5 Misteri Sejarah Dunia yang Belum Terungkap Ada 5 peninggalan sejarah yang masih menjadi misteri. (Foto: pixabay/fotobias)

MESKIPUN tidak sedikit peninggalan sejarah yang belum terungkap, namun ada lima yang terbesar. Lima peninggalan ini menarik perhatian banyak pakar untuk menelitinya.

Belum ada ahli sejarah yang mengerti keberadaan lima peninggalan sejarah ini. Kegunaannya hanya memancing berbagai spekulasi. Asal-usulnya pembuatannya pun masih kerap didebatkan.

Perkembangan teknologi pun sepertinya tidak banyak membantu mengungkapkan misteri peninggalan sejarah ini. Agaknya penelitian yang kian sering pun tak mampu membuka tabir yang menyelimutinya. Lima peninggalan sejarah ini membisu saja tak memberikan sedikitpun celah pengungkapannya.


Dodecahedrons Romawi

dodecahedron
(Foto: Historic Mysteries)

Tak ada yang pernah mengerti tentang dodecahedron yang kerap ditemukan di reruntuhan peninggalan Romawi ini. Benda berbahan perunggu ini sama sekali tidak ada dalam catatan sejarah yang dibuat oleh Romawi.

Benda ini memancing banyak spekulasi sebagain ahli mengatakan bahwa alat ini digunakan untuk kepentingan navigasi. Sedangkan sebagian lagi menyebutkan bahwa benda ini untuk meletakan lilin penerangan, dadu, mainan atau hanya sekedar hiasan saja.

Pun ada yang mengatakan bahwa benda ini dipakai untuk kepentingan astronomi. Beberapa pakar percaya kalau benda ini digunakan petani untuk mengukur sudut sinar matahari.


Manuskrip Voynich

voynich
(Foto: Disclose)

Manuskrip ini ditemukan pada tahun 1912 dan dipercaya umurnya sudah lebih dari 700 tahun. Meskipun ditemukan 106 tahun yang lalu namun manuskrip itu masih menjadi misteri. Para pakar tidak mengerti isi dalam manuskrip itu.

Manuskrip itu dituliskan dalam bahasa dan kode yang tidak pernah dimengerti sebelumnya. Manuskrip itu juga penuh dengan gambar tumbuh-tumbuhan aneh, wanita telanjang dan berbagai simbol.

Pemecah kode paling mahir pada jaman perang dunia I dan II berusaha membacanya namun tidak ada hasilnya sama sekali. Teori yang muncul tentang manuskrip ini adalah mengenai dokumentasi kesehatan perempuan.


Moai di Pulau Easter

moai
(Foto: cosmosmagazine)

Moai adalah rangkaian kepala-kepala patung berukuran besar di pulau Easter. Pada bagian belakang kepala ada semacam kode yang masih banyak didebat oleh para pakar.

Teori sejarah mengatakan kalau patung-patung kepala ini dibuat oleh suku Rapa Nui antara sekitar tahun 1250-1500 sebelum masehi. Ada sekitar 887 patung kepala di pulau itu. Kode-kodse yang ada di belakang patung kepala itu bisa jadi merupakan cerita tentang kehancuran peradaban di pulau itu.


Manuskrip Codex Gigas

codex gigas
(Foto: Hexapolis)

Manuskrip ini memiliki nama alias yakni Kitab Iblis. Ada anggapan bila manuskrip ini merupakan dokumentasi dari pakta yang dibuat antara iblis dengan seorang pendeta. Namun bukan itu masalahnya. Yang menjadi masalah adalah untuk apa manuskrip itu dibuat. Jawabannya masih gelap. Manuskirp ini memiliki panjang sekitar satu meter. Pun adapula yang mengatakan bahwa siapapun yang memiliki manuskrip ini akan celaka dan sakit.


Stonehenge

stonehenge
(Foto: pixabay/Freesally)

Monumen sejarah ini demikian terkenal dan menjadi atraksi wilayah di Inggris. Namun para ahli hingga kini tidak pernah tahu kegunaan monumen itu. Tak ada catatan mengenai monumen itu, bahkan tak ada yang tahu mengapa diletakan di Salibury 5 ribu tahun yang lalu. Asalnya pun masih dipertanyakan, ada yang mengatakan dari Wales barat atau Marlborough Downs yang jaraknya ratusan kilometer. Teori-teroi yang mengatakan bahwa monumen ini digunakan sebagai makam, pengadilan para raja, kuil atau untuk penghitungan pergerakan matahari. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH