5 Phobia yang Jarang Diketahui Phobia yang jarang diketahui orang (Foto: pexels/Kat Jayne)

MEMILIKI rasa takut akan sesuatu merupakan hal yang normal. Semua orang pastinya memiliki ketakutan yang berbeda-beda. Terkadang, rasa ketakutan tersebut susah diungkapkan atau dideskripsikan menggunakan kata-kata.

Melansir laman Medical News Today, rasa takut yang berlebihan dengan alasan ekstrem biasanya disebut phobia. Biasanya phobia disebabkan karena trauma pada masa lalu. Mungkin kamu sudah mengetahui bahwa banyak orang yang memiliki phobia terhadap ketinggian ataupun ruang yang sempit.

Baca juga:

4 Aturan Ekstra Ketat yang Wajib Dipatuhi Anak Presiden AS

Selain dua phobia itu, ternyata masih banyak lho phobia yang sangat jarang diketahui kebanyakan orang. Mau tau apa saja? Simak ulasan berikut ini.

1. Xanthophobia

Xanthophobia
Xanthophobia adalah phobia terhadap warna kuning (Foto: pexels/Lisa Fotios)


Xathophobia adalah phobia terhadap warna kuning ataupun jika mendengar kata ‘kuning’. Sampai saat ini masih belum diketahui kenapa orang yang memiliki phobia ini begitu ketakutan dengan sesuatu yang berhubungan dengan kuning. Biasanya orang dengan xathophobia akan kecemasan dan ketakutan sehingga merasa mual ataupun jijik.


2. Haphephobia

Haphephobia
Haphephobia adalah rasa ketakutan berlebihan jika disentuh secara fisik (Foto: pexels/fauxels)


Tak jauh berbeda dari phobia sebelumya, phobia ini juga jarang diketahui banyak orang. Haphephobia adalah phobia yang akan merasakan ketakutan jika disentuh. Meskipun tersentuh dengan tidak sengaja, namun sentuhan fisik tersebut dapat menyebabkan serangan panik. Phobia ini bisa saja terjadi karena orang tersebut ingin melindungi dirinya dari apapun yang dianggapnya tidak bersih ataupun karena trauma.

Baca juga:

Keren, 5 Planet Ini Bisa Dilihat dengan Mata Telanjang dari Bumi


3. Ergophobia

Ergophobia
Ergophobia adalah phobia terhadap kerjaan (Foto: pexels/energicpic)


Phobia yang satu ini mungkin akan menyulitkan dirinya sendiri ataupun orang terdekatnya. Kenapa? karena ergophobia adalah phobia yang merasa takut jika ada pekerjaan ataupun bekerja menjadi karyawan seperti pada umumnya.

Orang yang memiliki ergophobia cenderung merasa cemas dan ketakutan luar biasa jika harus berkegiatan dalam lingkungan pekerjaan seperti ruang kantor. Phobia ini jika tidak di atasi dengan baik tentunya akan merugikan diri sendiri karena bisa mempengaruhi kinerjanya dalam memenuhi kebutuhan hidup.

4. Ambulophobia

Ambulophobia
Ambulophobia adalah rasa takut yang timbul jika harus berjalan (Foto: pexels/pille kirsi)


Ambul berasal dari bahasa Latin yang berarti jalan. Ambulophobia adalah phobia ketika seseorang merasa sangat takut jika harus berjalan. Orang yang memiliki phobia ini kerap menolak untuk berjalan.

Jika terpaksa ia membutuhkan tongkat untuk membantunya berjalan ataupun bergerak. Ketakutannya berupa berjalan di permukaan jalan yang rata maupun tidak rata. Terutama jika harus jauh dari rumah, orang tersebut akan merasa sangat tidak aman.

5. Anemophobia

Anemophobia
Anemophobia adalah phobia terhadap udara (Foto: pexels/Kelvin Valerio)


Pada dasarnya manusia membutuhkan udara untuk bernapas. Lantas, bagaimana dengan orang yang phobia terhadapa udara? Itulah yang terjadi pada penderita anemophobia, dimana orang tersebut merasa takut dengan udara. Tentunya akan sangat mematikan jika tidak di atasi dengan cepat karena orang yang menderita phobia ini juga merasakan sulit untuk bernafas. (Bel)

Baca juga:

Tanda Fisik Ini Menunjukkan Kamu Sedang Mengalami Stres Level Tinggi!


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH