5 Rekomendasi Destinasi Wisata di Boyolali Lembah Gunung Madu (Sumber: Instagram/lembahgunungmadu)

DIAM-diam Boyolali, Jawa Tengah menyimpan banyak sekali destinasi wisata. Beberapa diantaranya masih terbilang baru dan belum banyak diketahui oleh publik, tapi ada juga yang memang sudah ada sejak lama dan cukup populer.

Nah, kali ini Merahputih.com akan memberikan lima rekomendasi tempat wisata yang ada di Boyolali. Jadi ketika kamu sedang berada di sana tak perlu pusing lagi untuk mencari destinasi indah dan layak dikunjungi.

1. Kebun Raya Indrokilo

Kebun Raua Indrokilo (Sumber: Instagram/bintanghr)
Kebun Raua Indrokilo (Sumber: Instagram/bintanghr)

Meski terbilang masih baru, destinasi ini cukup populer terutama di kalangan masyarakat Boyolali dan sekitarnya. Sebenarnya dulu tempat tersebut kerap dijadikan tempat mistis seperti meminta penglaris atau semacamnya. Namun semenjak disulap menjadi kebun raya, hal seperti itu sudah tidak ada lagi.

Selain banyak spot-spot instagramable, di sana juga memiliki fasilitas modern seperti Wifi gratis dan air langsung minum dari kran. Kedepannya pihak Pemba Kabupaten Boyolali juga akan mengadakan acara-acara budaya untuk meramaikan Kebun Raya Indrokilo.

2. Lembah Gunung Madu

Lembah Gunung Madu (Sumber: Instagram/lembahgunungmadu)
Lembah Gunung Madu (Sumber: Instagram/lembahgunungmadu)

Destinasi ini cukup populer di kalangan kawula muda Boyolali. Llembah Gunung Madu memiliki perpaduan keindahan antara untur modern dan alam. Di sana ada banyak spot-spot cantik untuk berfoto. Desainnya pun dibuat sedemikian rupa untuk membuat nyaman para pengunjung.

Menariknya, Lembah Gunung Badu bukan hanya menjadi wisata moderln saja. Di sini kita bisa melihat goa-goa tak terawat bekas masa penjajahan dulu. Konon goa itu dibuat oleh masyarakat Boyolali untuk menghindari kejaran tentara Jepang.

3. Candi Lawang

Candi Lawang (Sumber: Instagram/panggihprast)
Candi Lawang (Sumber: Instagram/panggihprast)

Salah satu candi yang cukup terkenal di Boyolali adalah Candi Lawang. Candi yang tidak terlalu besar ini memiliki usia sekitar 750-800 Masehi. Hal itu diketahui dari karakteristik bagunan. Sementara berdasarkan dari penemuan Yoni, diperkirakan candi tersebut dibangun pada masa kerajaan Hindu.

Candi Lawang sebenarnya lebih layak disebut kompleks candi karena banyaknya candi. Bagi yang senang dengan wisata sejarah tentunya tidak akan melewatkan untuk datang ke tempat ini. Bahkan beberapa pasangan juga sengaja datang untuk melakukan foto prewedding di Candi Lawang.

4. Oemah Bamboo

Oemah Bamboo (Sumber: Instagram/oemahbamboomerapi)
Oemah Bamboo (Sumber: Instagram/oemahbamboomerapi)

Ada sebuah spot menarik untuk menikmati indahnya Gunung Merbabu dan Merapi. Bernama Oemah Bamboo, tempat ini banyak dikunjungi kawula muda, bahkan dari luar Boyolali. Di sini ada banyak spot cantik yang bisa dijadikan latar foto. Misalnya saja menara setinggi 10 meter yang bisa kamu panjat.

Meski hampir semua bangunan terbuat dari bambu, jangan takut roboh. Karena dalam sekali waktu bangunan ini mampu menampung 80 hingga 100 orang. Suasana yang cukup sejuk juga menjadi alasan lain mengapa tempat ini sangat digemari.

5. Umbul Tirto Mulyo

Umbul Tirto Mulyo (Sumber: Instagram/jeebolank)
Umbul Tirto Mulyo (Sumber: Instagram/jeebolank)

Destinasi ini sebelumnya sangat tidak terawat. Namun semenjak ada investor masuk, Umbul Tirto Mulyo menjadi salah satu destinasi andalan di Boyolali. Seperti namanya, tempat ini memiliki mata air yang keluar dari dalam tanah. Konon, siapa yang mandi di sana maka ia akan awet muda.

Satu hal yang tidak dimiliki pemandian mata air lainnya adalah desain bangunan dengan konsep kerajaan Jawa Kuno. Saat pertama kali masuk ke tempat ini, kita seakan dibawa melintasi ruang dan waktu. Oh iya mensi tida terlalu luas jangan takut airnya kotor, karena memang selalu mengalir dan berganti baru.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani