Image
Author by : Pantai Binuangeun, Kabupaten Lebak, Banten. (Foto: Twitter/@iskandar83955)

Pantai Binuangeun merupakan salah satu pantai di pesisir pantai selatan, Kabupaten Lebak, Banten. Pantai ini merupakan primadona wisata masyarakat setempat maupun wisatawan dari berbagai daerah.

Pantai Binuangeun memiliki ombak cukup besar. Keberadaan ombak dan juga banyak karang membuat petugas berwenang setempat memberikan larangan berenang di kawasan-kawasan tertentu. Sedangkan bagi para pemancing, ada spot atau area tertentu yang hebat untuk memancing.

Pemandangan di Pantai Binuangeun sangat indah. Bukan soal pemandangan saja, pesisir selatan ini surga bagi Anda pecinta ikan. Di Pantai Binuangeun terdapat pelelangan ikan terbesar di Lebak selatan. Aktivitas nelayan setempat menjadikan tempat ini spesial bagi para wisatawan.

Pantai Binuangeun mudah dijangkau. Pantai ini berjarak sekitar 20 kilometer dari Malingping. Sementara untuk mencapai Malingping, ditempuh dari Pandeglang mengambil jalur selatan dari pertigaan Pasar Saketi. Perjalanan mencapai kurang lebih 2-3 jam.

Aktivitas nelayan merupakan hal menarik di Pantai Binuangeun. Hilir-mudik nelayan selepas mencari ikan atau berangkat melaut menjadi pemandangan biasa di sini. Jual-beli ikan hasil tangkapan nelayan sangat hidup. Binuangeun memang memiliki kekayaan laut yang melimpah.

Bagi Anda para pemancing, bisa mencapai laut kedalaman dengan menggunakan kapal sewaan. Nelayan menyediakan kapal mereka untuk digunakan para wisatawan. Banyak wisatawan yang hobi memancing datang dari luar kota seperti Jakarta. Tak heran, pemancing profesional dari program salah satu televisi swasta juga tertarik untuk menarik ikan di sini.

Bagi Anda yang tidak hobi memancing di laut lepas, Anda tak perlu khawatir. Pantai Binuangeun memiliki spot memancing yang bisa diandalkan, dan tentu banyak terdapat ikan meski tak sebanyak di tengah. Karang-karang yang menjorok ke laut menjadi tempat yang indah untuk menunggu kail Anda dihinggapi ikan-ikan Binuangeun.

Image
Author by : Pantai Pasir Putih Suka Hujan, Kabupaten Lebak, Banten. (Foto: lindasay85.wordpress.com)

Pantai Pasir Putih Suka Hujan terletak di Desa Suka Hujan, pantai selatan Kabupaten LebakBanten. Pantai ini merupakan lokasi yang cocok untuk Anda yang ingin lebih puas menikmati keindahan alam. Pantai Suka Hujan tidak seramai destinasi wisata pantai lain di pesisir selatan Lebak.

Pantai Pasir Putih Suka Hujan berada di sepanjang jalur pantai selatan antara Malingpingdan Cihara. Salah satu objek wisata unggulan di Lebak ini berjarak sekira 15 kilometer dari Malimping. Bagi Anda yang tidak menggunakan kendaraan pribadi, banyak terdapat kendaraan umum untuk membawa Anda ke lokasi.

Untuk mencapai Malingping, Anda bisa menempuh jalur dari Pandeglang. Dari pertigaan Pasar Saketi, jalur yang diambil ke aras selatan. Perjalann ditempuh sekira 2-3 jam. Selain itu, jalur lain yaitu dari arah barat menyusuri pantai selatan, dari arah Sukabumi, Jawa Barat.

Sesuai namanya "Pantai Pasir Putih Suka Hujan", pantai ini memiliki pasir yang putih. Karang-karang di Pantai Pasir Putih Suka Hujan menambah keindahan pantai. Pemandangan Samudera Hindia sangat indah dari Pantai Suka Hujan. Tak heran, lokasi ini favorit untuk aktivitas fotografi mengambil latar belakang yang menakjubkan.

Pantai Suka Hujan menjadi incaran wisatawan yang tak terlalu nyaman dengan sebuah objek wisata yang cenderung ramai, terutama pedagang yang biasa terdapat di objek wisata pantai. Pantai ini juga lokasi yang cocok untuk menikmati matahari terbenam pada sore hari.

 

 

Image
Author by : Suasana di Pantai Cihara, Kabupaten Lebak, Banten. (Foto: Twitter/ParamudaRadio)

Penduduk setempat menyebut juga pantai ini dengan nama "Pantai Pasput" sebagai kependekan dari Pasir Putih. Penamaan pasir putih oleh warga memang merujuk pada pasir yang terdapat di Pantai Cihara. Pantai Cihara memiliki pasir berwarna putih. Namun tidak secara keseluruhan pantai ditutupi pasir putih, sebagian pantai berupa hamparan karang. Pantai cihara bak rumah pasir dan karang.

Nama "Pantai Cihara" diambil dari nama kecamatan lokasi tempat wisata rakyat itu. Tepatnya Pantai Cihara ada di Kecamatan Cihara. Pantai sepanjang tiga kilometer ini terletaik sekira 14 kilometer dari Malingping, daerah kota terdekat.

Untuk mencapai Malingping, bisa ditempuh melalui Pandeglang, pertigaan Pasar Saketi ke arah selatan, dengan waktu tempuh kurang lebih 3-4 jam perjalanan. Jalur lain yaitu dari arah barat, kabupaten tetangga Sukabumi, Jawa Barat, dengan jalur sejajar dengan Pantai Sawarna yang memang lebih terkenal.

Menikmati suasana Pantai Cihara memang tidak seperti kebanyakan wisata pantai yang menawarkan kegiatan berenang. Pantai Cihara perpaduan antara berenang, menikmati hamparan pasir putih, dan menikmati karang-karang yang kuat menahan deburan ombak pantai selatan yang terkenal tinggi. Berenang di Pantai Cihara hanya ditempat tertentu, dan dilakukan hanya dipinggiran terutama bagi anak-anak.

Gelombang yang tinggi membuat wisatawan tidak bosan berada di pantai meski tidak mampu menyentuhnya. Suara deburan ombak terus menghantam karang membuat suasana pantai selatan sangat terasa. Beberapa lokasi memiliki karang-karang yang besar menjulang tinggi, sehingga membuat Pantai Cihara ini lokasi berpetualang di pesisir laut yang mengasyikkan.Gelombang yang tinggi membuat wisatawan tidak bosan berada di pantai meski tidak mampu menyentuhnya. Suara deburan ombak terus menghantam karang membuat suasana pantai selatan sangat terasa. Beberapa lokasi memiliki karang-karang yang besar menjulang tinggi, sehingga membuat Pantai Cihara ini lokasi berpetualang di pesisir laut yang mengasyikkan.

Image
Author by : Pantai Sawarna (Foto: Instagram)

Pantai Sawarna sendiri memang terkenal akan panorama alamnya yang sangat mengagumkan. Terlebih lagi Pantai Sawarna memiliki ombak besar dan berarus kuat khas pantai selatan yang menjadi incaran para pecinta olahraga selancar. Pantai yang indah ini berada berada tepat di Kecamatan Bayah.

Pasir yang ada di Pantai Sawarna pun sangat putih. Dengan dihiasi oleh bukit-bukit hijau serta karang yang indah, Pantai Sawarna juga digadang-gadang sebagai pantai yang paling indah di Banten.

Pantai yang menghadap ke Samudera Hindia ini juga tak hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal, pasalnya para wisatawan asing pun berduyun-duyun untuk menikmati keindahan dari Pantai Sawarna.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Pantai Sawarna dari Ibu Kota Jakarta, anda membuntuhkan waktu sekitar 7 jam perjalanan. Hal itu karena jarak yang ditempuk cukup jauh yaitu sekitar 280 kilometer.

 

 

 

 

 

 

Image
Author by : Pantai Karang Taraje, Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. (Foto: Twitter/@retnokrueger)

Di Pantai Karang Taraje, Anda akan dimanjakan pemandangan ombak mengantam tembok karang yang membentuk air terjun. Tak aneh, Pantai Karang Taraje menjadi lokasi beraktivitas fotografi.

Dalam bahasa Sunda, taraje memiliki arti tangga. Kata itu menunjuk kepada karang-karang di pantai yang berundak-undak menyerupai tangga. Karang taraje berarti karang tangga. Sebagian besar area Pantai Karang Taraje memang ditutupi karang. Dari hamparan karang membentuk lantai, hingga karang-karang besar berupa tembok-tembok tinggi penahan ombak.

Pantai Karang Taraje terletak sekira 38 kilometer dari Malingping, tepatnya berada di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak. Pantai Karang Taraje masih bertetangga dengan Pantai Sawarna yang memang lebih dikenal luas.

Hempasan ombak menjadi daya tarik utama di Karang Taraje. Ombak pantai selatan yang tinggi cocok dengan lokasi di Pantai Karang Taraje yang dipenuhi karang. Anda akan terlindungi dari hempasan ombak yang tinggi, dan pasti memanjakan mata. Ketika Anda sudah terhipnotis suara gelegar ombak Pantai Karang Taraje, Anda harus berhati-hati karena kawasan ini terbilang rawan ombak besar dan batu karang yang licin.

Hamparan karang menggantikan pasir yang biasa menutupi pantai. Namun, lantai karang Pantai Karang Taraje pasti tidak akan membuat pengunjung kecewa. Hamparan karang dengan tebing-tebing penahan ombak membuat pengalaman berwisata pantai Anda terasa berbeda. Deburan ombak yang sampai melewati pucuk karang akan turun ke area pantai. Lantai karang berwarna kecokelatan akan menjadi arean bermain asyik. Bermain air laut di genangan.


Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH