5 Oleh-Oleh Khas Bali yang Terpakai Banget Ketika Kembali ke Kampung Halaman Oleh-oleh Bali. (Foto: Instagram/@explorebali)

BALI bukan hanya menawarkan keindahan alam dan budaya. Pulau ini menawarkan pula beragam pilihan oleh-oleh.

Mulai dari makanan hingga lukisan. Oleh-oleh tersebut tidak hanya dapat diberikan sebagai kenang-kenangan buat sahabat atau keluarga, tetapi juga bisa Anda gunakan sendiri. Berikut lima oleh-oleh khas Bali yang berguna saat Anda taruh di rumah.

1. Sarung pantai

Saat berjemur di pantai, sarung pantai ini berguna untuk menutupi tubuh dari sengatan matahari. Namun, begitu Anda gunakan di rumah, sarung ini bisa berfungsi sebagai selimut yang adem. Tubuh juga bisa terhindar dari nyamuk bila memakai sarung pantai selama tidur. Alternatif lain, Anda bisa menggunakannya untuk menutupi tubuh ketika dipijat atau dilulur.

2. Tenun khas Bali

Kolektor kain wajib membeli tenun khas Bali. Anda bisa menggunakannya saat menghadiri resepsi pernikahan. Jika tidak, Anda juga bisa memakainya sebagai penutup sofa atau tempat tidur. Ada pula yang memakainya sebagai aksesori busana, gorden atau bed cover. Semua tergantung kreativitas Anda.

3. Kopi

Pulau Dewata juga terkenal dengan kopinya. Anda bisa memilih kopi Kintamani. Kopi Kintamani adalah kopi arabika yang ditanam di dataran tinggi Kintamani. Ciri khasnya terletak pada aroma citrus dan tingkat keasaman yang rendah. Stok kopi Kintamani di rumah atau kantor bisa membantu Anda menghilangkan kantuk.

4. Lukisan

Meski bukan kolektor lukisan, tidak ada salahnya membeli lukisan di Bali. Banyak gambar yang bisa Anda pilih. Penari Bali, pemandangan hingga lukisan abstrak. Lukisan tersebut bisa mempercantik interior rumah atau kamar lo.

5. Ayam atau Bebek

Bali punya banyak kuliner khas bercita rasa lezat. Sebelum pulang ke kota asal, Anda bisa membeli ayam atau bebek Betutu atau Klungkung. Sepulang dari luar kota, mungkin Anda terlalu lelah untuk memasak atau pergi ke resto. Oleh-oleh ayam atau bebek ini bisa Anda sajikan untuk satu hingga dua hari setelah pulang berlibur.

Nah, dari lima oleh-oleh tersebut, nomor berapa yang biasanya Anda bawa pulang? (*)

Dapatkan pula artikel terbaru lain di sini.

Kredit : rina

Tags Artikel Ini

Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH