5 Pekerjaan Berikut Gak Harus Punya Pengalaman, Mau Coba? Ada banyak pekerjaan yang tak memerlukan pendidikan formal. (Foto: Pexels/Lukas)

ADA banyak lapangan pekerjaan di Indonesia ini untuk kamu yang ingin mendapatkan uang saku agar tidak perlu meminta ke orang tua. Walaupun banyak yang memerlukan pendidikan khusus seperti sarjana, tetapi beberapa pekerjaan tidak memerlukannya, bahkan kamu bisa bekerja sebagai profesi ini hanya dengan lulus sekolah.

Melansir laman Money Crashers, lima pekerjaan ini ternyata tidak membutuhkan pengalaman khusus. Kamu bisa mencoba mengambil kesempatan ini untuk kamu yang ingin mencari modal untuk kuliah atau pun menikah.

1. Kurir surat

Memerlukan SIM untuk menjadi kurir surat. (Foto: Pexels/rawpixel.com)
Memerlukan SIM untuk menjadi kurir surat. (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Dengan memiliki surat izin mengemudi saja, kamu bisa bekerja sebagai profesi ini. Beberapa hal penting yang harus kamu miliki adalah komunikasi dan fleksibilitas untuk bekerja full time. Dengan kegigihan, kamu juga bisa mendapatkan pangkat yang lebih tinggi dari sekedar kurir surat.

Baca Juga: Ini 5 Alasan Mengapa Kamu Sering Menunda-nunda Pekerjaan


2. Sopir ojek online

(Trivia 2) Menjadi Supir Ojek Online, Hanya Memerlukan Kendaraan dan SIM (Foto Pexels Peter Fazekas)
Menjadi supir ojek online hanya memerlukan kendaraan dan SIM. (Foto: Pexels/Peter Fazekas)

Jika kamu memiliki modal yang cukup seperti kendaraan dan surat izin berkendara, kamu bisa mencoba untuk meraup keuntungan menjadi supir ojek online.


3. Satpam

(Trivia 3) Pelatihan dan Badan yang Proporsional Bisa Menjadi Satpam (Foto Pexels Pixabay)
Pelatihan dan badan proporsional bisa menjadi satpam. (Foto: Pexels/Pixabay)

Dengan mengikuti pelatihan khusus dan tinggi minimal 165 centimeter, kamu bisa mencoba untuk menjadi satuan pengamanan atau bisa disebut sebagai satpam. Akan ada banyak prasyarat yang harus kamu hadapi seperti halnya lulus kesehatan dan bebas narkoba.

Baca Juga: 4 Pekerjaan Ini Cocok untuk Kamu yang Gemar Bepergian


4. Bartender

(Trivia 4) Bersekolah dan Menjadi Bartender (Foto Pexels mentatdgt)
Bersekolah harus terlebih dahulu dilakukan untuk menjadi bartender. (Foto: Pexels/mentatdgt)

Walaupun tidak memerlukan pendidikan formal seperti sarjana, tetapi kamu harus menekuni sekolah bartender. Bekerja sebagai bartender susah, apalagi jika kamu disuguhi dengan sif malam yang membuat jam tidur kamu tidak teratur. Tetapi untuk meraup keuntungan tanpa pendidikan khusus, menjadi bartender bisa jadi opsi terbaik.


5. Agen properti

(Trivia 5) Dengan Kemampuan Berkomunikasi Bisa Menjadi Agen Properti (Foto Pexels rawpixel.com)
Dengan kemampuan berkomunikasi bisa menjadi agen properti. (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Walau memiliki kompetisi cukup rumit, bahkan dikejar target, menjadi agen properti tidak memerlukan pendidikan khusus. Dengan penampilan yang menarik, aktif di media sosial, dan kemampuan komunikasi yang baik, kamu bisa mendapatkan profesi ini tanpa harus kuliah terlebih dahulu.

Tetapi, beberapa perusahaan agen properti memerlukan izin khusus. Ada beberapa lisensi resmi dari Lembaga Sertifikasi Profesi atau bisa dibilang LSP. Sertifikasi tersebut akan menjadi prasyarat untuk bisa keterima menjadi agen properti di perusahaan besar. (Aldo)

Baca Juga: Seperti Apa Sebenarnya Hidup dan Pekerjaan Seorang 'Influencer' Media Sosial?


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH