5 Mobil yang Siap Digeber di Jalan Raya Spesifikasinya tidak umum dipakai di jalan. (Foto: highsnobiety)

MOBIL yang kencang sangat banyak saat ini. Namun sangat sedikit yang sebenarnya memiliki kemampuan balapan.

Laman Motor Junkie menuliskan, sebenarnya ada beberapa mobil produksi brand tertentu yang sudah disapkan untuk membalap meskipun legal dikendarai di jalan raya.


Baca Juga:

Belajar Sejarah Batmobile Dalam 'The Batmobile Documentary' di YouTube


Dodge Dart 413 Max Wedge

mobil
Dodge Dart 423 Max Wedge. (Foto: Mecum Auctions)


Pada balapan drag, Dodge hadir dengan berbagai model. Di tahun 1960an, Dodge pertama kali hadir dengan Dart 413 Max Edge yang dinilai orang sangat cepat. Mobil itu sebenarnya mobil menengah untuk keluarga dengan mesin V8 enam silinder. Meskipun dinilai memiliki kapasitas besar namun sama sekali tidak mencirikan mobil balap jalanan.

Baru kemudian Dodge menghadirkan mesin kompresi tinggi 413 Wedge dengan tenaga 420 dk. Performa mesin itu ditunjang dengan bobot yang lebih ringan, suspensi yang lebih baik dan beberapa bagian lainnya. Dodge Dart 413 kemudian menjelma menjadi jawara pada lintasan drag. Meskipun harganya tidak murah, namun sangat populer di kalangan pebalap drag.


BMW M3 E30

mobil
BMW M3 E30. (Foto: GTPlanet)


Kebanyakan orang bila teringat BMW pasti langsung terhubungan dengan seri 'M'. Badge M menunjukan performa terbaik dari kendaraan yang diproduksi di Bavaria ini. Dari sekian banyak model dengan badge M, yang sangat ikonik adalah M3 E30. Mobil ini diproduksi dari tahun 1985 sampai tahun 1992.

Mobil ini didesain oleh BMW untuk melahap jalur balapan pada Euro Touring Car Championship. Mobil ini menggunakan mesin S14 straight-four dengan kapasitas 2.3L. Mesin itu menyemburkan tenaga sampai 195 dk namun dalam perkembangannya sampai 215 dk. Bobotnya yang ringan membuat mobil ini mampu melesat kencang dan sukses pada balapan touring car. Pada varian jalanan kemudian diberikan mesin berkapasitas 2.5L empat silinder dengan tenaga 238 dk.


Mercedes CLK GTR

mobil
Mercedes CLK GTR. (Foto: Mercedes-Benz Kitchener-Waterloo)

Mercedes adalah jaminan dalam dunia otomotif. Apalagi AMG membuat Mercedes menjadi sangat mudah mendapatkan perhatian di kalangan pecinta Mercedes dan otomotif. Performa ini kemudian mengarahkan merk mobil ini memasuki balapan legendaris 24 Hours Le Mans. Di tahun 1997 Mercedes memasuki arena balapan itu dengan AMG mempersiapkan prototipe mesin 6.9 L V12.

Sesuai dengan peraturan balapan itu, Mercedes harus memproduksi 25 unit versi jalanan sebelum memasuki kompetisi. Maka AMG membangun 20 coupe dan enam roadster. Semua unit dilengkapi dengan mesin V12 yang memiliki tenaga 612 dk.

Biaya untuk memproduksi satu mobil ini kalau dikurskan dengan nilai tukar saat ini lebih dari Rp22 miliar. Di tahun 1998 mobil ini menjadi mobil penumpang paling mahal saat itu. Sayangnya mobil ini tak berjaya di arena balapan legendaris itu. Membuat produksinya dihentikan sama sekali. Namun bukan berarti tak diminati penggila otomotif untuk dijadikan salah satu koleksinya.


Baca Juga:

Akibat Bila Mobil Terlalu Lama Diparkir


Toyota Celica GT-Four

mobil
Toyota Celica GT-Four. (Foto: pistonheads)


Model Celica jenis ini yang diprouksi tahun 1994 dinilai paling bagus dan sempurna. Sayangnya hanya dijual di Jepang, Australia dan beberapa negara di Eropa. Celica GT-Four ST 205 bukan mobil sembarangan.

Spesifikasi di bawah kapnya adalah mesin dengan teknologi untuk reli. Mesinnya menyemburkan tenaga 255 dk dari kapasitas mesin 2.0L empat silinder. Bagian terbaik dari mobil ini adalah sistem all-wheel-drive yang membuatnya memiliki performa terbaik. Selain itu juga ditunjang oleh suspensi, aero, roda dan interior yang menjadikannya menjadi jawara. Toyota memproduksinya dalam jumlah terbatas dan produksi terakhir di tahun 1999.


Ford Mustang Cobra R

mobil
Ford Mustang Cobra R. (Foto: Vintage Planet)


Departemen Special Vehicle Team Ford adalah yang paling bertanggungjawab menciptakan mobil berotot kencang selama lebih dari 25 tahun. Di tahun 1995 mereka memproduksi Cobra R yang dibuat dalam jumlah 250 unit. Mobil-mobil itu dijual pada individu atau tim mandiri yang memiliki lisensi balapan.

Mesin yang digunakan V8 berkapasitas 5.8L yang menyemburkan tenaga 300 dk dan torque 356 lb/ft. Mobil ini mampu melesat dari 0-100 km/jam dalam waktu 5,2 detik saja. Menjadikan mobil ini sebagai mobil produksi Amerika paling kencang saat itu. Mobil ini juga menjadi momentum mulainya divisi SVT yang mengubah Mustang reguler memiliki kecepatan luar biasa. (psr)


Baca Juga:

Zillers Garage Ciptakan BMW R NineT Versi Aviasi

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH