5 produsen Mobil yang Berkontribusi di Perang Dunia Banyak produsen mobil ikut andil di perang dunia (Sumber: Blog Dodge)

PERANG dunia pastinya membawa perubahan dari sektor manapun. Beberapa diantaranya mengalami kemunduran, tapi ada pula yang malah berkembang. Contohnya industri otomotif. Dilansir dari laman hot cars, mobil memiliki peran penting dalam perang dunia karena membantu mempersingkat waktu perjalanan.

Tak sedikit produsen mobil yang kamu kenal sekarang turut andil di perang dunia. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

Baca juga: Lomba 17 Agustusan yang Unik dan Menghibur

1. Rolls-Royce

Rolls Royce (foto: Pinterest/OatMealMu)
Rolls Royce (foto: Pinterest/OatMealMu)

Perusahaan ini berkonribusi membuat kendaraan utama untuk pasukan Inggris dalam Perang Dunia Satu dengan sedikit memodifikasi di kendaraannya. Ia juga membuat kendaran berlapis baja dan senapan mesin di atasnya. Tidak hanya itu, Rolls-Royce beberapa kali menciptakan mesin pesawat terbang.

2. Renault

Tank Ringan Milik Renault (foto: World War Photos)
Tank ringan milik Renault (foto: World War Photos)

Renault mempunyai dampak besar pada Perang Dunia pertama ketika mereka mengubah fungsi taksi yang mereka miliki di Paris menjadi angkutan bagi para tentara. Dengan begitu mereka sudah membantu melawan serangan dari Jerman di Perang Marne pada tahun 1914. Renault juga berhasil membuat tank. Meski tidak berlapiskan baja, bobotnya yang lebih ringan membuat mereka mudah untuk bermanuver.

Baca juga: Kerja Sama Razer dan Nio Ciptakan Mobil SUV Impian Para Gamer

3. Ford

Ford identik dengan truk ambulannya (foto: Pinterest/Carsten Riedel)
Ford identik dengan truk ambulannya (foto: Pinterest/Carsten Riedel)

Pertama kali Ford memproduksi sebuah Traktor, truk, dan kendaraan lainnya pada Perang Dunia Satu. Kebanyakan mobil Ford digunakan untuk membantu para tentara yang terluka. Nampaknya Ford tidak hanya ingin seperti itu saja, mereka mencoba membuat tank ringan tetapi tidak bisa mengalahkan buatan Renault. Sehingga kontrak mereka dengan Amerika dibatalkan dengan membuat beberapa tank saja.

4. Chevrolet

Salah Satu Mobil Pemadam Dari Chevrolet (foto: Vehicle of Victory)
Salah Satu Mobil Pemadam Dari Chevrolet (foto: Vehicle of Victory)

Chevrolet merupakan anak perusahaan dari General Motors (GMC). Chevy memiliki tanggung jawab untuk membuat truk pemadam kebakaran selama perang berlangsung. Mereka ditugaskan untuk menciptakan mobil pemadam kelas 110 dan kelas 135. Selain itu mereka juga membuat kendaraan lapis baja yang digunakan oleh pasukan Inggris. Terhitung selama kedua Perang Dunia mereka sudah menghasilkan sebanyak 450.000 kendaraan.

5. Dodge

Dodge Identik Dengan Mobil Yang Bisa Melewati Berbagai Medan (foto Blog Dodge)
Dodge Identik Dengan Mobil Yang Bisa Melewati Berbagai Medan (foto: Blog Dodge)

Selama Perang Dunia Kedua Dodge telah berhasil membuat sekitar 400.000 truk dengan berbagai ukuran dan berat. Mereka membuat kendaraan tersebut untuk berbagai keperluan selama perang berjalan. Dodge lebih sering membuat kendaraan yang tangguh sehingga bisa melewati segala jenis medan, dan memiliki kapasitas muatanbesar. (ape)

Baca juga: Sambut 17 Agustus, PUBG Buat Penggalangan Dana untuk Veteran


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH