solusi Saat Bayi Pilek
Solusi ketika bayi pilek (Sumber: Pixabay/Victoria_Borodinova)

MESKI sudah melakukan upaya terbaik untuk merawat sang buah hati, bayi masih tetap bisa jatuh sakit karena sistem kekebalan tubuh mereka yang rapuh. Salah satu masalah yang mungkin diderita si kecil adalah hidung tersumbat atau pilek.

Sebenarnya penyakit ini juga sering dialami oleh orang dewasa, namun karena bayi belum bisa mengatasi masalah pernapasannya, mereja jadi mudah kesal dan rewel. Tak hanya itu saja, pola makan dan tidur si bayi juga menjadi berantakan.

Bagi orang tua yang sedang mengalami masalah ini, mungkin bisa ikuti tips dari situs Boldsky.

1. Pakai pelembab udara

Pelembab udara (Sumber: Pixabay/Orca)
Pelembab udara (Sumber: Pixabay/Orca)

Kelembapan adalah sangat bermanfaat untuk membantu hidung tersumbat bada bayi. Oleh karena itu menciptakan suasana lembab di lingkungan bayi sangat membantu. Kamu bisa meletakan pelembab udara di kamar bayi. Cara lainnya letakan seember air hangat di ruangan ketika si kecil tertidur. Air hangat yang menguap kurang lebih memiliki efek sama.

2. Pakai cairan saline

Cairan saline (Sumber: Pixabay/Capri23auto)
Cairan saline (Sumber: Pixabay/Capri23auto)

Saline atau dikenal sebagai larutan garam telah digunakan lebih dari 150 tahun di dunia kedokteran modern. Sifat antibakterinya mampu mengatasi hidung tersumbat, maupun hidung meler juga membunuh bakteri yang menyebabkan batuk serta pilek. Kamu bisa membeli cairan saline atau membuatnya di rumah.

Larutkan seperempat sendok teh garam ke dalam 230 ml air hangat. Aduk rata dan biarkan sampai larut dengan baik dan pada suhu yang tepat. Teteskan dua hingga tiga tetes larutan dan tunggu hingga satu menit. Setelah itu buat bayi tengkurap untuk mengalirkan lendir bersama dengan air garam.

3. Pergunakan ASI

Pakai ASI (Sumber: Pixabay/blankita_ua)
Pakai ASI (Sumber: Pixabay/blankita_ua)

Sejak dahulu kala, ASI memang selalu menjadi senjata pertama para ibu ketika anaknya sakit. Kaya akan antibodi dan nutrisi, ASI tidak hanya membantu memperkuat sistem kekebalan bayi, tetapi juga dapat membantu anak kamu batuk dan pilek. Kamu bisa menggunakan dua atau tiga tetes ASI dan masukan ke rongga hidung bayi. Setelah satu menit tengkurapkan. Cara ini sama seperti menggunakan cairan saline.

4. Pakai Nasal Aspirator

Nasal Aspirator (Sumber: dhgate.com)
Nasal Aspirator (Sumber: dhgate.com)

Nasal Aspirator banyak dijual di toko obat atau apotek. Benda ini sangat tepat untuk menyedot lendir dari hidung si kecil. Cara penggunaannya pun cukup mudah yakni tekan dan tahan bagian penghisapnya, semendara ujung Nasal dimasukan ke hidung sehingga lendir tersedot. Jangan lupa juga mencuci aspirator dengan air hangat dan menjaganya tetap steril.

5. Gunakan minyak kayu putih

Gunakan minyak kayu putih (Sumber: Pixabay/evitaochel)
Gunakan minyak kayu putih (Sumber: Pixabay/evitaochel)

Minyak ini telah digunakan secara tradisional untuk mengatasi masalah, salah satunya hidung tersumbat. Keuntungan menggunakan minyak kayu putih adalah dapat menghangatkan tubuh. Tetapi jangan menggunakan minyak langsung pada tubuh bayi karena baunya mungkin terlalu menyengat. Kamu bisa memilih untuk memercikannya beberapa tetes di atas tempat tidur si kecil.

#Info Kesehatan #Tips Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan