5 Pantai Indah Sepanjang Jalur Pantura yang Bisa Kamu Kunjungi Saat Perjalanan Mudik Pantai Bentar (Sumber: Instagram/annalindra)

TAK lama lagi kita akan menghadapi libur panjang Lebaran. Beberapa dari Sahabat Merahputih tentu sudah siap-siap untuk melakukan tradisi rutin tahunan yakni mudik. Nah, satu jalur yang kerap dilalui adalah Pantura.

Guna menghindari kepenatan selama perjalanan pulang kampung, mampir ke beberapa destinasi wisata menjadi solusinya. Di Jalur Pantura, mulai dari Bekasi, Cirebon, Tegal, Semarang hingga Surabaya punya banyak lokasi wisata, misalnya pantai.

Nah, kali ini Merahputih.com akan merekomendasikan 5 pantai sepanjang jalur pantura yang bisa kamu kunjungi saat mudik 2019. Apa saja itu?

1. Pantai Alam Indah - Tegal

Pantai Alam Indah (Sumber: Instagram/girinanda_p)
Pantai Alam Indah (Sumber: Instagram/girinanda_p)

Pantai ini adalah yang paling populer di Tegal, Jawa Tengah. Meski pesonanya tidak seindah pantai-pantai di laut selatan, Pantai Alam Indah tetap sangat cocok jadikan lokasi pelepas lelas selama perjalanan mudik.

Pantai Alam Indah memiliki spot-spot Instagramable. Belum lagi berbagai fasilitas yang disediakan seperti waterboom, museum bahari, penyewaan kapal dan lain sebaginya. Satu lagi, pantai ini berada sangat dekat dengan Jalur Pantura yakni hanya sekitar 500 meter saja.

2. Pantai Widuri - Pemalang

Pantai Widuri (Sumber: Instagram/yohanta_amelia)
Pantai Widuri (Sumber: Instagram/yohanta_amelia)

Pantai ini terkenal dengan keindahan sunset yang sangat indah. Jadi saat kamu masih di Pemalang saat menjelang sore, lebih baik mampir dulu ke Pantai Widuri. Apalagi fasilitas yang disediakan juga cukup mumpuni.

Ombaknya tidak terlalu besar seperti pantai selatan membuat Pantai Widuri cocok untuk tempat bermain anak-anak. Soal lokasi jangan khawatir, pantai ini hanya berjarak sekitar 3 km dari Jalur pantura ke arah utara.

3. Pantai Karang Jahe - Rembang

Pantai Karang Jahe (Sumber: Instagram/ovanovakristianto)
Pantai Karang Jahe (Sumber: Instagram/ovanovakristianto)

Pantai Karang Jahe punya pesona yang luar biasa. Di tepat ini kamu bisa bermain pasir atau berenang. Selain itu ada sederet pohon cemara menghiasi bibir pantai. Beberapa spot di Pantai Karang Jahe juga cukup Instagramable.

Pantai ini terbilang cukup bersih, meskipun di beberapa titik masih banyak sampah berserakan. Lokasi Pantai Karang Jahe perada di Jalur Pantura Rembang - Lasem atau sekitar 7,5 km dari pusat kota Rembang.

4. Pantai Delegan - Gresik

Pantai Delegan (Sumber: Instagram/gresiktourism)
Pantai Delegan (Sumber: Instagram/gresiktourism)

Gresik bukan hanya terkenal sebagai pabrik semennya. Berada sekitar 45 km atau sekitar 1,5 jam dari pusat kota kita bisa mengunjungi pantai indah bernama Pantai Degelan. Hamparan pasir putih serta ombak yang tidak terlalu besar menjadi ciri khasnya.

Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap, mulai dari penyewaan ban pelampung, sampan, MCK dan lain sebagainya. Jika ingin bersantai di bagian tepi pantai terdapat banyak pepohonan rindang.

5. Pantai Bentar - Probolinggo

Pantai Bentar (Sumber: Instagram/annalindra)
Pantai Bentar (Sumber: Instagram/annalindra)

Pengelolaan yang mumpuni membuat pantai ini cukup terawat. Ada banyak spot instagramable yang diincar oleh para pelancong. Belum lagi fasilitas lainnya seperti penyewaan perahu nelayan, gazebo dan lain sebagainya.

Nah, satu lagi yang jarang dimiliki pantai sepanjang Jalur Pantura adalah keberadaan hiu tutul. Namun, untuk waktu mudik kali ini kamu tak bisa melihatnya, karena hewan langka tersebut hanya muncul di bulan-bulan tertentu. Tapi jangan sedih karena sunset dan sunrise di Pantai Bentar sangat indah.



Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH