5 Olahan Durian Favorit yang Selalu Bikin Meleleh Ketan durian. (Instagram/balifoodtime)

Rasa durian yang khas membuat buah ini disebut rajanya buah. Baunya menyengat hingga dalam jarak jauh. Bahkan baunya masih tetap tinggal meski sudah habis dimakan, terbawa beberapa lama hingga saat si pemakan berserdawa.

Bagi pecinta durian, tidak ada lagi buah yang paling enak selain lembutnya daging yang dibungkus cangkang berduri-duri ini. Baunya disebut wangi. Teksturnya melebihi semua bentuk kue yang super lembut seperti cheesecake sekali pun. Rasa manisnya menyerap di dalam lidah. Semakin banyak mengkonsumsi, semakin ketagihan.

Durian berasal dari kawasan Asia Tenggara. Durian tidak hanya ditemukan di Indonesia, dia tersebar di beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Kamboja, Laos, Sri Langka, Thailand, bahkan Quesland, Ausralia.

Indonesia salah satu surganya durian. Di sini durian banyak sekali jenisnya. Kalimantan memiliki banyak jenis dan nama-nama lokal. Bahkan jenis durian dengan bentuk dan warna berbeda ditemukan di Pulau Borneo itu. Di Pulau Jawa lain lagi. Durian lokal misalnya dapat ditemukan di kawasan adat Suku Baduy. Setiap tahun warga Baduy panen raya dan saatnya warga luar menikmati durian yang dijual lebih murah sebelum sampai di kota-kota.

Pengunjung memilih buah durian dalam festival bertajuk 'Mendem Duren' atau Mabuk Durian di depan Balai Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (13/4). Festival yang digelar selama tiga hari sebagai upaya memperkenalkan cita rasa buah durian lokal tersebut melibatkan sekitar 60 petani durian. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/kye/18.
Pengunjung memilih buah durian dalam festival bertajuk Mendem Duren atau Mabuk Durian di depan Balai Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (13/4). (NTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

"Raja buah" bukan berarti semuanya menyukai. Durian juga dalam waktu bersamaan dibenci banyak orang. Ada juga yang tadinya sebagai pecinta durian, tiba-tiba kemudian enggan lagi makan dan perutnya menolak. Alasan orang tidak menyukai durian bermacam-macam, mulai dari tak tahan baunya hingga alasan kapok karena pernah makan terlalu banyak sampai mabuk berat. Itu terjadi saat raja durian menjadi idola.

Merahputih.com menyajikan 5 olahan durian yang bisa menjadi pilihan bagi Anda yang kurang menyukai makan durian langsung atau agar Anda jangan sampai mabuk durian. Rasa duriannya masih ada tapi berbau tidak terlalu menyengat atau rasanya lebih ringan tidak terlalu memabukkan.

1. Pancake durian

Pancake durian menjadi salah satu olahan durian paling populer saat ini. Biasanya olahan durian yang paling banyak ditemui es durian atau es dengan rasa durian.

Pancake durian disebut-sebut berawal dari Medan. Medan yang juga merupakan salah satu daerah yang terkenal dengan duriannya ini melakukan inovasi agar durian lebih diterima semua orang. Selain durian ucok, pelancong kerap menyebut Medan dengan pancake duriannya.

A post shared by Binjai / kuliner (@chiauling09) on

2. Es krim durian

Es durian mungkin tidak terlalu asing. Bagi Anda pencinta street food, es durian menjadi salah satu jajanan yang gampang ditemui. Agar lebih menarik minat anak-anak, maka dibikinlah es krim durian.

Es krim durian sangat cocok bagi Anda yang suka durian sekaligus es krim. Rasanya duriannya menyerap bersama dingin es krim.

3. Ketan durian

Ketan durian sebelum banyak dijual saat ini merupakan salah satu olahan tradisional dari durian. Di wilayah Banten misalnya, saat musim durian olahan ini selalu ada agar mengurangi rasa durian yang terlalu menyengat. Nama lainnya bubur durian.

Ketan durian merupakan makanan ketan yang kemudian disiram dengan bubur durian. Bubur durian sama seperti kolak pisang namun dengan bahan utama durian yang dimasak beserta bijinya. Untuk menambah rasa manis biasanya ditambah gula merah dan gula putih. Biji durian yang sudah dimasak juga enak dimakan.

4. Puding durian

Puding durian menjadi salah satu menu dessert favorit bagi para pecinta durian. Rasa durian pada puding biasanya tidak terlalu tajam dengan rasa manis yang sederhana. Puding durian lebih pas dinikmati saat dingin.

Selain menu dessert, puding durian sangat cocok menjadi pelepas dahaga di kala terik. Seperti es durian, puding durian yang disimpan dalam keadaan dingin sangat cocok bagi pecinta es dan durian sekaligus.

A post shared by Super Puding (@superpuding_yk) on


5. Serabi durian

Serabi biasanya dipadukan dengan topping asin. Namun makanan tradisional ini belakang mulai digemari dengan taburan manis yang lebih modern, seperti keju, Oreo, cokelat, dan lain-lain. Biasanya topping manis secara tradisional hanya gula merah atau serabi merah yang dicampur gula merah sejak masih adonan.

A post shared by Ajun Chin (@ajun.chin) on

Saat ini populer juga serabi durian. Topping ini jelas untuk menarik minat para pecinta sejati buah durian. Serabi durian biasanya dicampur sebagai taburan saja. Serabi yang telah matang kemudian diguyur dengan saus durian yang telah diberikan rasa manis gula lagi.

Demikian 5 olahan durian yang harus Anda coba. Mau olah di rumah? (*)

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH