5 Perempuan Hebat di Tahun 2019 Christina Koch yang punya rekornya sendiri. (Foto: NASA)

MASUK tahun baru, tentunya kita memiliki daftar resolusi yang ingin kita capai atau lakukan untuk meningkatkan kualitas hidup kita.

Untuk menambahkan semangat para perempuan dalam menjalani kehidupan di dekade yang baru, berikut merupakan 5 perempuan hebat yang berhasil memecahkan rekor dunia di tahun 2019.

Baca Juga:

Tren Stylish di Red Carpet Golden Globe 2020


1. Terlama di luar angkasa

christina koch perempuan terlama di angkasa
Christina Koch akan menjalankan misi perempuan pertama sendirian di angkasa luar (Foto: NASA)

Christina Koch, astronot asal Amerika Serikat berhasil memecahkan rekor dunia yaitu menjadi perempuan yang berada di luar angkasa terlama. Dilansir dari Independent, Koch menghabiskan waktu 289 hari mengalahkan Peggy Whitson yang menghabiskan 288 hari di luar angkasa.

2. Perempuan pertama yang memenangkan Abel Prize

abel prize
Menangkan Abel Prize, pertama untuk perempuan. (Foto: Princeton University)

Pada bulan Maret lalu, Karen Uhlenbeck yang merupakan seorang profesor di University of Texas berhasil menjadi perempuan pertama yang memenangkan hadiah EUR530 ribu Abel Prize. Abel Prize merupakan penghargaan yang diibaratkan sebagai Nobel Prize dalam dunia permatematikaan. Karen dianggap berkontribusi dalam membuka pandangan baru dalam dunia matematika dan dikenal sebagai pejuang kesetaraan gender di dunia sains dan matematik.

3. Dapat BAFTA, Golden Globes, dan Grammy di tahun yang sama

lady gaga dapatkan BAFTA, Golden Globes, dan Grammy
Lady Gaga dan Bradley Cooper. (foto: oscar.org)

Dilansir dari metro.co.uk, Lady Gaga berhasil menjadi perempuan pertama, dan orang kedua yang memenangkan piala Oscar, Grammy, BAFTA, dan Golden Globe di tahun yang sama setelah Audrey Hepburn.

Gaga telah memenangkan kategori best film music di Penghargaan BAFTA, best original song di Golden Globes, dan dua piala Grammy untuk kategori best pop duo/group performance dan best song written for visual media.

Baca Juga:

Awkwafina Catat Rekor di Golden Globe 2020

4. Menangkan lomba lari sambil menyusui anaknya

jasmin paris
Jasmin Paris dan anaknya. (Foto: GearJunkie)


Dilansir dari Runner's World, Jasmin Paris berhasil memenangkan 286-mile Spine Race yang dikenal sebagai perlombaan lari paling brutal di Inggris. Selain menjadi perempuan pertama yang memenangkan pertandingan tersebut, Paris juga menjadi orang tercepat yang menyelesaikan lomba sepanjang sejarah dengan waktu 83 jam, 12 menit, dan 23 detik. Hebatnya lagi ia berlari sambil menyusui anak perempuannya.


5. Perempuan berkulit hitam pertama menang Piala Oscar

hannah beachler
Hannah Beachler memegang piala Oscarnya. (Foto Oscar)

Dalam film Black Panther, Hannah Beachler berhasil menjadi perempuan berkulit hitam pertama yang memenangkan piala Oscar dalam kategori Production Design. Los Angeles Times juga menyatakan bahwa Beachler merupakan perempuan berdarah Afrika-Amerika pertama yang pernah dinominasikan dalam kategori tersebut. (shn)


Baca Juga:

Bong Joon-ho, Paling Dicari saat Pesta Golden Globe


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH