5 Manfaat Ketika Kamu Rajin Makan Kismis Kismis (Sumber: Pixabay/sue_v67)

KISMIS adalah bentuk kering dari anggur mentah. Cara membuat kismis cukup mudah yakni hanya menjemur anggur-anggur segar di terik matahari hingga air yang ada di dalam buah menyusut. Selama proses ini, oksidasi dan karamelisasi gula alami membuat anggur berubah warna menjadi lebih pudar, coklat tua atau hitam.

Kismis bisa dimakan langsung atau menjadi bahan pelengkap makanan. Sejak dulu, masyarakat di belahan dunia banyak yang menyakini kalau kismis memiliki banyak manfaat, terutama bagi kesehatan. Nah, dilansir dari Boldsky, berikut yang bisa kamu dapatkan saat mengonsumsi kismis.

1. Membuat jantung sehat

Membuat jantung sehat (Sumber: Pixabay/Pexels)
Membuat jantung sehat (Sumber: Pixabay/Pexels)

Kismis adalah sumber antioksidan dan fitonutrien yang sangat baik untuk mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung dan stroke. Menurut American College of Cardiology, konsumsi harian kismis menurunkan tekanan darah.

2. Mencegah kanker

Mencegah kanker (Sumber: Pixabay/PDPics)
Mencegah kanker (Sumber: Pixabay/PDPics)

Kismis kering dianggap sebagai pilihan camilan yang sangat sehat untuk pasien diabetes tipe 2. Sebuah studi menunjukkan konsumsi kismis mengurangi kadar glukosa setelah makan sebesar 23% dan mengurangi tekanan darah sistolik.

3. Mengurangi risiko diabetes

Mengurasi risiko diabetes (Sumber: Pixabay/Tumisu)
Mengurasi risiko diabetes (Sumber: Pixabay/Tumisu)

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam kismis mencegah radikal bebas penyebab kerusakan sel. Radikal bebas mampu membuat sel kanker tumbuh. Itulah sebabnya makan kismis dapat menangkal kanker.

4. Membantu pencernaan

Membantu pencernaan (Sumber: Pixabay/silviarita)
Membantu pencernaan (Sumber: Pixabay/silviarita)

Kismis mengandung serat makanan yang memiliki efek pencahar pada perut dan meredakan sembelit. Konsumsi kismis setiap hari membantu pergerakan usus secara teratur dan membuat pencernaan berjalan lancar.

5. Mencegah anemia

Mencegah anemia (Sumber: Pixabay/qimono)
Mencegah anemia (Sumber: Pixabay/qimono)

Kismis adalah sumber zat besi yang baik, yang diperlukan untuk produksi sel darah merah dan membantu mereka membawa oksigen ke berbagai bagian tubuh. Makan kismis akan mencegah anemia defisiensi besi.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH