5 Pembelian NFT Termahal di Dunia, Sampai Rp 1 triliun

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Senin, 17 Januari 2022
5 Pembelian NFT Termahal di Dunia, Sampai Rp 1 triliun
Human One karya Beeple. (Foto: Forbes)

NON Fungible Token (NFT) menjadi topik yang hangat dibicarakan belakangan ini, salah satunya berkat foto selfie dari pemuda asal Indonesia, Ghozali. Konsisten foto selfie selama 2017-2021, foto yang diberi nama Ghozali Everyday ini terjual hingga miliaran rupiah di marketplace OpenSea.

NFT yang sebenarnya sudah ada sejak 2014 merupakan sebuah teknologi kripto, semacam sertifikat digital yang menyatakan kepemilikan sebuah karya berupa foto, video, atau bentuk virtual lainnya. Selain foto Ghozali, berikut lima NFT yang pernah terjual dengan harga fantastis.

Baca juga:

Ghozali Everyday Jual Foto Selfie NFT, Harga Tertinggi Rp 3 Triliun

1. The Merge

5 Pembelian NFT Termahal di Dunia, Sampai Rp 1 triliun
The Merge karya Pak. (Foto: Bitcoin, Ethereum, NFTs, DeFi, and ICOs)

The Merge karya seniman bernama Pak, menjadi karya NFT termahal sepanjang 2021 karena terjual sebesar USD 91,8 juta atau sekitar Rp 1,3 triliun. Pak menjadi salah satu seniman digital terbaik di NFT karena banyak menciptakan karya seni yang ikonik. Namun dari seluruh karya NFT, The Merge menjadi yang paling kreatif. The Merge adalah kumpulan 'massa' yang bisa dibeli orang. Semakin banyak orang menghabiskan, semakin besar pula 'massa' mereka.

2. Everyday: The First 5000 Days

5 Pembelian NFT Termahal di Dunia, Sampai Rp 1 triliun
Terjual dengan harga Rp 987 miliar. (Foto: BBC)

Peringkat kedua penjualan NFT termahal ditempati oleh gambar digital Everyday: The First 5000 Days yang pada Maret 2021 terjual dengan harga USD 69 juta atau sekitar Rp 987 miliar.

The First 5000 Days terjual di rumah lelang Christie's dan merupakan karya dari Mike Winkelmann atau lebih dikenal dengan Beeple. Beeple termasuk seniman termahal dalam hal harga lelang. Karyanya dibeli oleh seorang investor cryptocurrency yang berbasis di Singapura.

3. Beeple's Human One


Satu lagi karya Beeple yang paling mahal sebagai barang NFT, yakni Human One yang terjual USD 28,9 juta atau sekitar Rp 426 miliar pada November 2021 di rumah lelang Christie's. Karya seni ini menampilkan seorang astronot yang tampak selamanya berjalan melewati dunia yang samar-samar.

Tak hanya itu, NFT ini juga menampilkan avatar virtual yang akan terus berubah selama bertahun-tahun. Beeple mengatakan ia akan terus memperbarui avatar tersebut selama ia masih hidup.

Baca juga:

Album Debut Matter Mos 'Pronoia' Bakal Hadir dalam Bentuk NFT

4. CryptoPunk #7523

5 Pembelian NFT Termahal di Dunia, Sampai Rp 1 triliun
Bagian dari CryptoPunk Alien dan satu-satunya yang menggunakan masker. (Foto: U.Today)

NFT termahal selanjutnya adalah CryptoPunk #7523 yang terjual seharga USD 11,75 juta atau sekitar Rp 168 miliar. NFT ini merupakan bagian dari CryptoPunk Alien dan satu-satunya yang menggunakan masker. NFT ini memiliki beanie merah, anting emas, dan masker wajah. Aksesori itu dikombinasikan dengan kulit alien yang langka.

5. CryptoPunk #3100

5 Pembelian NFT Termahal di Dunia, Sampai Rp 1 triliun
CryptoPunk #3100 karya Larva Labs. (Foto: Larva Labs)

CryptoPunk #3100 menjadi salah satu NFT yang paling dicari. Penampakan warna kulitnya biru-kehijauan mirip seperti Squidward, karakter gurita dalam kartun SpongeBob Squarepants. Karya digital ini terjual dengan harga USD 7,58 atau sekitar Rp 108 miliar pada 11 Maret 2021. (and)

Baca juga:

Bagaimana Cara Mendapat Keuntungan dari NFT?

Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan