5 Obat Herbal Atasi Ingatan Pendek Lupa memang cukup menjadi masalah (Sumber: Pixabay/geralt)

LUPA dengan sesuatu adalah hal umum yang sering dialami banyak orang. Beberapa orang bahkan membutuhkan catatan karena memiliki ingatan lemah. Masalah ini disebabkan oleh banyak faktor diantaranya kurang tidur, alkohol, stres, cemas, merokok, kurang nutrisi atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Untuk mengatasi ingatan lemah, ada beberapa solusi alami yang bisa kamu coba. Tentunya juga harus diimbangi dengan pola hidup sehat. Dilansir dari Boldsky, berikut ini obat alami yang bisa meningkatkan daya ingatmu.

1. Ginseng Asia

Ginseng (Sumber: Pixabay/whaltns17)
Ginseng (Sumber: Pixabay/whaltns17)

Ginseng Asia telah digunakan dalam pengobatan Cina untuk meningkatkan daya ingat dan menunda penuaan. Ginseng Asia mengandung komponen aktif yang disebut ginsenoside. Ia mampu meningkatkan enzim antioksidan internal dan mengurangi kerusakan sel otak. Namun, kamu harus ingat, sebelum mengonsumsinya, konsultasi dulu ke tokter karena dikhawatirkan bisa mengganggu kerja obat lain.

2. Minyak Kelapa

Kelapa (Sumber: Pixabay/moho01)
Kelapa (Sumber: Pixabay/moho01)

Minyak kelapa bukan hanya bagus untuk rambut kamu saja, minyak kelapa murni mampu meningkatkan memori dan fungsi kognitif serta mengisi sel-sel otak. Di luar itu minyak ini bisa menurunkan kolesterol, meningkatkan energi dan kesehatan kulit. Kamu bisa mengonsumsi 1 sendok teh minyak kelapa murni dua kali sehari demi ingatan yang panjang.

3. Jintan Hitam

Jintan hitan (Sumber: Pixabay/gokalpiscan)
Jintan hitan (Sumber: Pixabay/gokalpiscan)

Lebih dikenal dengan Habbatussauda, biji ini memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan melindungi neuron. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology, 500 mg jintan hitam yang diminum setiap hari mampu meningkatkan kognisi dan memori.

4. Minyak Ikan

Minyak ikan (Sumber: Pixabay/Monfocus)
Minyak ikan (Sumber: Pixabay/Monfocus)

Ikan adalah sumber yang kaya asam lemak omega 3 yang memainkan peran utama dalam fungsi otak. Asam lemak omega 3 terakumulasi dalam hippocampus otak di mana ia meningkatkan transmisi sinaptik. Sel-sel memori mampu berkomunikasi dan mengirimkan pesan lebih mudah karena tingginya kadar asam lemak omega 3.

5. Rosmary

Rsmary (Sumber: Pixabay/domeckopol)
Rsmary (Sumber: Pixabay/domeckopol)

Rosmary mampu meningkatkan memori prospektif dan meningkatkan fungsi kognitif. Hal tersebut berdasarkan penelitian dari University of Northumbria di Inggris. Kamu bisa menghirup aroma esensial rosmary atau meminumnya dengan cara mendidihkan setangkai rosmary plus air selama lima menit.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH