5 Negara Dunia dengan Air Tebersih Inilah 5 negara dunia dengan air tebersih. (pexeslc.om samad deldar)

AIR menjadi kebutuhan dasar semua orang di dunia. Meski demikian, tak semua negara dunia menyadari pentingnya menjaga sumber air tetap lestari.

Meski demikian, ada beberapa negara yang sangat sadar akan kebersihan sumber air mereka. Berbagai cara dilakukan untuk menjadikan sumber air mereka menjadi lebih baik untuk dikonsumsi dan digunakan. Mulai dari pengolahan limbah dan pengurangan pencemaran terhadap air dilakukan untuk keberlangsungan kehidupan manusia selanjutnya. Berikut 5 negara dunia yangpunya air tebersih.

BACA JUGA:

Air Sulingan dan Jenis-jenis Pengolahan Air Minum

1. Cile

cile
Cile punya sumber air tebersih.(pexels.com andre ulyssesde)

Tahukah kamu, air tebersih di dunia ada di Puerto Williams, Cile? Seperti dikabarkan NDTV, baru-baru ini para ilmuwan di Universitas Texas dan Cile menemukan fakta tersebut. Mereka berkolaborasi dalam penelitian tentang kebersihan sumber daya air di dunia.

Menurut Direktur Program Konservasi Biokultur Arktik, air dan udara di daerah itu sangat bersih. Itu merupakan ekosistem yang ada di planet ini sebelum revolusi industri dunia. Air bersih juga ditemukan di Torres del Paine, sedikit lebih utara dari Puerto Williams.

2. Kanada

kanada
Kanada punya sumber air yang minim timbal.(pexels.com Jemes Wheeler)

Hydro Tech mengabarkan Kanada merupakan salah satu sumber air tebersih di dunia. Tepatnya di kota Springwater dekat Toronto. Mata air di Kanada sangat bersih dan mengandung timbal lima kali lebih sedikit daripada gletser Arktik yang membeku. Para ilmuwan percaya itu dapat dicapai dengan ekosistem pegunungan yang unik di sekitar kota yang membuat air terdekontaminasi mengalir melalui beberapa lapisan tanah, tanah liat, dan pasir.

3. Dennmark

denmark
Dennmark jadi salah satu negara terbaik dalam pengolahan limbah.(pexels.com pixabay)

Denmark merupakan salah satu negara pertama di dunia yang mendirikan kementerian lingkungan hidup di parlemennya pada 1971. Seperti dilansir Eco Business, pada abad ke 20, pencemaran sumber daya air negara dan pelabuhan di dekat Kota Kopenhagen mencapai kondisi yang mengkhawatirkan. Pemerintah bertindak cepat.

Empat dekade sejak saat itu, Denmark telah menjadi negara terbaik dalam mengelola limbah air. Setelah itu, Dennmark juga menjadi contoh untuk negara-negara lain dalam pengelolaan air. Di negara itu, aturan untuk pengolahan air limbah industri dipatuhi dengan ketat dan pemerintah juga terlibat dalam pengolahan air limbah tersebut.

4. Singapura

singapura
Singapura mempertahankan standar yang tinggi. (pexels.com timo volz)

Singapura telah mempertahankan standar yang tinggi untuk sumber air mereka dalam waktu yang lama. "Kota Singapura memiliki salah satu sumber air minum dengan kualitas terbaik di dunia," lapor Badan Air Nasional Singapura di situs PUB Singapores National Water Agency. Itu semua didasari kesadaran Singapura bahwa satu orang warga negaranya menghabiskan rata- rata 150 liter air sehari.

5. Swedia

swedia
Swedia (pexels.com nextvoyage)

Borgen Project menyebut fakta bahwa air benar-benar baik di Swedia dibuktikan dengan sertifikat kualitas air ISO internasional. Sertifikat itu diberikan kepada Kota Stockholm pada 2017. Banyak orang Swedia berpikir membeli air dalam botol plastik hanya membuang-buang uang. Jadi banyak orang Swedia untuk mengambil air minum dari lebih dari 95.700 danau dan sungai bawah tanah.(Jhn)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Packing Jangan Berlebihan saat Melancong
Fun
Packing Jangan Berlebihan saat Melancong

Cukup bawa barang yang kamu perlukan saja.

Adele Ungkap Tanggal Rilis Album '30'
ShowBiz
Adele Ungkap Tanggal Rilis Album '30'

Album 30 menceritakan perjalanan naik-turun Adele.

Aku Pemudi yang Mencintai Diriku Sendiri
Fun
Aku Pemudi yang Mencintai Diriku Sendiri

Aku sadar 'Self Love' itu penting.

Hindari Hal-hal Ini Saat Mendidik Anak
Fun
Hindari Hal-hal Ini Saat Mendidik Anak

Menjadi orangtua memang merupakan tantangan tersendiri

3 Tren Aksesori Fesyen yang Extravagant dan Colorful di 2021
Fashion
3 Tren Aksesori Fesyen yang Extravagant dan Colorful di 2021

Aksesori yang harus kamu gunakan tahun ini.

Bikin Album Solo, Joy Red Velvet Remake Lagu Lawas
ShowBiz
Bikin Album Solo, Joy Red Velvet Remake Lagu Lawas

Punya daya tarik sendiri sama lagu-lagu 1990 sampai 2000-an.

Para Pendukung yang Mencuri Perhatian
ShowBiz
Para Pendukung yang Mencuri Perhatian

Bisa jadi disebabkan karakter mereka yang lucu, menyegarkan, dan karismatik.

Kurang dari 2 Tahun, Fashion Brand Fenty Milik Rihanna Ditutup
Fashion
Nyanyi Lagu 'Bakti', Anneth Bikin Erick Thohir Merinding
ShowBiz
Nyanyi Lagu 'Bakti', Anneth Bikin Erick Thohir Merinding

Momen pertama kali bagi Anneth menyanyikan OST secara live.