Wisata Dunia
Masukkan ke Bucket List Kamu, 5 Negara Destinasi Kuliner Dunia Destinasi dunia dengan makanan enak. (foto: Pixabay/loilantam)

SAAT traveling jarak jauh belum memungkinkan karena pandemi global, kamu jangan bersedih. Ini waktu yang tepat buat membuat bucket list destinasi yang kamu ingini. Bingung mulai dari mana? Mulai saja dari lidahmu.

Ya, tak dimungkiri, traveling enggak cuma soal pergi ke tempat baru. Lebih daripada itu, bepergian juga tentang bertemu dengan orang-orang baru serta mencicipi makanan yang berbeda. Itulah mengapa tak sedikit orang yang termotivasi traveling dari hobi makan dan keinginan mencoba segala macam makanan baru di berbagai tempat, baik dalam maupun luar negeri.

Jika kamu termasuk yang suka banget makan dan selalu melancong karena penasaran dengan makanan baru di daerah tersebut, berikut 5 negara di dunia yang wajib kamu datangai, seperti dikutip dari CNN Travel. Alasannya? Karena negara-negara ini punya makanan enak.

BACA JUGA:

Sejumlah Spot Foto Keren di Tebing Breksi

1. Italia

naples pizza
Nikmatnya makan piza Napoli dengan view cantik. (foto: Instagram @visitnaplesofficial/@_mymemories)

Siapa sih yang enggak kenal nikmatnya masakan Italia. Saus tomat segar, olahan tepung berbentuk pasta, hingga sajian manis yang menggoda.

Orang Italia terkenal karena menyusun sajian lezat mereka dari hal-hal sederhana. Sedikit pasta, minyak zaitun, bawang putih, seiris dua iris daging bacon, jadilah sepiring sajian enak. Tak ada yang ribet. Semuanya mudah dibuat dan mudah dinikmati.

Bisa dikatakan, pemasak pemula pun bisa membuat sajian Italia di rumah, tentunya dengan sedikit niat. Itulah mengapa makanan dari negara ini jadi comfort food banyak orang.

Rekomendasi

Saat berkunjung ke Italia, pastikan kamu mencicipi spaghetti bolognaise mereka. Itu merupakan pilihan aman yang pasti enak. Cicipi juga piza langsung di 'rumah asalnya' di Napoli. Jika ingin yang lebih tradisional, jangan lewatkan salami ala Italia. Bikin nagih layaknya rokok.

Suka kopi? Selamat, di Italia, kamu akan mengasup kopi sepanjang hari dan malam. Wow!

2. Tiongkok

Peking duck
Kilau saus peking duck yang bakal bikin ngiler. (foto: Instagram @shadowghost46)

Ada alasan mendasar mengapa Tiongkok punya makanan yang enak. Orang-orangnya seperti 'terobsesi' dengan makanan. Bayangkan saja, saat berpapasan, orang Tiongkok suka sekali menyapa dengan kalimat, 'apakah kamu sudah makan?'.

Enggak hanya terobsesi, orang Tiongkok juga pintar mengolah makanan mereka jadi sajian enak. Dunia kuliner di 'Negeri Tirai Bambu' pun beragam. Keanekaragaman itulah yang bikin kuliner Tiongkok makin menarik.

Rekomendasi

Berhubung negara ini bukan negara berpenduduk muslim, makanan nonhalal jadi yang paling dicari. Daging babi asam manis dan babi panggang ialah menu yang amat dicari di sini.

Tenang, kamu masih bisa menikmati makanan halal asal lebih teliti dan berhati-hati ya. Pilihannya bisa dim sum hingga bebek Peking. Sama enaknya kok.

3. Prancis

macarons
Macarons warna-warni cantik ala Prancis. (foto: Instagram @dmacarons)

Tak ada negara yang lebih menghargai waktu makan daripada Paris. Orang-orang Paris punya 2 jam untuk istirahat makan siang. Tak berlebihan, karena mereka makan dengan sistem three course meal.

Selain itu, Paris sudah sejak lama menjadi kiblat standar dunia kuliner. Tahu kan panduan Michelin Star untuk restoran fine dining? Nah, di sinilah tanah kelahirannya.

Meskipun demikian, masakan Prancis enggak melulu makanan 'bangsawan' yang mewah. Ada juga beberapa sajian yang membumi. Keduanya tetap akan membuatmu kagum.

Rekomendasi

Selagi di negara yang romantis ini, sempatkan mencoba hidangan siput bernama escargot. Namun, jangan lewatkan hidangan penutup ataupun pastry buatan orang Prancis. Mereka punya banyak yang enak, mulai dari macarons, baguette untuk sarapan, atau croissant hangat nan empuk. Yum!

4. Spanyol

jamon iberico
Daging jamon Iberico yang digemari orang Spanyol (foto: Instagram @jamonblazquez)

Makanan tersedia sepanjang hari di negara ini. Spaniards makan, tidur sejenak, lalu bekerja selama 2 jam, kemudian kembali makan dan minum. Begitu seterusnya. Bisa dibilang, di sini tempatnya hidup hedon dengan makanan.

Selain waktu makan besar, orang Spanyol juga mencamil sepanjang hari di sela-sela waktu makan. Pilihan menunya beragam, mulai dari buah-buahan hingga boga bahari.

Rekomendasi

Jamon Iberico wajib kamu coba di sini. Itu merupakan ham dari daging babi hitam Iberica. Jangan khawatir, sejak beberapa tahun belakangan, ada juga Jamon Iberico yang dibuat khusus untuk pelancong muslim. Jadi, sajiannya halal.

Yang paling enggak boleh kamu lewatkan ialah churros. Donat ala Spanyol ini memang enak banget. Dicocol saus cokelat ataupun bertabur gula dan kayu manis bubuk, sama enaknya.

5. Jepang

sushie
Bahkan sushi yg dijual di department store pun enak. (foto: Instagram @tokyofoodie)

Di negara dengan tingkat kedisiplinan tinggi dan presisi ini, makanan pun dibuat sesempurna mungkin. Di seluruh penjuru negeri, para master sushi dan ramen memamerkan kebolehan mereka dalam menyajikan hidangan kebanggaan 'Negeri Matahari Terbit'.

Kamu bisa mencoba sushi yang disajikan lewat conveyor, mencoba makan dengan sajian multicourse meal, atau bahkan mencomot makanan siap saji dari convenience store. Rasanya, mustahil mencicipi makanan enggak enak di Jepang.

Rekomendasi

Berhubung udah di Jepang, pastikan makan sushi dan sashimi ya. Cobain juga sup miso yang segar dan menyehatkan. Yang enggak kalah enaknya, kamu mesti coba gorengan ala Jepang, tempura. Di sana, tempura disajikan hangat, tidak berminyak, juga garing. Wah!(dwi)

BACA JUGA:

Wisata Sejarah di Pulau Onrust nan Misterius

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Si Putih Lobak untuk Daya Tahan Tubuh
Hiburan & Gaya Hidup
Si Putih Lobak untuk Daya Tahan Tubuh

Lobak bisa menjadi kawanmu untuk melewati musim pancaroba seperti saat ini.

Bisa Pindah Game Semaumu, Intip Detail Antarmuka PlayStation 5
Fun
Bisa Pindah Game Semaumu, Intip Detail Antarmuka PlayStation 5

Fitur PlayStation 5 bikin kamu puas main game.

Anti Mainstream, Kaesang Pangarep Akan Buat Kopi Kemasan Isi 20 Liter
Fun
Anti Mainstream, Kaesang Pangarep Akan Buat Kopi Kemasan Isi 20 Liter

Anti Mainstream, Kaesang Pangarep Akan Buat Kopi Isi 20 Liter?

Michael Keaton Kembali Jadi Batman?
ShowBiz
Michael Keaton Kembali Jadi Batman?

Keaton peranh jadi Batman di Batman Returns karya Tim Burton.

JSI Resort Salurkan Bantuan untuk Tenaga Medis di RSPG Cibeureum
Fun
JSI Resort Salurkan Bantuan untuk Tenaga Medis di RSPG Cibeureum

JSI Resort menunjukkan kepeduliannya di tengah pandemi Corona.

Kisah Viral Perempuan yang Menikah dengan Pohon, Alasannya Bikin Elus Dada
Fun
Kisah Viral Perempuan yang Menikah dengan Pohon, Alasannya Bikin Elus Dada

Kate Cunningham justru memilih menikah dengan sebuah pohon. Dalam kondisi sadar, Kate mengucapkan janji suci pernikahannya dengan sebuah pohon Elder

Tiga Negara Eksploitasi Planet Mars Bulan Juli ini
Fun
Tiga Negara Eksploitasi Planet Mars Bulan Juli ini

Akan menjadi cerita yang berbeda di lain tempat dalam tata surya kita.

Bukan Hanya Sobat Misqueen, Astronaut Juga Makan Mi Instan di Luar Angkasa
Fun
Bukan Hanya Sobat Misqueen, Astronaut Juga Makan Mi Instan di Luar Angkasa

Nissin baru saja merilis tujuh varian dari mie instan dan nasi kari untuk para astronot.

Perangkat Teknologi Sinar UV Diuji untuk Tangani Virus di Pesawat
Fun
Perangkat Teknologi Sinar UV Diuji untuk Tangani Virus di Pesawat

Delapan perangkat sedang diuji di bandara di Amerika Serikat.

5 Fakta Sony PlayStation One, Konsol Pilihan Gamer 90-an
Fun
5 Fakta Sony PlayStation One, Konsol Pilihan Gamer 90-an

PS1, konsol game andalan generasi 90-an