5 Rekomendasi Destinasi Wisata di Jalur Selatan Kampung Naga (Sumber: Instagram/amanda.lc)

JALUR Utara atau seting disebut Pantura menjadi favorit banyak pemudik untuk melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman. Sayangnya, karena sangat populer, kemacetan di jalur ini tak bisa dibendung lagi. Setiap tahunnya jalur Pantura tak pernah sepi dari berita kemacetan.

Tapi jangan khawatir, kamu masih bisa menggunakan jalur selatan. Jalur ini memang kerap dijadikan jalan alternatif untuk menghindari kemacetan di Pantura. Selain tidak terlalu macet, kelebihan lain dari jalur selatan adalah banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi untuk melepas lelah.

Berikut ini lima rekomendasi destinasi wisata yang bisa menjadi pilihan pemudik saat melewati jalur selatan.

1. Kawah Putih Ciwidey - Bandung

Kawah Putih Ciwidey (Sumber: Instagram/shawnkid)
Kawah Putih Ciwidey (Sumber: Instagram/shawnkid)

Salah satu destinasi ini sangat populer di Bandung. Kawah Putih merupakan kawah yang dihasilkan dari letusan Gunung Patuha. Ciri khas Kawah putih adalah air yang tidak berwarna bening melainkan putih kebiru-biruan. Warna tersebut bisa berubah tergantung kadar belerang, suhu dan cuaca.

Lokasi Kawah Putih tidak terlalu jauh dari pusat kota Bandung yakni hanya 50 km ke arah selatan. Aksesnya juga lumayan mudah dengan kondisi jalan tanpa lubang. Kamu bisa keluar Pintu Tol Kopo ke arah Soreang, kemudian dilanjut ke arah Ciwidey.

2. Kampung Naga - Tasikmalaya

Kampung Naga (Sumber: Instagram/amanda.lc)
Kampung Naga (Sumber: Instagram/amanda.lc)

Selain bisa melepas lelah selama perjalanan mudik, kamu juga dapat mempelajari budaya tradisiobnal Sunda di Kampung Naga. Kampung yang berada di Tasikmalaya ini memang sangat memegangkuat adat istiadat. Tempat itu bahkan sering dijadikan objek kajian antropologi mengenai kehidupan pedesaat Sunda.

Lokasinya tak jauh dari jalan raya penghubung kota Garut dengan Tasikmalaya. Jarak dari pusat kota Tasikmalaya sekitar 30 km, sementara jarak dari pusat kota Garut sekitar 26 km. Namun, sebelum menuju lokasi kamu harus berjalan kaki lagi sekitar 500 meter.

3. Lokawisata Baturraden - Purwokerto

Baturraden (Sumber: Instagram/faby_yulistyo's profile picture faby_yulistyo)
Baturraden (Sumber: Instagram/faby_yulistyo)

Dari Jawa Barat kita geser sedikit ke Jawa Tengah. Di Purwokerti, terdapat satu lokasi wisata yang sangat digemari oleh para pelancong. Ia adalah Barurraden. Berlokasi di sebelah selatan Gunung Slamet, Baturraden terkenal dengan panorama alamnya yang eksotis.

Baturraden sangat dekat dengan kota Purwokerto yakni hanya 15 km atau ditempuh sekitar 15 menit perjalanan. Selain menyimpan keindahan alam yang luar biasa, Baturraden juga punya pemandian air panas, bumi perkemahan hingga kebun binatan bernama Kaloka Widya Mandala.

4. Pantai di Yogyakarta

Pantai Drini (Sumber: Instagrm/widyanursanti10)
Pantai Drini (Sumber: Instagrm/widyanursanti10)

Yogyakarta adalah daerah selanjutnya yang akan kamu lalui di jalur selatan. Nah, di Daerah Istimewa ini ada banyak bantai yang bisa kamu kunjungi seperti Pantai Nglambor, Pantai Drini, Pantai Ngrenehan dan Pantai Jogan. Kamu tinggal pilih salah satu yang paling dekat dengan jalur mudik.

Pantai-pantai di Yogyakarta punya ciri khas yakni ombaknya yang cukup besar. Selain menikmati pemandangan indah khas pantai selatan, kamu juga bisa bermain air dan pasir atau mencicipi makanan seafood yang dijual di sekitar pantai.

5. Jatim Park - Kota Batu

Jatim Park (Sumber: Instagram/ailsafitriaputri)
Jatim Park (Sumber: Instagram/ailsafitriaputri)

Ada tiga Jatim Park yang masing-masing punya keunggulannya sendiri. Jatim Park 1 adalah taman wisata dengan berbagai wahana permainan seperti spinning coaster dan kolam renang raksasa. Terdapat pula wahana pendidikan seperti Volcano dan Galeri Nusantara.

Sementara untuk Jatim Park 2 atau Batu Secret Zoo lebih seperti kebun binatang. Di sana kita bisa berbagai jenis hewan yang dikoleksi. Sementara Jatim Park 3 mengambil konsep dinosaurus. Kamu bisa belajar tentang kehidupan dinosaurus sambil bermain di wahana tersebut.



Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH