5 Olahraga Favorit Masyarakat Indonesia Berikut Hajatannya Kevin Sanjaya dan Margus F. Gideon pebulu tangkis ganda putra Indonesia. (Foto: BWF)

GELARAN olahraga berskala internasional kini sudah digelar dengan semarak. Pihak penyelenggara secara resmi telah mengumumkan serangkaian acara di ruang terbuka bahkan mendatangkan penonton karena angka harian pandemi di banyak negara sudah melandai. SEA Games, Asian Games, hingga FIFA World Cup resmi diumumkan akan digelar pada tahun 2022. Ketiganya merupakan pesta olahraga paling ditunggu-tunggu masyarakat dunia.

Terlebih, karena olahraga merupakan bidang paling terimbas ketika pandemi, maka ketika kegiatan ruang terbuka sudah beroleh 'lampu hijau' tak pelak banyak masyarakat kembali semarak menyambut pesta olahraga tahunan berskala nasional maupun internasional.

Menurut survei Nielsen Sports pada 2020, terdapat lima cabang olahraga favorit masyarakat Indonesia. Apa saja? Berikut ulasannya.

Baca juga:

Menelusur Rekam Jejak Legenda Bulu Tangkis Indonesia Verawaty Fajrin

Bulutangkis

Survei penggemar olahraga negara-negara Asia oleh Nielsen. (Foto: Nielsen)

Survei oleh Nielsen Sports pada 2020 menunjukkan sebanyak 71 persen masyarakat Indonesia menyukai olahraga bulu tangkis. Bila menggunakan data jumlah penduduk Indonesia 2020 sebanyak 273,5 juta jiwa, maka terdapat kurang lebih sebanyak 194,2 juta menjadi penggemar olahraga bulu tangkis.

Turnamen bulu tangkis di Indonesia cukup banyak, semisal pada tahun 2022 terdaat gelaran Indonesia Open Super 1000, Indonesia Masters Super 500, Indonesia Masters Super 100, dan Indonesia International Challenge.

Sepakbola

Timnas Sepak Bola Indonesia. (Foto: PSSI)

Selanjutnya, sepakbola jadi olahraga berada di posisi kedua teratas pada survei Nielsen dengan raihan 68 persen. Gelaran kompetisi level dunia tentu saja FIFA World Cup bahkan mengundang perhatian para penikmat sepakbola di Indonesia sehingga paling ditunggu. Hingga kini mimpi Timnas Sepakbola Indonesia di level dunia masih terus diupayakan digapai.

Meski begitu, di level Asisa Tenggara, Timnas Sepakbola Indonesia sering menancapkan tajinya di berbagai laga final Piala AFF.

Di level nasional, PSSI menggelar pelbagai level kompetisi berkala dan paling tertinggi Liga 1 Indonesia diikitu 18 tim profesional.

Baca juga:

Timnas Indonesia Menang 2-1 atas Thailand

Bola basket

Bola basket cukup digemari di Indonesia. (Foto: Perbasi)

Penggemar olahraga satu ini di Indonesia menjadi terbesar ketiga sebanyak 48% atau sekitar 131,3 juta. Prestasi sejumlah pebasket nasional juga sudah cukup membanggakan seperti Derrick Michael pada April lalu baru saja menandatangani kesepakatan dengan Grand Canyon University untuk menjadi bagian dari tim basket universitas tersebut.

Sementara di Indonesia juga sudah ada beberapa liga dan turnamen menarik seperti IBL (Indonesian Basketball League) merupakan liga level tertinggi di Indonesia di bawah naungan Perbasi (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia).

Tenis

Aldila Sutjiadi kala memenangi WTA Copa Colsanitas 2022. (Foto: WTA)

Olahraga ini merupakan olahraga favorit masyarakat Indonesia keempat. Prestasi atlet tenis nasional di ajang internasional cukup membanggakan. Seperti kala Aldila Sutjiadi menjuarai WTA Copa Colsanitas 2022 di Bogota, Kolombia. Survei menunjukkan sebanyak 42% atau sekitar 115 juta jiwa masyarakat Indonesia menyukai atau menggemari tenis, baik sebagai tayangan hiburan maupun kegiatan olahraga.

Turnamen lokalnya di Indonesia juga cukup banyak, seperti pada Mei 2022 tengah digelar kejuaraan AFR Remaja Tenis di Jakarta (13-15 Mei), Greenfields Junior Super Series 2022 di The Sultan Hotel and Residence, Jakarta (27-29 Mei), Kejuaraan Nasional Tenis Junior (TDP) Piala Peltha XXVI (14-19 Juni), dan masih banyak lagi.

Bisbol

Tim Softball Putra DKI Jakarta. (Foto: Perbasasi DKI)

Olahraga menggunakan bola dan tongkat pemukul tersebut berada di urutan kelima. Meski liganya belum mendunia seperti terdapat di Amerika Serikat atau Jepang, prestasi atletnya patut diapresiasi seperti kala Timnas Bisbol memenangi Asia Cup 2001.

Tak mengherankan bila olahraga ini disukai di banyak negara termasuk Indonesia dengan jumlah penggemarnya mencapai 24% atau sekitar 65,5 juta jiwa. Jumlah tersebut telah mencapai hampir seperempat dari total penduduk di Indonesia. (waf)

Baca juga:

Tiba di Hanoi, Egy Maulana Vikri Diserbu Wartawan Vietnam

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
5 Podcast Ini Bisa Bikin Mental Kamu Membaik
Fun
5 Podcast Ini Bisa Bikin Mental Kamu Membaik

Dengarkan podcast ini agar mental kamu baik-baik saja.

Film 'YUNI' Segera Tayang di Bioskop
ShowBiz
Film 'YUNI' Segera Tayang di Bioskop

"YUNI" mengisahkan tentang gadis remaja yang cerdas dengan impian besar untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Disaat dua orang pria yang hampir tidak dikenalnya datang melamar, dia lantas menolak lamaran mereka.

Tidak Lapar dan Lesu Saat Puasa Menurut Pakar
Fun
Tidak Lapar dan Lesu Saat Puasa Menurut Pakar

Tips Turunkan Rasa Lapar Hingga Lesu Saat Puasa Menurut Pakar

Kolaborasi Ungu dan Rhoma Irama Hadirkan 'Andai Ku Tahu/Laa Illaha Illallah'
ShowBiz
Kolaborasi Ungu dan Rhoma Irama Hadirkan 'Andai Ku Tahu/Laa Illaha Illallah'

Grup band Ungu berkolaborasi dengan Raja Dangdut Indonesia, Rhoma Irama

Meningkatkan Kesehatan Mental Sekaligus Kekebalan Tubuh
Fun
Meningkatkan Kesehatan Mental Sekaligus Kekebalan Tubuh

Kesehatan mental yang tidak baik mengganggu kekebalan tubuh.

4 Kemampuan Penting yang Mampu Tingkatkan Literasi Media
Fun
4 Kemampuan Penting yang Mampu Tingkatkan Literasi Media

Jangan mudah percaya dengan informasi yang beredar.

3 Penginapan Mewah Terbaik di Walt Disney World
Fun
3 Penginapan Mewah Terbaik di Walt Disney World

Penginapan mewah di Disney World akan membuat perjalanan liburan kamu tak terlupakan.

Makan Yoghurt, Cokelat, Keju Tiap Hari Turunkan Risiko Penyakit Jantung
Fun
Makan Yoghurt, Cokelat, Keju Tiap Hari Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Tiga makanan enak ini ternyata baik untuk jantung kamu.

Jamang Sangsang, Pakaian Adat Baduy Luar yang Dipakai Jokowi
Tradisi
Jamang Sangsang, Pakaian Adat Baduy Luar yang Dipakai Jokowi

Presiden Joko Widodo menghadiri Sidang Tahunan MPR 2021, dengan tampilan baju adat baduy luar. Bagi suku Baduy, baju adat merupakan

Mawar de Jongh Berkisah Tentang Penyesalan di Lagu 'Pernah Salah'
Fun
Mawar de Jongh Berkisah Tentang Penyesalan di Lagu 'Pernah Salah'

Penyanyi Mawar de Jongh mengisahkan penyesalan di single terbarunya.