Kecantikan

5 Manfaat Baik Minyak Mawar untuk Tubuh

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 13 November 2023
5 Manfaat Baik Minyak Mawar untuk Tubuh
Minyak mawar punya manfaat untuk tubuh.(foto: pexels, karolina grabowska)

DI era modern ini, minyak mawar tidak hanya dianggap sebagai bahan untuk kecantikan, tetapi juga ditemukan memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh. Selain punya manfaat kesehatannya, minyak mawar juga memiliki aroma yang begitu semerbak.

Seperti dikabarkan Alodokter, minyak mawar memiliki tekstur lebih cair dan harganya tergolong mahal karena dibutuhkan sekitar tiga ribu kelopak mawar hanya untuk menghasilkan 1 ml minyak. Meski begitu, minyak mawar masih banyak diminati khalayak karena beragam khasiatnya untuk kesehatan. Berikut nih, beberapa manfaat minyak mawar untuk kesehatan.

BACA JUGA:

Kulit Cantik dengan Air Mawar

1. Meredakan stres

stres
Minyak mawar baik untuk meredakan stres.(foto: pexels, anna shvets)


Minyak mawar dianggap dapat menurunkan hormon kortisol yang muncul saat stres dan merangsang otak untuk melepaskan hormon serotonin yang bisa meningkatkan suasana hati. Selain itu, ada penelitian yang mengungkapkan bahwa minyak mawar dapat menurunkan tekanan, darah, detak jantung, dan laju pernapasan.

2. Meringankan gejala depresi


Selain meredakan stres, menggunakan minyak mawar dipercaya juga bermanfaat untuk meringankan gejala depresi. Sebuah penelitian membuktikan bahwa minyak mawar dapat meredakan gejala depresi karena mampu merangsang pelepasan hormon dopamin yang ada di otak.

3. Mengatasi kulit kering


Kandungan emolien dalam minyak mawar diketahui dapat mengatasi kulit kering. Kondisi kering seperti ini umumnya terjadi ketika skin barrier atau lapisan pelindung kulit tidak mampu menahan kering umumnya terjadi ketika skin barrier menahan kadar air.

BACA JUGA:

Rambut Segar dengan Air Mawar

4. Mengatasi infeksi bakteri dan jamur


Minyak mawar juga terbukti mampu melawan beragam bakteri, seperti bakteri Escherichia coli penyebab diare, bakteri Staphylococcus penyebab bisul dan selulitis, serta bakteri Streptococcus penyebab radang tenggorokan.

Selain itu, manfaat lain dari minyak mawar juga dianggap efektif melawan jamur Candida albicans yang dapat menyebabkan infeksi jamur di mulut, usus, dan vagina. Meski begitu, manfaat minyak mawar satu ini baru diteliti pada hewan, sedangkan efektivitas dan cara pakai pada manusia, masih perlu untuk penelitian lebih lanjut.

5. Meredakan nyeri saat menstruasi

menstruasi
Minyak mawar juga dapat meredakan nyeri saat menstruasi.(foto: pexels, mike murray)


Manfaat dari minyak mawar juga terbukti dapat meredakan kram perut saat haid. Bahkan, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa minyak mawar juga dapat meredakan sakit kepala, kelelahan, dan nyeri otot selama periode menstruasi maupun PMS. (zvw)

BACA JUGA:

Cara Membuat Air Mawar untuk Bangkitkan Romansa dan Sensualitas

#Kecantikan #Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan