5 Novel ini akan Membawamu 'Jalan-Jalan' Keliling Jepang Rekomendasi buku bacaan yang akan mengajakmu mengelilingi Jepang. (Foto: Matcha JP)

APAKAH kamu pernah bermimpi untuk pergi jalan-jalan ke Jepang? Atau mungkin kamu sebenarnya sudah berencana untuk mengunjungi Negeri Sakura di 2020 ini? Sayangnya pandemi COVID-19 menggagalkan seluruh rencana perjalananmu.

Tapi jangan khawatir, kamu tetap bisa mengelilingi Jepang tanpa harus terbang ke sana kok. Caranya dengan membaca buku-buku atau novel bertema Jepang.

Baca juga:

Baca 5 Novel Ini, Weekend Kamu Pasti Berkualitas!

Metafora 'buku adalah jendela dunia' sangat terasa, terlebih di masa pandemi ini. Jadi daripada merenung di rumah dan main gawai terus, cobain deh baca buku-buku ini biar serasa keliling Jepang.

Berikut beberapa rekomendasi novel yang akan membantumu menjelajahi Negeri Matahari Terbit seperti dikutip dari laman Matcha JP.

1. Tokyo: Moshi Moshi (Banana Yoshimoto)

5 Novel ini akan Membawamu 'Jalan-Jalan' Keliling Jepang
Moshi Moshi menunjukkan sisi lain dari kota Tokyo. (Foto: Amazon)

Tokyo selalu menyimpan segudang cerita yang menarik. Melalui novel karya Banana Yoshimoto ini, kamu akan menyaksikan ibu kota Jepang itu dari sisi yang menenangkan.

Berlatar di Shimokitazawa, Moshi Moshi mengajakmu melihat kotanya anak muda yang penuh dengan bar, teater-teater kecil, juga beragam kafe untuk ngopi cantik.

Yoshie sang tokoh utama dalam novel ini memutuskan pindah ke Tokyo setelah ayahnya meninggal secara misterius. Kehidupan barunya di Shimokitazawa tersebut membantunya melewati proses penyembuhan diri setelah kehilangan sosok yang dicintai.

Ketika berjalan-jalan di kota ini, kamu akan mengerti mengapa Shimokitazawa jadi salah satu kota cantik yang menenangkan berkat suasana alamnya yang syahdu serta kehidupan perkotaan yang ramai.

2. Hokkaido: A Wild Sheep Chase (Haruki Murakami)

5 Novel ini akan Membawamu 'Jalan-Jalan' Keliling Jepang
Haruki Murakami akan memperlihatkan keindahan Hokkaido lewat novelnya ini. (Foto: Amazon)

Pertama kali terbit di Jepang pada 1982, novel berjudul asli Hitsuji wo Meguru Bouken ini merupakan salah satu buku awal yang ditulis oleh Haruki Murakami. Kabarnya, A Wild Sheep Case yang membuat nama Murakami diakui sebagai penulis kenamaan.

Buku ini mengisahkan petualangan karakter utama dan kekasihnya ke Hokkaido dalam perjalanan mencari seekor domba ajaib yang memiliki tanda bintang di punggungnya.

Mereka juga menghabiskan waktunya di Sapporo, salah satu daerah yang wajib didatangi kalau berkunjung ke Hokkaido. Keindahan alam Hokkaido, seperti pegunungan serta suasana musim dinginnya digambarkan secara mendetail lewat novel ini.

Dijamin setelah membacanya membuatmu langsung ingin mengepak koper dan pergi berpetualang ke Hokkaido.

Baca juga:

Penggemar Ramai Membandingkan Novel 'The Stand' dan Virus Corona, Ini Kata Stephen King

3. Kyoto: The Old Capital (Yasunari Kawabata)

5 Novel ini akan Membawamu 'Jalan-Jalan' Keliling Jepang
The Old Capital mampu menggambarkan keindahan budaya Kyoto. (Foto: Amazon)

The Old Capital buatan Yasunari Kawabata ini disebut-sebut sebagai salah satu karya sastra yang bisa mendeskripsikan Kyoto beserta budayanya dengan sangat memukau. Bahkan buku ini sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonsia dengan judul Ibu Kota Lama.

Novel tersebut berkisah tentang Chieko, gadis berusia 20 tahun yang merupakan putri angkat pengusaha kimono kaya di Kyoto. Secara tidak sengaja dia bertemu saudari kembarnya Naeko di Kuil Yasaka.

Berbanding terbalik dengan kehidupan mewah saudarinya, Naeko tinggal di gunung yang terletak di utara kota Kyoto dan bekerja di pabrik kayu. Kamu akan dibawa masuk dalam dunia seni kimono yang sangat mengakar dalam budaya Kyoto.

Buku ini juga menuliskan latar waktu empat musim ala Kyoto yang begitu indah. Sang penulis dengan terampilnya memperlihatkan budaya Kyoto yang pasti akan membuatmu sangat tertarik.

4. Okinawa: In The Woods of Memory (Shun Medoruma)

5 Novel ini akan Membawamu 'Jalan-Jalan' Keliling Jepang
Selain keindahan Okinawa, In The Woods of Memory tunjukkan sisi kelam pasca Perang Dunia II. (Foto: Amazon)

Prefektur Okinawa terkenal dengan kepualauan dan pantainya yang begitu indah. Banyak budaya lokal yang sangat unik yang enggak akan kamu temukan di tempat lain.

Nah lewat buku In The Woods ini, Medoruma ingin menggambarkan sejarah kelam yang terjadi di pulau tersebut selama masa pasca Perang Dunia II.

Secara garis besar, novel ini menyuarakan ketidakberdayaan yang dialami oleh warga dalam melawan kekerasan yang terjadi. Ceritanya berfokus pada gadis berusia 17 tahun bernama Sayoko yang mendapat perlakuan tidak senonoh oleh empat orang tentara AS.

Di balik budaya Okinawa yang begitu khas, seperti kerajinan tangan, tarian tradisional, hingga lokasinya ternyata ada kekuatan yang tersimpan dari mereka yang bangkit dari masa kelam.

5. Nagasaki: Silence (Shusaku Endo)

5 Novel ini akan Membawamu 'Jalan-Jalan' Keliling Jepang
Silence ceritakan jejak rekam agama Kristen yang ada di Nagasaki. (Foto: Amazon)

Selama ini kalau mendengar Nagasaki kita otomatis akan langsung berpikir mengenai peristiwa bom atom di Hiroshima dan Nagasaki pada 6 dan 9 Agustus 1945. Tapi tahukah kamu kalau Nagasaki menyimpan berbagai sejarah dan budaya Jepang yang begitu kompleks?

Dalam novel Silence karya Shusako Endo ini kamu akan disuguhi denga cerita mengenai jejak rekam agama Kristen yang tersembunyi pada zaman Edo.

Ceritanya mengikuti seorang pendeta muda Jesuit asal Portugis bernama Sebastiao Rodrigues yang datang ke Nagasaki pada tahun 1639. Pada kala itu agama Kristen dilarang keras oleh pemerintahan Shogun.

Jadi siapapun yang dicurigai memeluk agama Kristen akan disiksa. Kamu akan membaca cerita perjuangan pendeta Rodrigues dalam menjalankan misinya.

Selain itu, lewat novel ini kamu juga dapat mempelajari sejarah tersembunyi tentang Jepang terutama di daerah Nagasaki. Kalau ingin melihat visualisasinya, novel ini sudah diapdatasi ke layar lebar dengan judul yang sama pada 2016 lalu. (sam)

Baca juga:

Rekomendasi Bacaan saat Sedang di Rumah Saja



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH