5 Penjara Paling Nyaman di Dunia Tidak selamanya penjara terkesan kumuh. Beberapa negara membangun penjara berkualitas hotel. (Foto: architecturenorway)

Apa yang terpikir di benak Anda saat mendengar kata "penjara"? Pasti Anda akan langsung berpikir tempat berterali besi yang kumuh dan kejam. Hal tersebut menjadi demikian karena penjara memang dibangun untuk membuat para kriminal jera. Akan tetapi, beberapa negara di belahan dunia malah membangun penjara senyaman mungkin, dengan bangunan dan interior yang bagus. Tidak percaya? Berikut lima penjara "nyaman" di seluruh dunia.

1. Halden (Norwegia)

Di Penjara Halden Anda bisa menemukan tempat makan untuk para narapidana layaknya restoran (Foto: designandviolence)

Lokasi tepatnya berada di dekat perbatasan Swedia, yakni di kota Halden, Norwegia. Penjara Halden menjadi rumah tahanan paling nyaman di dunia. Penjara ini dibangun selayaknya hotel bintang 4. Kantin tempat para narapidana makan pun juga didesain seperti sebuah restoran. Tak hanya itu, para narapidana juga diperlakukan layaknya manusia oleh para penjaga penjara. Terdapat dapur juga untuk para narapidana yang ingin memasak. Wow!

2. Champ-Dollon (Swiss)

Sebelumnya bui ini dibangun biasa saja. Pada tahun 2008, penjara ini mengalami perubahan drastis layaknya hotel bintang 3 (Foto: lenouvelliste)

Penjara yang satu ini berlokasi di Jenewa, Swiss. Di sini, para narapidana akan merasakan sensasi menginap seperti di hotel bintang 3. Namun, penjara ini tidak langsung dibangun bagus pada awalnya. Dahulu, populasi narapidana di penjara ini begitu padat, sehingga membuat banyak virus penyakit tersebar di area bui ini. Pada tahun 2008, penjara direnovasi dan dibangun menjadi sangat nyaman.

3. Otago Corrections Facility (Selandia Baru)

Selain memiliki kamar penjara yang nyaman, penjara ini juga menawarkan kelas keterampilan gratis kepada para narapidana (Foto: pinterest)

Lanjut ke kawasan Oseania, di Selandia baru juga ada hotel prodeo yang nyaman. Adalah penjara Otago, yang terletak di Milburn, Otago, Selandia Baru. Kamar penjara di sini terlihat seperti sebuah apartemen. Lebih lanjut, penjara ini juga menawarkan kelas keterampilan secara cuma-cuma kepada para narapidana, seperti memasak. Selain jera, para narapidana akan menjadi terampil dan siap bekerja saat bebas nanti.

4. Bastoy (Norwegia)

Berbeda dari penjara nyaman lainnya, Penjara Bastoy ibarat paket liburan ke pulau bagi para narapidana. Penjara ini terletak di sebuah pulau di lepas pantai Oslo (Foto: amusingplanet)

Norwegia juga punya penjara nyaman bernama Bastoy. Penjara di sini seakan menawarkan paket liburan ke pulau kepada para narapidana. Bagaimana tidak, penjara tersebut berada di Pulau Bastoy, sekitar 75 km di selatan Oslo. Banyak para narapidana di sini berjemur di bawah matahari seakan mereka sedang berlibur, bukan dihukum penjara. Bisa dibilang, para narapidana di sini seperti liburan eksklusif karena satu pulau ini dikhususkan untuk Penjara Bastoy.

5. Her Majesty's Prison Addiewell (Skotlandia)

Penjara ini menawarkan 40 jam kelas keterampilan dalam satu minggu (Foto: indiatimes)

Dari namanya saja penjara ini sudah terlihat menawarkan tempat yang nyaman. Her Majesty's Prison (HMP) Addiewell terletak di Skotlandia Utara. Bisa dibilang penjara ini seperti sebuah kampus, karena menawarkan banyak kelas keterampilan dan lokakarya untuk para narapidana. Setiap minggu, penjara ini menawarkan 40 jam pelajaran untuk membangun keterampilan para narapidana. Sel narapidana pun senyaman kamar hotel.

Itulah lima penjara nyaman yang ada di dunia. Semenarik apa pun penjaranya, kebebasan tetap tidak tergantikan. Ditambah, catatan kriminal yang mencoreng nama baik, mempersulit dalam mendapatkan pekerjaan yang bagus.
Baca juga artikel mengenai 4 Hotel Dunia yang Dibangun secara Unik.

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

YOU MAY ALSO LIKE