Wisata Indonesia

5 Pantai Berpasir Hitam di Indonesia. Sayang Kalau Belum dikunjungi

Muchammad YaniMuchammad Yani - Minggu, 24 Juni 2018
5 Pantai Berpasir Hitam di Indonesia. Sayang Kalau Belum dikunjungi
Goa Cemara, Bantul, Yogyakarta. (Foto: panduanwisata)

SEBAGAI negara kepulauan, tak heran kalau Indonesia memiliki banyak pantai yang indah nan eksotis. Banyak orang dari belahan dunia datang ke Indonesia hanya untuk menikmati panorama pantai. Contohnya pesepakbola asal Belanda Arjen Robben yang belum lama ini liburan ke Bali dan Labuan Bajo.

Hal yang cukup menarik dari pantai-pantai di Indonesia adalah warna pasirnya sangat beragam. Mulai dari pasir putih, cokelat, abu-abu, hitam hingga merah muda semua ada di Indonesia.

Nah, kali ini merahputih.com akan menunjukan deretan pantai dengan pasir hitam yang ada di Indonesia. Penasaran di mana pantai-pantai berpasir hitam itu? Berikut ulasannya.

Pantai Nyanyi, Bali

Instagram/linda_samosir_
(Foto: Instagram @linda_samosir_)

Tak kalah pamornya dengan tempat lain di Bali, Pantai dengan warna hitam legam ini juga kerap dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Banyak dari mereka yang menjadikan Pantai Nyanyi sebagai latar untuk berfoto. Hamparan laut Samudera Hindia juga semakin menambah keindahan Pantai Nyanyi.

Karena ombaknya cukup besar, Pantai Nyanyi cukup ideal untuk bermain selancar. Dari pantai, kamu bisa melihat nelayan yang sedang melaut untuk mencari ikan. Perihal lokasi, Pantai Nyanyi terletak di Beraban, Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali.

Pantai Licin, Malang

Instagram/rioashadi
(Foto: Instagram @rioashadi)

Pantai yang terletak di Dusun Licin, Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang ini punya sejarah yang unik. Dulu daerah sekitar pantai perupakan hutan lebat, karena sering banjir, daerah tersebut menjadi berlumut dan licin. Itu sebabnya pantai ini disebut dengan Pantai Licin.

Seperti Pantai Nyanyi, Pantai Licin juga memiliki pasir yang hitam. Pasir tersebut berasal dari sisa-sisa muntahan dari Gunung Semeru yang dulu sempat meletus. Meski menjadi tempat favorit, sayangnya akses menuju Panjai Licin cukup sulit.

Pantai Purnama, Bali

Instagram/res.azn
(Foto: Instagram @res.azn)

Seperti Pantai Nyanyi, Pantai Purnama juga berada di Pulau Bali, hanya saja berbeda kabupaten. Pantai Purnama terletak di Banjar Lumpang Telabah, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Giayar. Pantai-pantai berpasir hitam di Bali memang kurang populer. Namun itu menjadi kelebihan tersendiri karena masih terlihat sepi.

Seperti namanya, di Pantai Purnama adalah lokasi yang sangat cocok untuk menikmati indahnya bulan purnama. Selain itu, karena menghadap ke selatan, kamu bisa melihat keindahan saat matahari terbit. Sedangkan saat sore hari semburan warna jingga menyelimuti langit di pantai ini.

Pantai Goa Cemara, Bantul

Instagram/mawanusa
(Foto: Instagram @mawanusa)

Meski tak sehitam pantai-pantai lain, Pantai Goa Cemara tetap menyuguhkan keindahan yang luar biasa. Panorama lain yang bisa dinikmati saat berkunjung ke Pantai Goa Cemara adalah banyaknya pohon cemara yang rindah di sekitar pantai. Pohon ini memang sengaja di tanam untuk mencegah abrasi air laut.

Bukan hanya itu saja, selain menjadi tempat wisata, Pantai Goa Cemara juga dijadikan tempat konservasi penyu. Kamu akan melihat penangkaran penyu yang dibuat oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul.

Pantai Anoi Itam

Instagram/surga.nusantara
(Foto: Instagram @surga.nusantara)

Pantai Anoi Itam adalah salah satu pantai hitam yang ada di ujung Indonesia. Pantai ini terletak di Pulau Weh atau sekitar 13 km dari Kota Sabang. Karena keindahannya, pantai ini sempat mendapat predikat sebagai pantai tercantik di Indonesia versi majalah Garuda Indonesia.

Hal yang cukup menarik adalah pasir hitam di pantai ini lebih berat dibandingkan di tempat lain yakni sekitar tiga kali lipat. Pebedaan berat itu lantaran Pantai Anoi Itam memiliki kandungan nikel yang tinggi. (yani)

Sahabat Merah Putih, itulah lima pantai hitam yang dimiliki oleh Indonesia. Selain artikel ini kamu juga bisa baca Berburu Kenikmatan Sup Ikan di Denpasar

#Wisata Pantai #Wisata Bali #Wisata Yogyakarta #Wisata Malam
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan