5 Rekomendasi Destinasi Wisata di Bulan Oktober Dieng menjadi salah satu destinasi favorit di Jawa Tengah (MP/Rizki Fitrianto)

ADA banyak destinasi yang bisa kamu kunjungi di bulan Oktober ini. Beberapa dari kamu mungkin sudah menentukan tempat mana yang akan kamu kunjungi, tapi pasti ada juga yang masih bingung kemana tempat asik untuk dikunjungi di bulan Oktober.

Nah, founder marketplace khusus traveling Open-trip.id yang sempat dihubungi merahputih.com memberikan rekomendasi 5 destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di bulan Oktober ini. Apa saja itu?

Baca juga:

Pulau Peucang Surga Kecil di Ujung Kulon

1. Pulau Peucang

Pengunjung sebelum turun di Pulau Peucang, Taman Nasional Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Banten. (Foto: Screenshot Youtube)
Pengunjung sebelum turun di Pulau Peucang, Taman Nasional Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Banten. (Foto: Screenshot Youtube)

Pulau Peucang memang menjadi salah satu destinasi yang terdampak tsunami Banten di tahun lalu. Namun layaknya destinasi lain seperti Anyer dan Tanjung Lesung, Pulau Peucang juga telah bangkit. Kini Pulau Peucang kembali diburu oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Destinasi ini memiliki berbagai daya tarik terutama soal faunanya. Pulau Peucang adalah tempat hidup bagi rusa, banteng Jawa, merak hijau, lutung dan lain sebagainya. Pulau Peucang juga teramat indah dengan hamparan pasir putih dan lautan berwarna hijau sehingga cocok bagi yang ingin melepaskan lelah dari rutinitas sehati-hari.

2. Gunung Parang

Skylodge di Purwakarta. (Istimewa)
Skylodge di Purwakarta. (Istimewa)

Buat yang suka dengan wisata ekstream, mungkin Gunung Parang bisa jadi pilihan. Gunung Parang yang letaknya di Purwakarta itu memiliki ketinggian 930 mdpl. Terdapat bukit batu andesit di sana sehingga membuat gunung ini menjadi tujuan favorit para pemanjat tebing.

Nah, yang menarik di sana terdapat hotel gantung yang digadang-gadang sebagai hotel gantung pertama di Indonesia. Meski terlihat menyeramkan, pihak pengelola menjamin kalau hotel gantung yang dibangun sangat aman. Untuk menginap di sana pengunjung harus merogoh kocek mulai dari Rp3 juta.

Baca juga:

4 Penginapan Anti Mainstream yang Mesti Dikunjungi

3. Labuan Bajo

Labuan Bajo yang indah ternyata memiliki fakta-fakta yang unik (foto: wisataplus.com)
Labuan Bajo yang indah ternyata memiliki fakta-fakta yang unik (foto: wisataplus.com)

Labuan Bajo menjadi salah satu destinasi yang sangat favorit di Indonesia. Di sana kamu bisa mengunjungi kadal terbesar di dunia, komodo. Selain itu ada juga pink beach, sebagai salah satu pantai langka yang ada di dunia. Bosan di daratan, kamu bisa diving dan menikmati hamparan karang di sana.

Aksesnya juga cukup mudah, kamu bisa menuju Labuan Bajo menggunakan pesawat. Jika dari Jakarta bisa berngkat dari Bandara Soekarno Hatta menuju ke Bandara Ngurah Rai. Setelah itu disambung menuju Bandara Komodo.

4. Nusa Penida

Nusa Penida (Foto: Journey Era)
Nusa Penida (Foto: Journey Era)

Nusa Penida adalah pulau yang letaknya di sebelah tenggara Bali. Pulau ini letaknya berdekatan dengan pulau-pulau kecil lainnya seperti Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Nah, bagi yang doyang diving, maka Nusa Penida adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi.

Pusat wisata di Nusa Penida ada di bagian barat seperti Klingking beach dan Broken beach. Tapi bukan berarti destinasi lain tak layak dikunjungi. Si sebelah selatan ada Banah Cliffs, Temeling Natural Pool dan Segaring Waterfall. Sementara di sebelah timur ada Atuh Beach dan Sewehan beach.

5. Dataran Tinggi Dieng

Dieng menjadi salah satu destinasi favorit di Jawa Tengah (MP/Rizki Fitrianto)
Dieng menjadi salah satu destinasi favorit di Jawa Tengah (MP/Rizki Fitrianto)

Rekomendasi terakhir dari Open-Trip.id adalah Dataran Tinggi Dieng. Berada di Banjarnegara, Jawa Tengah, kamu bisa menggunakan kendaraan darat untuk bisa sampai ke sana. Tapi karena aksesnya cukup membingungkan, lebih baik kamu menggunakan jasa agen travel.

Di Dieng kamu bisa mengunjungi berbagai tempat untuk menyaksikan matahari terbenam atau terbit. Nah, jika beruntung akan ada kabut yang menyelimuti Dieng sehingga kamu akan serasa berada di atas awan.

Baca juga:

4 Fakta Unik yang Harus Kamu Tahu Tentang Labuan Bajo

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH