5 Makanan yang Super Lezat di Bangka Belitung

Zahrina IdzniZahrina Idzni - Minggu, 26 Maret 2017
5 Makanan yang Super Lezat di Bangka Belitung
Lempah (Instagram @dada.wg)

Bangka Belitung memang terkenal akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, baik pulau maupun pantainnya. Namun, selain memiliki keindahan alam yang menakjubkan, Bangka Belitung ternyata juga memiliki kuliner khas yang berbeda dengan daerah lainnya.

Nah, untuk itu, jika Sahabat Merahputih berkunjung ke daerah yang diisebut dengan istilah 'Negeri Laskar Pelangi' ini, tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan Khas Bangka Belitung yang 'maknyus' dan menjadi kebanggaan masyarakat di daerah tersebut.

Untuk itu, tim merahputih.com sudah merangkum beberapa makanan khas Bangka Belitung yang bisa menjadi sasaran lidah Anda jika berkunjung ke daerah tersebut. Kira-kira apa saja, ya? Yuk simak:

1. Balacan

Instagram @nur_leili_bashir
Instagram @nur_leili_bashir

Balacan merupakan salah satu makanan khas Bangka Belitung yang diolah dengan cara fermentasi. Bahan dasar yang terbuat dari ikan dan udang ini bisa dibilang mirip dengan terasi, yaitu memiliki aroma yang cukup kuat. Balacan sering dijadikan sebagai bumbu untuk membuat sambal dan masakan lainnya yang dapat membuat rasa pada makanan menjadi lebih enak, pedas dan gurih.

2. Rusip

Instagram @sianglingaling
Instagram @sianglingaling

Yang kedua ada Rusip. Rusip juga merupakan salah satu makanan khas Bangka Belitung yang dibuat dengan proses fermentasi. Bahan baku untuk pembuatan rusp adalah ikan teri. Ikan yang sudah difermentasi tersebut kemudian dicampurkan dengan gula jawa dan bumbu-bumbu pilihan. Untuk membuat makanan yang satu ini membutuhkan waktu yang lama. Namun cita rasanya dapat membuat para penikmatnya akan ketagihan.

3. Lempah

Instagram @dada.wg

Lempah menjadi salah satu makanan khas Bangka Belitung yang menjadi favorit banyak orang. Makanan ini biasanya terbuat dari makanan laut, tapi bisa juga menggunakan daging sapi. Kuliner khas ini diolah dengan bumbu dan rempah-rempah pilihan, sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang sangat gurih.

Namun kini, lempah biasanya disajikan dengan berbagai jenis bahan dan bumbu. Seperti lempah kuning misalnya, ini terbuat dari bahan dasar nanas yang di iris-iris dan disajikan dengan kuah kuning kunyit. Berbeda dengan lempah darat, ini terbuat dari bahan dasar campuran sayuran dan kacang-kacangan.

4. Lakso

Instagram @renata.s_queen73
Instagram @renata.s_queen73

Selanjutnya ada Lakso. Makanan yang mirip dengan spaghetti ini merupakan makanan khas Bangka Belitung yang dibuat dari bahan dasar tepung beras ataupun tepung sagu. Makanan ini biasanya disajikan dengan cita rasa yang sangat nikmat. Kuah lakso ini juga dibuat dari santan dan bahan-bahan pilihan, sehingga membuat rasanya menjadi lebih enak.

5. Pantiaw

Instagram @siskafadly
Instagram @siskafadly

Dan yang terakhir ada pantiaw. Makanan yang hampir sama dengan kwetiauw ini merupakan makanan khas Bangka Belitung yang wajib Anda coba. Makanan ini terbuat dari bahan dasar suwiran daging ikan yang dimasak dengan bumbu-bumbu pilihan. Rasanya pun bervarian, ada pedas, manis dan gurih. Kuliner yang satu ini, dijamin dapat membuat wisatawan lokal ataupun mancanegara akan ketagihan.

Itulah beberapa makanan khas Bangka Belitung yang perlu dicoba jika Anda berkunjung ke Bangka Belitung. Apakah Sahabat Merahputih sudah pernah mencicipinya? Yuk beri komentar di kolom ya? Nah, karena sedang membahas mengenai Bangka Belitung, selain kuliner pastinya Bangka Belitung juga terkenal akan pantainya, kira-kira apa saja ya? Yuk simak: Yuk, Kunjungi 6 Pantai Terkenal di Negeri Laskar Pelangi

#Kuliner Bangka Belitung #Bangka Belitung #Kuliner Tradisional
Bagikan
Ditulis Oleh

Zahrina Idzni

Gaul, supel dan berkibarlah bendera negeri, Merah Putih Jaya
Bagikan