5 Manfaat Membawa Hewan Peliharaan Ke Kantor Kenali berbagai manfaat membawa hewan peliharaan ke kantor (Foto: unsplash/mieldalabeja)

MEMBAWA hewan peliharaan ke kantor mungkin pemandangan yang cukup langka di dunia, termasuk di Indonesia gengs. Karena rata-rata perusahaan melarang para pegawainya membawa hewan peliharaan ke kantor.

Tentunya dengan berbagai pertimbangan yang dinilai bisa menggangu jalannya sebuah pekerjaan. Namun Beberapa perusahaan di dunia, ada yang mengizinkan karyawannya untuk membawa hewan peliharaan ke kantor. Dengan alasan hewan peliharaan bisa membuat kerja lebih produktif dan berbagai manfaat lainnya.

Baca Juga:

Tips Ampuh Membawa Hewan Peliharaan ke Kantor

Seperti yang dilansir dari laman gethppy, berikut ini beberapa manfaat dari membawa hewa peliharaan ke kantor.

1. Mengurangi Stres

Hewan peliharaan bisa mengurangi stres (Foto: Pixabay/pexels)


Sebuah penelitian menunjukan, jika memiliki hewan peliharaan bisa menurunkan tekanan darah, mengurangi stres, kecemasan, meningkatkan suasana hati dan gejala depresi. Ini berlaku pula untuk bekerja.

Para peneliti di Virginia Commonwealth University, menemukan bahwa karyawan yang menunjukan tingkat stres terendah merupakan karyawan yang membawa peliharan mereka ke tempat kerja. Sedangkan karyawan tanpa hewan peliharaan, memiliki tingkat stres tertinggi.


2. Mempererat Hubungan Pertemanan di Kantor

Hewan peliharaan bisa menambah kerukunan dengan teman kerja di kantor (Foto: Pixabay/5688709)

Disebuah kantor tak semua orang rukun, serta tak semua orang juga menikmati bekerja dengan orang lain. Dengan adanya hewan peliharaan, bisa membentuk hubungan antara dua orang yang tak saling mengenal atau yang pernah mengalami konflik, karena kesamaan hobi memelihara hewan.

Adanya hewan peliharaan di kantor pun bisa membantu memecahkan kebekuan dan membuat ikatan pertemanan yang jauh menjadi dekat. Karena si pemilik hewa peliharaan cendrung berbicara satu sama lain dengan orang yang melihatnya, bahkan jika mereka tak saling mengenal nama.


3. Meningkatkan Kehadiran

Beberapa orang yang memiliki ikatan kuat dengan hewan peliharaan mereka, cendrung khawatir saat mereka harus meninggalkannya sendiri dirumah untuk waktu yang lama. Apalagi jika hewan peliharaan mereka sakit. Seorang pegawai mungkin akan mengambil cuti sehari demi bisa bersama hewan mereka, dan memeriksanya ke dokter hewan.

Saat karyawan bisa membawa hewan peliharaan mereka ke kantor, maka mereka tak perlu khawatir dan mereka pun cendrung tak akan kehilangan pekerjaan karena masalah terkait hewan peliharaan. Rasa khawatir yang berkurang pun bisa membuat seseorang lebih fokus dan produktif.

Baca Juga:

Mengenang Jasa Laika, Makhluk Hidup Pertama yang Mengorbit Bumi


4. Meningkatkan Kreativitas

Hewan peliharaan bisa meningkatkan kreativitasmu (Foto: Pixabay/freestock-photos)

Sebuah penelitian menyebutkan, jika banyak berjalan bisa meningkatkan kreativitasmu. Hewan peliharaan adalah salah satu alasan untuk kamu bangkit dan bergerak. Beberapa hewan peliharaan perlu dikeluarkan dari kandang di siang hari, karena mereka membutuhkan makanan atau air.

Karena itu, membawa hewa peliharaan di tempat kerja merupakan cara yang bagus untuk memaksa karyawan tetap aktif di siang hari. Penelitian di Universitas Standford menunjukan, jika berjalan bisa meningkatkan pemikiran kreatif sekitar 60%.

5. Menciptakan Kebahagiaan

Hewan peliharaan bisa menciptakan kebahagiaan (Foto: Pixabay/jensenemark)

Memiliki hewan peliharaan atau membawa hewan peliharaan ke kantor bisa menciptakan salam ramah untuk klien baru, pelanggan maupun pengunjung. Karena kebanyakan orang menyukai binatang dan akan meresponsnya dengan cara yang lebih ramah dan santai.

Tempat kerja yang membolehkan membawa hewan peliharaan juga bisa menunjukan pada orang lain, bahwa perusahaan menghargai suasana yang santai dan karyawannya bisa lebih fokus. (ryn)

Baca Juga:

Anjing Selalu Ada dalam Kehidupan Manusia

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH