5 Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan Minyak ikan (Sumber: Pixabay/stevepb)

BERASAL dari jaringan ikan berlemak air dingin seperti salmon, tuna, halibut dan lainnya, minyak ikan kaya akan omega-3 fatty acids eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA). Kandungan-kandungan tersebut umumnya dikaitkan dengan kesehatan jantung, kekuatan tulang, anti penuaan dan banyak lagi.

Minyak ikan terdiri dari 30 persen asam lemak omega-3 dan 70 persen nutrisi penting lainnya. Ia tersedia dalam bentuk cair, tablet, kapsul, pil, atau gel lunak. Tidak ada dosis spesifik dalam mengonsumsi minyak ikan. Namun, ada rekomendasi untuk asupan omega-3, EPA dan DHA. Nah, dilansir dari Boldsky, berikut ini beberapa manfaat kesehatan saat rutin mengonsumsi minyak ikan.

1. meningkatkan kesehatan jantung

Meningkatkan kesehatan jantung (Sumber: Pixabay/Pexels)
Meningkatkan kesehatan jantung (Sumber: Pixabay/Pexels)

Penyakit jantung adalah salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi minyak ikan dalam jumlah terkontrol dan teratur memiliki tingkat penyakit jantung lebih rendah.

2. Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan (Sumber: Pixabay/mojzagrebinfo)
Menurunkan berat badan (Sumber: Pixabay/mojzagrebinfo)

Mengkonsumsi minyak ikan akan meningkatkan komposisi tubuh, mengurangi kemungkinan obesitas dan membantu menurunkan berat badan. Asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA) hadir dalam minyak ikan memainkan peran penting dalam pembakaran lemak.

3. Meningkatkan pengelihatan

Meningkatkan kesehatan mata (Sumber: Pixabay/Skitterphoto)
Meningkatkan kesehatan mata (Sumber: Pixabay/Skitterphoto)

Studi telah mengungkapkan bahwa minyak ikan memiliki kemampuan untuk meningkatkan penglihatan. Bersamaan dengan itu, ia juga membantu membatasi timbulnya degenerasi makula terkait usia. Kehadiran asam lemak omega-3 memainkan peran sentral dalam proses tersebut.

4. Mencegah kanker

Mencegah kanker (Sumber: Pixabay/PDPics)
Mencegah kanker (Sumber: Pixabay/PDPics)

Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak ikan membantu mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker payudara, kanker prostat dan kanker usus besar. Asam lemak omega-3 hadir dalam minyak ikan menghambat pertumbuhan sel kanker, yang secara otomatis akan mencegah penyakit berahaya ini.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Meningkatkan kekebalan tubuh (Sumber: Pixabay/Lazare)
Meningkatkan kekebalan tubuh (Sumber: Pixabay/Lazare)

Konsumsi minyak ikan secara teratur dikaitkan dengan peningkatan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian kamu tidak mudah terserang penyakit umum seperti pilek, batuk dan flu. Mengonsumsi minyak ikan juga membantu mengurangi demam, ruam kulit dan kelelahan.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH