5 Perubahan Kehidupan Kerajaan Inggris Dahulu Vs. Sekarang Ratu dan Anggota Keluarga Kerajaan Inggris. (Foto Purewow.com)

JIKA dibandingkan dengan masa pemerintahan Ratu Elizabeth pada tahun 1952 lalu, keluarga kerajaan Inggris saat ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Beberapa aturan ketat telah diubah atau dilonggarkan. Anggota keluarga kerajaan dari generasi yang lebih muda terus menyisipkan elemen-elemen modernisasi ke dalam kehidupan kerajaan di masa kini.

Berikut adalah perubahan-perubahan dari kehidupan kerajaan Inggris dari dulu sampai sekarang.


Baca Juga: Fakta Tak Terungkap Pola Makan Anggota Kerajaan Inggris, Nomor 3 Terbayang Hambarnya Enggak?


1. Larangan menikah lagi

kerajaan
Wallis Simpson dan Raja Edward VIII. (Foto NPR.com)

Dahulu kala, gereja di Inggris melarang masyarakatnya untuk menikah lagi setelah bercerai jika mantan pasangannya masih hidup. Kemudian, aturan itu dilanggar oleh Raja Edward VIII sehingga menciptakan salah satu skandal kerajaan Inggris terbesar sepanjang masa.

Raja Edward VIII jatuh cinta kepada seorang janda berkewarganegaraan Amerika Serikat bernama Wallis Simpson dan berniat ingin menikahinya. Karena aturan yang berlaku pada Church of England, Edward tidak bisa tetap memerintah sebagai raja jika ingin menikahi Simpson. Akhirnya, pada 10 Desember 1936, Raja Edward VIII mengundurkan diri sebagai raja demi menikahi perempuan yang ia cintai meskipun saat itu Simpson masih belum bercerai dengan suaminya.

Wallis Simpson dianggap tidak cocok secara politik maupun sosial karena telah gagal dalam dua pernikahan, apalagi kedua mantan suami Wallis masih hidup. Simpson sebelumnya telah menikahi Earl Winfield Spencer Jr., dan kemudian bercerai dan menikahi Ernest Aldrich Simpson. Ketika masih menjadi istri Ernest, Wallis jatuh cinta dengan Edward yang kemudian langsung mengurus perceraiannya segera setelah Edward mengundurkan diri sebagai raja.

Sejak saat itu, larangan menikah sebelum mantan suami atau istri meninggal dihapus di Inggris yang mana membuka jalan bagi kisah cinta pangeran Harry dengan Meghan Markle yang juga seorang janda.

2. Persalinan di rumah

kerajaan
Prince William dan Kare Middleton ketika memperkenalkan bayinya di rumah sakit. (Foto people.com)

Pada zaman dahulu, Ratu Elizabeth melahirkan keempat anak-anaknya yaitu Prince Charles, Princess Anne, Prince Andrew, dan Prince Andrew di istana Buckingham.

Pada 21 Juni 1982, Prince William menjadi pewaris langsung pertama takhta yang lahir di rumah sakit. Kini, para anggota keluarga kerajaan melakukan proses bersalin di rumah sakit. Pada April 2018 lalu, stylist Kate Middleton mendatangi rumah sakit tempat Kate bersalin untuk menyiapkan penampilan Kate ketika menghadapi para fotografer yang telah menunggu di depan rumah sakit.


3. Pemberitahuan kelahiran di gerbang istana

kerajaan
Pemberitahuan kelahiran Pangeran Andrew pada tahun 1960. (Foto Surrey Live)

Informasi dan berita mengenai kelahiran anggota keluarga kerajaan dulu diumumkan lewat buletin yang dipajang di pagar istana Buckingham. Dilansir dari insider.com, ketika Ratu Elizabeth melahirkan Pangeran Andrew pada 1960, pengawas istana memajang buletin di pagar ketika ada sekitar 2 ribu orang yang menunggu di luar gerbang untuk mendapatkan kabar gembira tersebut.

Saat ini, selain buletin di gerbang, pemberitahuan tentang kelahiran juga diunggah lewat platform Twitter dengan akun official Kensington Palace.

Baca Juga: Keseharian Pewaris Kerajaan Inggris


4. Anak laki-laki lebih diutamakan

kerajaan
Putri Charlotte mencium Pangeran Louis. (Foto express.co.uk)


Biasanya, garis suksesi takhta di Kerajaan Inggris lebih mengutamakan anak laki-laki daripada anak perempuan. Aturan yang diregulasikan oleh parlemen ini dulu mengatakan bahwa meskipun anak perempuan lebih tua, tetapi anak laki-laki tetap memiliki garis suksesi tahta lebih tinggi.

Pada tahun 2015, aturan ini diubah. Tadinya sebelum perubahan ini, anak laki-laki termuda dari Pangeran William dan Kate Middleton harusnya mendapatkan urutan tahta lebih dulu daripada kakak perempuannya Putri Charlotte. Setelah ada regulasi ini, Putri Charlotte kini menduduki urutan keempat dan Pangeran Louis ada pada urutan kelima.


5. Membungkuk hormat pada keluarga kerajaan

kerajaan
Kate Middleton membungkuk pada Ratu Elizabeth II. (Foto The Cheat Sheet)

Dilansir dari royal.uk, sesungguhnya tidak ada aturan tertulis membungkuk ketika bertemu Ratu atau anggota keluarga Kerajaan Inggris. Namun banyak orang yang masih menggunakan sapaan tradisional dengan membungkuk.

Victoria Arbiter, ahli keluarga kerajaan mengatakan bahwa jika bertemu dengan Ratu, kamu pastinya ingin membungkuk hormat. Tetapi generasi yang lebih muda biasanya lebih santai untuk urusan sapaan sampai membungkuk. (shn)

Baca Juga: Mengintip Tempat Tinggal Keluarga Kerajaan Inggris


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH