5 Sajian Segar Berbahan Dasar Melon, Pas Banget untuk Berbuka Puasa Buah dengan kandungan air tinggi seperti melon amat baik untuk berbuka. (foto: pixabay/publicdomainimages)

SAAT berbuka puasa, kamu amat disarankan mengonsumsi buah-buahan yang kaya air. Hal itu untuk membantu menghidrasi tubuhmu setelah tak minum seharian. Salah satu buah kaya air yang bisa kamu jadikan pilihan ialah melon.

Biarpun melon sudah nikmat dimakan begitu saja, enggak ada salahnya mengkreasikan melon menjadi sajian minuman nikmat nan segar. Ini ide olahan melon yang nikmat dan segar.


1. Es Melon Selasih

es melon selasih
Es melon selasih. (foto: Instagram @ulik_wydianto)

Olahan ini amat mudah dibuat. Kamu cuma butuh buah melon, sirup melon, nata de coco, selasih, dan es batu.

Kupas melon lalu potong kotak 2cm. Atau kalau punya kerokan bulat untuk buah, kamu bisa menggunakannya biar bentuknya lebih bagus.

Masukkan buah melon yang sudah dipotong ke mangkuk besar. Campur dengan nata de coco, selasih, dan sirup melon. Beri air es dan es batu. Aduk rata. Siap disajikan.

2. Es Melon Serut Jeruk Nipis

es melon serut jeruk nipis
Es melon serut jeruk nipis. (foto: Instagram @coklat_qu)


Perpaduan melon, soda, dan jeruk nipis sudah pasti menyegarkan. Untuk membuat sajian ini, kamu perlu menyerut melon jadi bentuk pipih kecil. Dalam wadah besar, campur serutan lemon dengan air soda lemon (Sprite), sirup melon, dan es batu. Jangan lupa masukkan perasan air jeruk nipis. Segar!


3. Es Jelly Melon

es jelly melon
Es jelly melon. (foto: Instagram @riskadevianti_emphie)


Olahan melon juga bisa jadi kekinian, yakni es jelly melon. Cara membuatnya mudah. Pertama, kamu harus membuat jelly dari jelly instan rasa melon. Setelah jelly mengeras, potong kecil-kecil.

Buatlah susu melon dengan mencampur susu putih biasa dengan sirup melon. kamu bisa pakai cucu cair rasa vanilla atau dari susu bubuk yang dicampur air.

Dalam wadah besar, campur susu melin dan jelly melon. Sajikan dalam gelas atau botol kemasan. Jangan lupa dinginkan dulu es jelly melon sebelum disajikan.

4. Sorbet Melon

melon sorbet
Melon nikmat dibuat sorbet. (foto: Instagram @emtulis)

Sorbet merupakan sajian dingin seperti es krim, tapi tanpa krim. Sorbet dibuat dari puree buah yang dibekukan lalu dilembutkan lagi dengan blender. Pembekuan dan penghalusan bisa dilakukan berkali-kali agar didapat tekstur sorbet yang diinginkan.

Agar rasanya makin nikmat, campurkan sirup melon ke dalam puree buah melon yang kamu buat sorbet.

5. Melon Silky Puding

melon silky pudding
Melon silky pudding. (foto: Instagram @simpletaste.food)


Berbeda dengan puding pada umumnya, tekstur silky puding begitu lembut. Itulah yang bikin puding ini menjadi dessert favorit banyak orang.

Untuk membuatnya, kamu tinggal campur jelly instan tanpa rasa, gula putih, dan maizena, aduk rata. Masukan susu cair dan air putih sesuai takaran puding, aduk rata.

Tambahkan pewarna hijau dan esens melon agar puding tidak terlihat pucat, serta beraroma melon. Jelly rasa melon juga bisa jadi pilihan, tapi kamu tetap perlu menambahkan pewarna makanan hijau supaya tidak pucat.

Masak adonan dengan api sedang sambil diaduk perlahan hingga mendidih. Ketika sudah mulai mendidih, kecilkan api agar tidak meluap. Tunggu sekitar 1 menit dan matikan api. Diamkan sebentar sampai uapnya hilang, tapi jangan sampai mengeras.

Tuang puding ke wadah yang telah disiapkan. Hias puding dengan potongan melon. Masukkan ke lemari es. Sajikan setelah dingin dan menjadi padat.

Wah, segar semua ya.(*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH