5 Penemuan Unik dan Inovatif Ini Diciptakan dari Kreativitas Anak-Anak Hasil karya anak-anak yang inovatif dan unik (Foto: InventorsProject.co.uk)

SIAPA bilang kalau penemuan hanya bisa ditemukan oleh para ilmuwan yang sudah berumur lebih dari 40 atau bahkan 60 tahun? Inovasi juga bisa dibuat oleh anak-anak lho. Ide ini dimulai dari seorang desainer dan penemu di Inggris, Dominic Wilcox. Proyek yang disebut Inventors oleh Wilcox ini merupakan ajang yang mengajak lebih dari 450 anak untuk menciptakan ide-ide brilian mereka. Sebagaimana ide-ide kreatif mereka nantinya akan diimplementasikan di dunia nyata. Yuk intip apa saja penemuan unik dan inovatif yang mereka buat!

1. Ezy Slice Fryer (Instant Fries)

5 Penemuan Unik dan Inovatif Ini Diciptakan Oleh Kreativitas Anak-Anak
Alat pemotong dan penggoreng kentang goreng unik karya anak 11 tahun (Foto: InventorsProject.co.uk)

Ide yang dibuat oleh Isaac Dawson yang berumur 11 tahun ini membuat sebuah alat yang mampu membuat kentang goreng secara instan. Dengan bantuan dari desainer 3D Andy Mattocks dari pihak Inventors, kreasi Isaac ini dibuat menjadi sebuah prototipe layaknya alat yang bisa digunakan secara nyata.

Alat ini ditujukan untuk mampu memotong kentang menjadi potongan kentang goreng layaknya kentang McDonald's yang bisa langsung dinikmati tanpa harus ribet dengan menggorengnya di kompor. Karena, bentuknya yang kecil dan mudah digunakan alat ini memungkinkan untuk bisa dibawa kemana saja.

2. Food Cooler Fork

5 Penemuan Unik dan Inovatif Ini Diciptakan Oleh Kreativitas Anak-Anak
Garpu pendingin makanan karya anak berumur 6 tahun (Foto: InventorsProject.co.uk)

Food Cooler atau istilahnya pendingin makanan ini ditujukan untuk mereka yang tidak bisa memakan makanan yang panas. Ilustrasi yang dibuat oleh Ameliya Liddle (6 tahun) ini ialah garpu atau sendok yang dibentuk sedemikian rupa hingga bisa memuat kipas didalamnya.

5 Penemuan Unik dan Inovatif Ini Diciptakan Oleh Kreativitas Anak-Anak
Bentuk 3D karya unik garpu pendingin makanan (Foto: InventorsProject.co.uk)

Kipas yang dimaksud ialah menjadi alat makan itu sendiri, sehingga ketika kipas bergerak atau dinyalakan bisa meniupkan angin layaknya kita meniup makanan saat makanan tersebut sedang dalam kondisi panas. "Konsep yang diterapkan adalah sama halnya ketika kita hendak memakan makanan yang panas namun kita meniupnya." ucap Andy Mattocks.

3. Pringles Hook

5 Penemuan Unik dan Inovatif Ini Diciptakan Oleh Kreativitas Anak-Anak
Desain karya unik penarik Pringles (Foto: InventorsProject.co.uk)

Pringles Hook merupakan sebuah alat yang ditujukan saat kita memakan makanan ringan Pringles. Karya yang dibuat oleh Georgia Dinsley (11 tahun) terinspirasi ketika ia kesulitan saat memakan bagian Pringles yang sudah mencapai bawah atau hampir habis.

5 Penemuan Unik dan Inovatif Ini Diciptakan Oleh Kreativitas Anak-Anak
Ilustrasi karya unik penarik pringles (Foto: InventorsProject.co.uk)

Karena kemasan Pringles berbentuk tabung yang kecil. Membuat kita pada saat mencapai titik tertentu untuk menghabiskannya, kita akan semakin sulit untuk mengambil bagian tersebut. Dan satu-satunya cara adalah memiringkan bagian kemasan atau membaliknya yang membuat remah-remah Pringles berantakan keluar. "Saya kesulitan untuk mengeluarkan Pringles yang sudah mulai habis, dan ini adalah obat untuk menghentikan permasalahan itu" ujar Georgia Dinsley.

4. Family Scooter

5 Penemuan Unik dan Inovatif Ini Diciptakan Oleh Kreativitas Anak-Anak
Scooter unik keluarga karya anak berumur 9 tahun (Foto: InventorsProject.co.uk)

Berkeliling dengan skuter menjadi hal yang asyik dan menyenangkan ketika dilakukan bersama dengan anggota keluarga. Karya yang dibuat oleh Wendy Ridley (9 tahun) memiliki keunikan dimana empat skuter disambung menjadi satu. "Hal ini akan menjadi lebih menyenangkan jika dilakukan bersama keluarga besar", ujar Wendy Ridley.

5. Tooth-o-matic

5 Penemuan Unik dan Inovatif Ini Diciptakan Oleh Kreativitas Anak-Anak
Sikat gigi unik dengan pasta gigi didalamnya buatan anak berumur 12 tahun (Foto: InventorsProject.co.uk)

Ide dari Henry Hughes (12 Tahun) membuat sebuah sikat gigi elektronik mungkin perlu menambahkan fitur yang dibuat olehnya. Karena, kita tidak perlu lagi menuangkan pasta gigi ke sikat gigi. Karena, Tooth-o-matic yang dibuat oleh Henry ini sudah tersedia pasta gigi didalam sikat giginya hanya dengan satu kali tombol !

Jika kelima kreasi ini menjadi barang yang diimplementasikan untuk kehidupan nyata. Apakah anda tertarik untuk membeli salah satu dari karya unik buatan anak-anak ini? (riq)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH